Jumatan di Masjid Cut Mutia Jakarta Pusat


Masjid Cut Meutia adalah salah satu masjid di kawasan elit Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini terletak di Jalan Cut Meutia Nomor 1, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Masjid ini memiliki salah satu keunikan yaitu, posisi safnya terletak miring terhadap bangunan masjidnya sendiri karena bangunan masjid tidak tepat mengarah kiblat.

Bangunan Masjid Cut Meutia pada awalnya bukan merupakan bangunan yang diperuntukkan sebagai tempat ibadah (masjid). Bangunan masjid ini semula merupakan kantor perusahaan peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda.

Bangunan yang kini menjadi masjid dirancang oleh P.A.J. Moojen dan dibangun sekitar tahun 1910. Bangunan itu dijadikan kantor NV. De Bouwploeg (baca: Boplo), sebuah perusahaan yang mengawasi dan melakukan pembangunan kasan Nieuw-Gondangdia (kini disebut Menteng). Direktur perusahaan itu dijabat oleh Pieter Adriaan Jacobus Moojen (1879-1955).

Bangunan itu dipakai perusahaan N.V. De Bouploeg sejak 1912-1925. Kemudian dipakai oleh Provinciale Waterstaat dan kantor pos pembantu. Memasuki perang dunia kedua saat Indonesia diduduki oleh pasukan Jepang, bangunan ini dipakai oleh Angkatan Laut Jepang. Lalu sesudah itu digunakan oleh Staatsspoorweg (jawatan kereta api).

Tahun 1957-1964, bangunan itu digunakan oleh Dinas Perumahan. Dan selama 6 tahun sejak tahun 1964 hingga 1970, sempat digunakan sebagai kantor sekretariat DPRD-GR dan MPRS yang diketuai Jenderal A.H. Nasution.

Setelah DPR/MPR pindah ke gedung yang dulu disebut sebagai gedung Ganefo di kawasan Senayan, bangunan bersejarah itu sempat akan dirobohkan. Namun Jenderal Nasution mengusulkan agar bangunan itu tetap dilestarikan dan dialihfungsikan sebagai tempat ibadah. Namun sebelum menjadi tempat ibadah, bangunan ini terlebih dahulu digunakan sebagai Kantor Urusan Agama bersama dengan tempat ibadah.

Di kemudian hari, melalui SK Gubernur No.5184/1987 tanggal 18 Agustus bangunan ini pun difungsikan secara resmi sebagai masjid tingkat propinsi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: