Ada Kesengajaan Di Balik Kebakaran Pasar Klewer?


image

Pasar Klewer terbakar Sabtu malam (27/12/2014) sekira pukul 20.00 WIB. Kabar Pasar Klewer kebakaran dengan cepat beredar di sosial media. Saya membaca kabar itu dari kiriman info via Whatsapp, sekira pukul 20.20 WIB.

Tak perlu menunggu datangnya sinar matahari untuk memperoleh kabar isu kesengajaan di balik kebakaran Pasar Klewer. Malam itu juga, dalam diskusi terbatas di beberapa group Whatsapp yang saya ikuti, tak sedikit yang menduga ada kesengajaan di balik kebakaran Pasar Klewer. Entah apa faktornya.

Berhembusnya isu kesengajaan di balik kebakaran Pasar Klewer ini mengingatkan publik kota Surakarta (Solo) pada peristiwa 1 dekade (sepuluh tahun) silam. Medio tahun 2004, di saat Solo dipimpin oleh Walikota Slamet Suryanto, Pemkot Surakarta berencana merevitalisasi Pasar batik terbesar di Indonesia itu. Penolakan pun sangat kuat naik ke permukaan, khususnya dari para pedagang.

Rencana pembangunan total Pasar Klewer pada tahun 2004 menggandeng investor dari luar. Nama artis Jeremy Thomas yang saat itu menjadi korban dan bulan-bulanan. Saat itu Jeremy Thomas menggunakan bendera PT. Citikon.

Saat itu, pemkot Surakarta berencana melakukan renovasi secara total. Pasar Klewer akan dibangun basement atau ruang bawah tanah untuk parkir dan dimungkinkan dibangun lebih dari dua lantai.

Bahkan jika memungkinkan, pasar diperlebar sampai barat dengan membeli lahan yang sudah menjadi hak milik individu.

Rencana Renovasi Tahun 2004:
1. Membangun Basement
2. Pelebaran Ke Arah Utara
3. Menambah Jumlah Lantai Menjadi 3-4
4. Dana Direncanakan Rp 20 miliar
Sumber Data: Bapeda Kota Surakarta, Dinas Pengelolaan Pasar, HPPK (2004)

Saat itu, penolakan dari para pedagang kuat. Karena penolakan yang kuat, sampai muncul isu Pasar Klewer akan dibakar. Para pedagang secara bergantian melakukan ronda malam. Secara bertahap, isu tentang Pasar Klewer mulai mereda seiring perjalanan waktu. Apalagi kemudian setelah Solo dipimpin Walikota Jokowi. Hampir tak ada isu-isu tentang pembakaran Pasar Klewer.

Setelah sepuluh tahun berselang dari tahun 2004, pada tanggal 27 Desember 2014 malam, Pasar Klewer benar-benar kebakaran. Tak ada isu apapun yang terdengar mengawali. Namun lagi-lagi, publik kembali curiga. Apalagi hampir kebanyakan pedagang di Pasar Klewer tak ada yang mengasuransikan dagangannya. Isu kesengajaan pun muncul. Saya berharap semoga pihak-pihak berwenang dapat memberikan investigasi yang terang benderang agar isu pembakaran secara sengaja ini teredam.
image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: