Jangan Memancing Fitnah & Jangan Memfitnah


Dilarang Khalwat (sumber: MuslimahCorner.com)

Dilarang Khalwat (sumber: MuslimahCorner.com)

Ada pemberitaan tentang seorang anggota DPR di sebuah hotel bersama salah seorang pejabat militer. Secara singkat, saya ingin mengatakan janganlah mudah-mudah melontarkan tuduhan fitnah dan jangan memancing timbulnya fitnah. Menuduh seseorang berzina itu dosa besar. Tetapi berkhalwat juga dilarang. Lalu saya teringat dengan ini:

1. Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. (QS. An-Nur: 4)

2. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa ada mahrom wanita tersebut, karena syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua.” (HR. Ahmad dari hadits Jabir 3/339)

3. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain. Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS Al Hujurat : 12)

4. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” (Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 592)

Semoga kita semua terhindar dan dijauhkan dari fitnah dan perbuatan zina. Amin.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. fitnah lebih kejam dari membunuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: