Persiapan Muslim Menyambut Kedatangan Hari Natal


Persiapan Muslim Menyambut Hari Natal 02

Menjelang tanggal 25 Desember (Hari Natal), tak sedikit diantara umat Islam yang merasa perlu melakukan ‘sikap toleransi’ dengan cara memberikan ucapan Selamat Natal kepada rekan sejawatnya yang beragama Nasrani.

Melalui video di bawah ini, saya ingin menyampaikan sebuah ekspresi dari hati berdasarkan pemahaman yang saya yakini untuk mengarahkan saudara-saudara sesama umat Islam tentang persiapan menyikapi kedatangan Hari Natal.

Barangkali sudut pandang pemahaman antara saya dan Anda berbeda atau berlawanan. Saya ngga ingin memperdebatkannya lebih lanjut di sini. Sekali lagi, ini hanya bagian dari ekspresi pribadi saya.

Dalam Ahkam Ahli Dzimmah dinyatakan,

وأما التهنئة بشعائر الكفر المختصة به فحرام بالاتفاق مثل أن يهنئهم بأعيادهم وصومهم فيقول عيد مبارك عليك أو تهنأ بهذا العيد ونحوه فهذا إن سلم قائله من الكفر فهو من المحرمات وهو بمنزلة أن يهنئه بسجوده للصليب بل ذلك أعظم إثما عند الله وأشد مقتا من التهنئة بشرب الخمر وقتل النفس وارتكاب الفرج الحرام ونحوه

Memberikan ucapan selamat dengan syiar agama kafir, hukumnya haram dengan sepakat ulama. Misalnya, memberikan ucapan selamat untuk hari raya mereka atau puasa mereka, dengan mengatakan ’Selamat natal’, selamat hari raya ini atau itu. Sikap semacam ini, sekalipun orang yang mengucapkannya terbebas dari status kafir, namun ini adalah tindakan maksiat. Sebagaimana orang yang memberikan ucapan selamat karena dia sujud kepada salib. Bahkan ini lebih berat dosanya dibandingkan memberi ucapan selamat untuk orang yang minum khamr, membunuh jiwa, atau melakukan zina dan dosa besar lainnya. (Ahkam Ahlu Dzimmah, 1/441).

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Setuju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: