Apalah Arti Sebuah Nama?


Akhir-akhir ini viral sejumlah nama yang unik dan anti mainstream di Indonesia. Ada orang kelahiran Banyuwangi yang diberi nama orangtuanya Tuhan. Ada lagi nama Saiton. Selain itu, ada lagi nama Polisi, Persib Satu Sembilan Tiga Tiga, . (baca: titik), Y, Andy Go To School, Anti Dandruf, Firman Allah, Honda Suzuki Impalawati, Satria Baja Hitam, Minal Aidin Wal Faidzin, Selamet Dunia Akhirat, Nabi, Royal Jelly, Dontworry, Loe Yakin Untung Luganda, Jashujan, Allah Husomat, dan masih banyak lagi.
***
Senin lalu, salah seorang pemilik nama unik dan anti mainstream mengaku senang dan bersyukur setelah PN Tangerang mengabulkan penggantian nama yang telah disandangnya sejak kecil. Kentut berganti nama menjadi Ihsan Hadi lantaran tak lazim dan kerap menjadi bahan olok-olokan karena nama Kentut itu. Nama Ihsan Hadi dipilihnya karena merupakan pemberian guru mengajinya ketika berusia 6 tahun. Nama itu artinya “Petunjuk yang Bagus”.

***
Dari Ibnu Umar bahwasanya Nabi –shallallahu alaihi wa salam- mengganti nama (seorang wanita) ‘Ashiyah (pelaku maksiat) dan berkata: Engkau Jamilah (Cantik/Indah) (Hadits ini diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrod dan kitab Shahih al-Adab al-Mufrod oleh al-Albani no. 630/820).
***
Kepada Anda para orangtua (khususnya yang Muslim) yang akan memberi nama anak, berikanlah nama yang bermakna baik, jangan sekedar anti-mainstream atau unik.
Pedoman Umum Pemberian Nama Anak
1. Berilah nama Abdullah atau Abdurrahman
2. Berilah nama yang menunjukkan penghambaan diri terhadap salah satu dari nama-nama Allah
3. Berilah nama dengan nama para nabi dan rasul.
4. Berilah nama dengan nama orang-orang shalih di kalangan kaum muslimin terutama nama para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
5. Pilihlah nama yang mengandung sifat yang sesuai orangnya.
Semoga Allah ta’ala memberkahi Anda dan kita semua.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon doakan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa kami, dosa keluarga kami, dan memanjangkan umur kami dalam ketakwaan kepada-Nya. Mohon doakan juga supaya Allah selalu memberi kami rezeki yang halal, melimpah, mudah, dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: