Perbedaan Sabun Cair dan Sabun Batangan, Mana Pilihanmu?


Sumber: tukarposisi.com

Sumber: tukarposisi.com

Ngomongin tentang jenis sabun mandi. Yang gw kenal ada 2. Pertama sabun batang, kedua sabun cair. Oke? Nah sekarang pertanyaannya, apa sebenarnya perbedaan perbedaan antara sabun cair dan sabun batangan.

Kalau kata Departemen Kesehatan Minnesota, prinsipnya ngga ada perbedaan antara sabun cair dan sabun batangan. Semua lebih bergantung pada preferensi aja.

Namun kalau bicara pada gengsi atau gaya hidup atau popularitas di kalangan masyarakat perkotaan, pamor sabun batangan mulai turun drastis. Mudahnya, kamu yang dulu pakai sabun batang sekarang sudah pakai sabun cair. Ya nggak?

Tapi sebenarnya yang paling penting kalau kita bicara tentang sabun batang dan sabun cair, manakah yang lebih baik, sabun batangan atau sabun cair? Ya nggak?

Pada dasarnya, sebenarnya sabun batangan dan sabun cair memiliki komposisi yang sama, yaitu garam alkali yang dibuat dari asam lemak dan deterjen. Kedua bahan inilah yang dapat mengikat kotoran dan membuatnya terlarut dalam air. Jadi dari segi fungsi, kedua jenis sabun ini tidak berbeda satu sama lain. Lalu, di manakah letak perbedaan dasar antara keduanya? Cek http://www.huffingtonpost.com/bill-chameides/chemical-marketplace-bar_b_2104678.html

Dari sisi harga, jelas sabun batangan dijual lebih murah di pasaran. Kebanyakan sabun batangan juga mengandung gliserin, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kering. Untuk Anda yang alergi terhadap parfum, anda juga dapat dengan mudah menemukan sabun batangan yang tidak menggunakan pewangi. Beberapa pihak mengklaim bahwa sabun batangan lebih ramah lingkungan, karena kemasan yang digunakan lebih mudah terdegradasi dibandingkan kemasan sabun cair. Cek http://www.huffingtonpost.com/bill-chameides/chemical-marketplace-bar_b_2104678.html

Di lain pihak, banyak orang memilih sabun cair karena mereka khawatir sabun batangan dapat menyebarkan lebih banyak bakteri, meskipun penelitian membuktikan bahwa pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar (cek http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3402545). Kebanyakan sabun cair juga mengandung pelembab, sehingga Anda tidak perlu khawatir kulit Anda menjadi kering jika Anda terlalu sering menggunakannya. Sabun cair juga lebih praktis khususnya saat digunakan untuk dibawa berenang, travelling, dan perjalanan jauh lainnya. Untuk mereka yang menggemari busa, sabun cair akan lebih disukai karena dalam jumlah yang sama, sabun cair dapat menghasilkan busa lebih banyak dibandingkan sabun batangan.

Jadi, mana yang lebih baik antara sabun batang dan sabun cair? Kembali kepada kebutuhan kamu. Sampai sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan jenis yang satu mutlak lebih baik dibanding dengan yang lain. Hal yang terpenting adalah selalu menggunakan sabun ketika Anda mandi atau mencuci tangan. Ok?

Sumber:

http://health.howstuffworks.com/skin-care/cleansing/products/bar-soap-liquid-soap2.htm
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3402545
http://www.health.state.mn.us/handhygiene/how/bestsoap.html
http://www.huffingtonpost.com/bill-chameides/chemical-marketplace-bar_b_2104678.html

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

5 Tanggapan

  1. sabun batangan untuk di rumah… sabun cair untuk bepergian… kalau dibalik jadi jorok dan boros… 😀

  2. Klo saya masih setia pakai sabun batangan, mungkin krn lebih hemat sih.

  3. oh begitu rupanya

  4. sama dengan komen pertma,
    sabun cair jika melakukan perjalanan.

  5. kalo saya sih suka nya cair, tpi sering pakai batangan juga.. asal murah dan berkualitas.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: