Ngga Pernah Shalat Tapi Berharap Surga, Apa Bisa?


MD Orang Dalam

 

Barangkali hanya orang ini satu-satunya manusia di dunia yang tidak pernah shalat di masa Rasulullah SAW hingga hari kiamat tetapi masuk surga. Suatu hari  Abu Hurairah bertanya kepada para sahabat: “Ceritakan kepadaku megenai kisah seseorang yang masuk surga, padahal sepanjang hidupnya ia belum pernah menjalankan shalat sekalipun sekali saja?”. Para sahabat, ternyata menggeleng karena memang belum pernah mendengar cerita itu sebelumnya. Mereka berpandangan dan balik bertanya kepada Abu Hurairah, “Siapakah gerangan dia ?”. Abu Hurairah pun menjawab,” Ushairim Bani Abdul Asyal”

Ada salah seorang yang menanyakan bagaimana kehidupan Ushairim sebelumnya? Ternyata ia sebelumnya enggan masuk Islam meski kaumnya sudah terlebih dahulu masuk Islam, namun ada semacam hidayah yang membuat dorongan kuat padanya untuk segera memeluk Islam.

Saat peperangan Uhud, Ushairim meminta kepada Rasulullah ikut berada dalam peperangan, dan menyatakan niatnya untuk segera masuk Islam. Setelah ucapkan dua kalimat syahadat. Ia langsung angkat senjata dan berperang melawan orang-orang musyrikin. Dengan semangat yang menyala-nyala didada ia melakukan peperangan dengan gagah berani, perjuangkan Islam, walau sebenarnya ia mualaf dan belum sempat melakukan shalat!

Peperanganpun usai, dan kaum muslimin mengalami kemenangan.  Tatkala orang-orang dari Bani Abdul Asyhal mencari kerabatnya atau kaumnya yang ikut dalam peperangan bersama Rasulullah, yang terluka atau bahkan meninggal, ia mendapati jasad Ushairim terbujur kaku dan penuh luka. Mereka pun menjadi bingung dan bertanya, “Ini jasad Ushairim, apa yang menyebabkan dia datang dalam peperangan ini? Bukankah dia tidak berkenan masuk dalam peperangan ini?”.

Pertanyaan mereka cukup beralasan karena selama ini mereka mengenal Ushairim masih kafir dan enggan mengikuti kaum Bani Abdul Asyhal yang sebagian besar telah menjadi muslim. Dan merekapun bertanya kepada Amr, seseorang yang bersama-sama dengan Ushairim ikut dalam peperangan itu, namun tetap selamat, dan ia dikenal sebelumnya bukan seorang muslim

“Wahai Amr, apa yang menyebabkan kamu berada disini. Karena setia pada kaummu, atau simpati pada Islam?” Amr menjawab,” Karena cintaku kepada Islam, aku telah beriman kepada Allah dan Rasulullah, kemudian aku angkat senjataku dan berperang, hingga terlihat Ushairim meninggal dalam perang..”.

Saat hal ini dikonfirmasikan kepada Rasulullah, beliau bersabda,”Sesungguhnya dia termasuk penghuni surga”.

Baca di sini (ummi-online).

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Jika Anda merasa website ini bermanfaat, mohon doakan supaya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa kami, dosa keluarga kami, dan memanjangkan umur kami dalam ketakwaan kepada-Nya. Mohon doakan juga supaya Allah selalu memberi kami rezeki yang halal, melimpah, mudah, dan berkah, penuh kesehatan dan waktu luang, supaya kami dapat memperbanyak amal shalih dengannya sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya [sesama muslim] tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim No. 4912)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: