Pejuang Subuh Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo


wp-1451697811147.jpeg

Masjid Al Wustho Mangkunegaran (Jumat, 1 Januari 2016)

Sekitar tiga puluh orang mengikuti shalat subuh berjamaah di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, kota Surakarta (Solo) pada Jumat (01/01/2016). Diantara para jamaah shalat subuh pertama di tahun 2016 itu ada beberapa orang yang sebelumnya mengikuti perayaan pergantian tahun (Tahun Baru 2016).

wp-1451686621055.jpeg

Jamaah shalat subuh pria di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Jumat, 1 Januari 2016

Sangat disayangkan, Masjid Al Wustho Mangkunegaran yang luas ini tak banyak terisi oleh jamaah shalat subuh. Bahkan 1 shaff (baris) saja tak terpenuhi. Padahal ini adalah subuh pertama di tahun 2016. Pemandangan sangat kontras terjadi antara suasana waktu subuh di Masjid Al Wustho Mangkunegaran dengan kerumunan orang yang ada di depan masjid Al Wustho Mangkunegaran beberapa jam sebelum waktu shalat subuh.

Padahal keutamaan orang yang menunaikan shalat subuh berjamaah seperti yang dikatakan Rasulullah SAW sebagaimana yang diriwayatkan imam Muslim dari Utsman bin Affan, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang shalat  Isya’ berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan Barngsiapa shalat Subuh berjamaah (atau dengan shalat Isya’ seperti yang tertera dalam hadits Abu Dawud dan Tirmidzi) maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalt malam satu malam penuh”. (HR. Muslim)

***

Masjid Al-Wustho Mangkunegaran merupakan salah satu diantara masjid tua dan bersejarah di kota Surakarta. Pembangunan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran yang pertama diprakarsai oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunagara-I (1725-1795) di Praja Mangkunagaran sebagai masjid kerajaan bagi Pura Mangkunagaran dalam menjalankan fungsinya sebagai panotogomo. Lokasi masjid pada mulanya berada di wilayah Kauman, Pasar Legi. Namun pada masa Adipati Mangkunagara-II dipindah ke wilayah yang sekarang dengan pertimbangan letak masjid yang strategis dan dekat kepada Pura Mangkunagaran.

Sebagai masjid kerajaan pada awalnya masjid ini hanya diperuntukkan khusus bagi keluarga kerajaan Pura Mangkunagaran dalam menjalankan ibadahnya. Namun kemudian dalam perkembangannya masjid ini terbuka untuk umum. Nama Al-Wustho pada masjid ini baru eksis sejak tahun 1949, Bopo Penghulu Pura Mangkunagaran Raden Tumenggung K.H. Imam Rosidi yang memberikan nama tersebut. Meski dibangun dalam bentuk arsitektural khas Jawa dengan reka bentuk masjid Agung Demak, pembangunan masjid ini sempat melibatkan seorang arsitek dari Belanda bernama Herman Thomas Karsten.

***

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah sholat Isya’ dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya meskipun dengan merangkak. Sungguh aku ingin menyuruh untuk melaksanakan sholat, lalu sholat itu ditegakkan, lalu aku perintahkan seseorang untuk mengimami sholat bersama orang-orang. Kemudian beberapa lelaki berangkat bersamaku dengan membawa kayu bakar yang terikat, mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri sholat jamaah, sehingga aku bakar rumah mereka”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya dua shalat ini (Subuh dan Isya’) adalah shalat  yang paling berat bagi orang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam shalat Subuh dan Isya’, maka mereka akan mendatanginya,  sekalipun dengan merangkak”.   (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Semoga kita semua dimudahkan Allah SWT untuk membuka kelopak mata saat waktu subuh tiba dan meringankan badan serta kaki kita bergegas menuju masjid untuk menunaikan shalat bersama umat Islam lainnya. Amin.

wp-1451686517986.jpeg

Jamaah shalat subuh wanita di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Jumat, 1 Januari 2016

wp-1451697912118.jpeg

Prasasti Masjid Al Wustho Mangkunegaran

wp-1451697911863.jpeg


wp-1451697911855.jpeg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: