Jakarta Has Fallen


Terputusnya aliran listrik di DKI Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan Banten pada Sabtu (3/8) selama lebih dari 10 jam melumpuhkan berbagai pelayanan publik & kegiatan ekonomi. Bermula dari gangguan SUTET Ungaran-Pemalang pada pukul 11:45 WIB, kerusakan merembet jaringan listrik lain. Pukul 11:48, Jabar, DKI, dan Banten off.

Gangguan kelistrikan berdampak operasional KRL lumpuh total. Para pengguna MRT sempat terjebak di dalam rangkaian bawah tanah dan mesti menyusuri rel bawah tanah. Pemprov DKI Jakarta bergerak cepat dengan memutuskan menggratiskan layanan seluruh rute Transjakarta hingga listrik pulih 100%.

Kemacetan di berbagai ruas jalan akibat lampu lalu lintas mati total. Sejumlah warga & pengemudi ojek turun ke jalan mengatur laju kendaraan sembari menunggu polantas datang.

Warung-warung dan rumah makan tak sedikit yang berhenti melayani pelanggan karena kehabisan air. Begitu juga para pelaku usaha lainnya yang mengandalkan listrik. Warga juga tak bisa mengambil uang tunai dari mesin ATM. Sejumlah provider pun terdampak. Akses data internet tak sedikit yang mati.

Saya tiba di Jakarta sekira pukul 04:15 WIB disambut gelap gulita di hampir sepanjang jalan Kramat-Salemba. Melewati daerah Kwitang, lebih dari delapan mobil damkar terparkir di tepian jalan. Kata warga, ada ruang aula sebuah gedung mengalami kebakaran. Sampai di Cikini, suasana jalan masih gelap. Hanya beberapa hotel yang sudah menyala. Setelah waktu Subuh, listrik baru menyala. Tapi menurut informasi, kondisi ini masih belum sepenuhnya pulih.

Tak lebih dari 24 jam, Jakarta dan sekitarnya tanpa listrik lumpuh. Pertahanan Indonesia ternyata masih terlalu rapuh. Jika ada kekuatan musuh menyerang objek vital kelistrikan kita, sangat mungkin negara cepat runtuh. Tinggal kekuatan persatuan dan kesatuan, yang masih bisa membuat kita teguh. Dan tentunya keimanan & ketakwaan sebagai kekuatan pamungkas yang ampuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: