Kultum Archandra Tahar: Apakah Menteri Adalah Umat Terbaik?


Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar*Apakah Menjadi Menteri Akan Menjadikan Seseorang Sebagai Umat Terbaik?*

*واَعْتصِمُواْ بِحَبْلِ الله جَمِيْعًا وَلاَ تَفَـرَّقوُا *
_wa’tasimu bihablillahi *jami’an* wa-la tafarraqu …_
Artinya: _“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah…”_

Allah SWT tidak mengatakan _wa’tasimu bihablillahi *nafsan*_ (nafsan artinya: sendiri2), tapi *jami’an* (bersama2) dan kemudian dilanjutkan dengan kalimat _wa la tafarraqu_ (dan janganlah berpecah belah).

Jabatan pada dasarnya adalah amanah. Menteri adalah bagian dari jabatan. Tidak boleh ada perbedaan antara saat seseorang sebelum menjabat atau saat menjabat dan atau sesudah menjabat.

Jabatan itu tidak kekal. Hubungan atasan bawahan itu tidak kekal, yang kekal adalah persahabatan. Jabatan sewaktu-waktu bisa diambil oleh Allah, namun sewaktu-waktu juga bisa diturunkan oleh Allah.

Allah berfirman:

*كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ *
_Kuntum khaira ummatin ukhrijat linnaasi, ta’muruuna bil ma’ruufi wa tanhauna’anil munkari_
Artinya: _”Telah Aku jadikan umat terbaik yang pernah Aku keluarkan di muka bumi ini kepada manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan melarang yang mungkar dan beriman kepada Allah”_

Menurut ayat tersebut, umat terbaik memiliki 3 ciri:

1. Mengerjakan Amar Ma’ruf
2. Mencegah Kemungkaran
3. Beriman Kepada Allah

*Apakah menjadi seorang menteri menjadikan seseorang sebagai umat yang terbaik?*

Allah menjawab tidak. Karena umat yang terbaik adalah umat yang melakukan 3 ciri di atas sebagaimana disebutkan ayat Ali Imran: 100. Dimanapun posisi kita, apakah seorang pejabat, rakyat, atau pengusaha maka kita harus memiliki 3 ciri tersebut jika ingin menjadi *Umat Terbaik*.

Diantara ciri umat yang beriman adalah beriman kepada Qadha dan Qadar. Manusia hanya bisa berusaha sekuat tenaga tetapi Allah lah yang menentukan pada akhirnya. Itulah yang menuntun manusia menjadi orang yang beriman dan bisa menjadi umat terbaik.

Ketika saya dilantik sebagai Menteri, saya ikrarkan kalimat, “_*Jadikan takutku kepada-Mu, Ya Allah, membimbing aku menerima amanat ini*_”

Pada akhirnya, semua sudah digariskan Allah, manusia boleh merencana, _but the best planner is Allah_.

_Rabbana atina min ladunka rahmah, wa hayyi’ lana min amrina rasyada_ “Ya Tuhan kami berilah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini “

– Kultum Archandra Tahar di Masjid Al Azhar setelah Shalat Dzuhur Selasa, 16 Agustus 2016 yang dirangkum dari video berdurasi 10 menit pada link ini https://www.youtube.com/watch?v=TgZPKROkLbE – Dirangkum oleh @fikreatif

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: