Rumah Makan ‘Nyoto Roso’ Kawatan Solo


image

Sabtu malam (27/12), saya bersama beberapa rekan tim muslimdaily.net menemui Direktur Naturaid Center Faishal membicarakan kerjasama. Kami sepakat bertemu di sebuah rumah makan di Jl. Muh. Yamin, Kawatan, Solo. Namanya Rumah Makan ‘Nyoto Roso’.

Saya baru pertama mengunjungi rumah makan yang sudah berdiri beberapa tahun itu. Walaupun malam Ahad, suasana rumah makan sepi. Pukul 20.00 WIB, hanya ada satu rombongan pengunjung. Masih banyak meja yang kosong. Karyawan-karyawannya juga tidak nampak banyak.

Karena sepi, saya sempet menduga kalau menu makanan di sini tidak enak. Sebuah indikasi yang tak selalu benar.

Kami memesan ayam goreng. Sebuah menu biasa sebenarnya. Padahal menurut pegawainya, itu menu spesial di situ. Hanya bedanya, ayam yang digoreng di Rumah Makan ‘Nyoto Roso’ ayam kampung.

Setelah menyantap ayam goreng di Rumah Makan ‘Nyoto Roso’ ini, menurut taste lidah saya, rasanya termasuk enak. Walaupun tekstur dagingnya tidak terlalu empuk, tapi juga tidak keras. Bumbu dan kegurihannya juga mampu meresap sampai ke dalam daging bagian dalam. Jadi saya merasa heran kenapa rumah makan ini sepi.

Saya menduga barangkali yang membuat sepi warung ini, sekaligus juga kritik saya, karena Rumah Makan ‘Nyoto Roso’ ini kurang memiliki faktor pembeda dengan yang lain. Di Solo, yang namanya rumah makan ayam goreng sudah sangat banyak. Kalaupun ada pembedanya, sekedar jenis ayamnya.

Menurut saya, Rumah Makan ‘Nyoto Roso’ ini perlu menambah sedikit menu tambahan yang beraroma atau bercitarasa masakan Jawa tapi pas buat teman menu ayam goreng. Misalkan ada menu sayur pecel, sambal trancam, gudangan, dll.

Sementara untuk menu minuman, Rumah Makan ‘Nyoto Roso’ sudah cukup lengkap dan menarik. Ada teh poci, beras kencur, dan jahe gula batu yang sangat pas sebagai menu makan malam ala tradisional Jawa.

Sekian dulu dan sampai jumpa di review yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

