Olahraga di Stadion Sriwedari Pasca Gencatan Senjata


Olahraga Pasca Gencatan Senjata di Sriwedari

Setelah gencatan senjata, digelar pertandingan olahraga antara Tentara Pelajar dan Tentara Belanda di Stadion Sriwedari.

Stadion Sriwedari sendiri mulai dibangun sejak tahun 1932. Saat itu Sri Susuhunan Paku Buwono X, Raja Keraton Surakarta berinisiatif membangun sebuah stadion untuk kegiatan olahraga kerabat Karaton dan kalangan pribumi.

Stadion ini merupakan stadion pertama yang dibangun oleh bangsa Indonesia (baca: Priboemi, karena Indonesia belum lahir sebagai negara saat itu). Sedangkan stadion-stadion lain saat itu dibangun oleh orang Belanda.

Perencana stadion dipercayakan kepada Mr. Zeylman dengan menghabiskan biaya sebesar 30000 gulden, dan pelaksa pembangunan sendiri dilakukan oleh R. Ng. Tjondrodiprojo beserta 100 pekerjanya selama 8 bulan. Stadion yang berbentuk oval dan dilengkapi dengan trek untuk bermain atletik dan lampu sorot di setiap sudut ini selesai pada tahun 1933. Peresmian Stadion Sriwedari dilakukan oleh G.P.H Hargopalar atas nama Sri Susuhunan.

Pada tanggal 9-12 September 1948, Stadion Sriwedari dijadikan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama. Sekarang, setiap tanggal 9 September dijadikan sebagai hari olahraga Indonesia. Stadion ini juga dijadikan sebagai monumen PON Pertama.

Setelah meninggalnya Raden Maladi pada tanggal 30 April 2001, maka Stadion Sriwedari berganti nama menjadi Stadion R.Maladi. Hal ini untuk menghormati jasa R. Maladi yang juga pernah menjadi Ketua Umum PSSI (1950-1959). Pada November 2011 stadion ini dikembalikan lagi namanya menjadi Stadion Sriwedari.

Sumber: Taufiq Effendi dan bbs

Iklan

2 Tanggapan

  1. masa masa itu menjadi kenangan yang hanya terekam di foto

    • dan pelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: