Bahaya Share Informasi Tanpa Verifikasi


verifikasi-300x210Saudaraku, seringkali kita dengan mudahnya nge-share suatu informasi atau berita (biasanya yg menghebohkan, mengharukan, atau menyentuh) tanpa terlebih dahulu melakukan tugas verifikasi secara mendalam dan cukup. Ketergesaan yg membuat kita ingin segera menyebar dg berbagai alasan, bisa semata2 ingin jadi yg Pertamax, motif viral, motif uang dr iklan, atau motif2 lainnya.

Saudaraku, yang perlu digarisbawahi adalah proses verifikasi. Menyebar info tnp verifikasi baik itu sumber dan kebenaran atau keabsahan berita sering kita lakukan. Padahal banyak efek dan pengaruh yg mungkin sama sekali tak pernah kita bayangkan terjadi akibat sebuah informasi yg tidak kita verifikasi dan kemudian diketahui justru info yang salah. Beruntung jika ternyata info yg kita share tnp verifikasi itu benar dan valid. Lha kalau salah? Apa bentuk tanggungjawab kita? Pernah terlontar kata maaf dr lisan kita krn sharing info yg salah?

Berita ini contohnya. gara2 cerita2 dan info tanpa verifikasi yg beredar di media2 yg kemudian terbukti salah dan baca: hoax. Pelajaran berharga yg kesekian kalinya kalau kita nyebar info tanpa verifikasi, padahal sepele, baik sadar atau tak sadar, tetapi bisa hancurkan hidup dan karir orang lain. Bukankah ini bag dr perbuatan zalim yg kita lakukan?

Pernah tahu tentang foto di bawah ini?

Heidi Yeh Hoax

Inilah Kisah Sebenarnya di Balik Foto Keluarga Itu

Iklan

2 Tanggapan

  1. Saya termasuk orang yang kritis apabila ada berita viral, terutama yang beredar di whatsapp, terkadang saya mendapat cerita yang berbeda untuk foto yang sama. saya merasa ini seperti metode untuk menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi situs tertentu. saya lebih suka mengkoreksi apabila ada member di group whatsapp agar tidak serta merta percaya dengan suatu konten viral

    • sipppp. Terus dipertahanin saja mas sikap kritisnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: