‘Lampu Ajaib’ di Tepi Rel


lampu-signalKeterlambatan kereta-kereta jarak jauh pada tanggal 14 November 2016 lalu menurut pengamat transportasi kereta Aghi Wirawan disebabkan karena lampu ini. Ya, hanya karena lampu.

Tapi lampu ini bukan sembarang lampu. Lampu ini adalah “lampu ajaib”. Lampu yang berfungsi memberikan petunjuk sinyal bagi kereta untuk melaju atau berhenti.

Kalau lampu ini error seperti hari ini, hasilnya adalah kekacauan perjalanan kereta seperti KA Brantas yang saya naiki. Kereta yang harusnya sudah sampai Pasar Senen pukul 02.14, baru tiba pukul 08.15 WIB. Terlambat enam jam.

Singkat kata, pada 14 November 2016 silam, lampu sinyal masuk Karawang pihak Klari, aspek menyala merah terus, tidak mau kuning atau hijau. Akhirnya kereta tetap melaju setelah memperoleh izin (sepertinya izin melanggar sinyal).

Menurut info dari RF pengamat transportasi kereta yang lebih ahli, error kelistrikan seperti ini disebabkan krn petir dan air. Jadinya sinyal antara Karawang dan Klari jadi blank, dan tidak dapat memberikan aspek aman (hijau), jadi terus2an merah seperti di foto.

Aghi Wirawan juga sempet denger petugas restorasi bilang, “sinyal blank, ga bisa dibikin hijau, merah terus.”

Sementara pihak Daop 4 menambahkan, dikarenakan peralatan sinyal elektrik mengalami error, maka pelayanan sinyal secara manual di kedua arah, yakni arah masuk Karawang (ke barat) dan arah masuk Klari (ke timur).

Pelayanan manual antara lain memberikan izin MS (izin melewati indikasi aspek merah) kpd setiap KA yg akan melintas, sampai dengan melayani wesel secara manual (diengkol) mulai dari ujung sinyal masuk hingga sinyal keluar stasiun.

Izin MS adalah pilihan terakhir yg diberikan kpd masinis, setelah dipastikan fungsi persinyalan sedang error dan sulit diatasi saat itu juga.

Dengan traffic KA yang sangat tinggi pada malam hari dan petugas yg harus koordinasi antar stasiun yg akan dilalui, memang menyebabkan antrian panjang.

Iklan

2 Tanggapan

  1. pusing jg y pengatur traffic kereta klo ada masalah seperti ini

  2. Iya. Kemarin telat. Kata masmasnya: gangguan sinyal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: