Nama Yang Tertukar


Screenshoot dari Aplikasi Grab

Awal April lalu, saya naik Ojek Online (Ojol) dari kawasan Cikini menuju ke kawasan Salemba. Bukan perjalanannya yang menarik, tapi nama pengemudi atau biker nya yang menarik. Si biker memiliki nama Ahmad Stefanus. “Kira-kira, dia Muslim atau Kristen ya?” tanyaku dalam hati.

Bagi saya, nama Ahmad Stefanus menarik karena menggabungkan 2 nama yang seringkali mewakili 2 agama yang berbeda. Ahmad mewakili nama Islam. Sedangkan Stefanus mewakili nama Kristen atau Nasrani. Ahmad mewakili sebutan lain Nabi Muhammad SAW, sedangkan Stefanus adalah tokoh yang dihormati oleh umat Kristen sebagai protomartir atau martir perdana dan juga seorang diakon (semacam rohaniawan) Gereja pertama di Yerusalem (sumber: Wikipedia dan Rubrik Kristen). Pertanyaannya, apa agama dia?

Biker itu menceritakan, namanya sengaja dibuat oleh orang tua nya demikian karena untuk mewakili perbedaan agama kedua ortunya. Bapaknya orang NTT yang beragama Kristen, sedangkan ibunya orang Betawi yang beragama Islam. Nama Ahmad Stefanus dimaksudkan untuk mewakili agama kedua orangtuanya. Setelah tumbuh dewasa, si biker itu mengatakan bahwa dirinya lebih sreg mengikuti agama bapaknya, Kristen.

**

Lain waktu pada bulan yang sama, ada salah seorang Direktur vendor instalasi CCTV di perusahaan tempat kami bekerja memiliki nama Petrus Ginting. Karena namanya Petrus, saya menganggap dia seorang Nasrani atau Non Muslim.

Suatu saat, setelah azan Dzuhur berkumandang, dia menuju Masjid mendirikan Shalat. Dugaan saya semula salah, ternyata Petrus Ginting seorang Muslim.

Menurut pengakuannya, ayahnya tinggal di lingkungan masyarakat non Muslim saat Petrus lahir. Sebagai bentuk menghormati tetangga-tetangganya yang mayoritas non Muslim, sang ayah memberi nama anaknya Petrus. Menurut sumber, Petrus atau Peter merupakan salah seorang dari dua belas rasul Yesus dan Paus pertama umat Kristiani (sumber: Wikipedia dan Gloria)

**

Pada cerita lain yang disampaikan kawan kerja saya, ia memiliki seorang kawan yang bernama Muhammad Guntur. Walaupun namanya Muhammad, ternyata ia seorang Kristen. Selidik punya selidik, ayahnya sengaja memberi nama Muhammad karena sang ayah sangat mengagumi sosok Nabi Muhammad SAW dari bacaan dan informasi yang dia peroleh. Sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Nabi yang dia kagumi tapi berkeberatan untuk pindah agama, maka anaknya diberi nama Muhammad.

**

Barangkali, kamu juga memiliki kawan atau saudara dengan Nama Yang Tertukar seperti itu. Siapa namanya? Tulis saja di kolom komentar ya ….. 😃

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon doakan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa kami, dosa keluarga kami, dan memanjangkan umur kami dalam ketakwaan kepada-Nya. Mohon doakan juga supaya Allah selalu memberi kami rezeki yang halal, melimpah, mudah, dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”(Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

4 Tanggapan

  1. Iya sih sering bgt menjumpai nama yg tertukar kek gini dan jd semakin sadar lg buat tdk menilai orang berdasarkan namanya saja atau dari luarnya saja tanpa mengenalinya terlebih dahulu

  2. keren wkwk

  3. kurang teliti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: