Belajar Teknik Kabur Dari Penjara Melalui ‘The Shawshank Redemption’


the shawshank redemptionPernah berfikir Anda akan masuk penjara? Kurasa tak ada satupun orang yang pernah berpikir untuk tinggal di penjara. Tapi segala kemungkinan itu selalu ada. Termasuk masuk penjara. Sebagai bentuk persiapan jika Anda suatu saat dipenjara, ada sebuah film menarik yang menceritakan tentang cara melarikan diri dari penjara. Film menarik ini merupakan film peringkat #1 di situs IMDb. Kurasa Anda perlu menontonnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penjara diartikan sebagai bangunan tempat mengurung orang hukuman; bui; atau lembaga pemasyarakatan. Sementara kamus Oxford Online, penjara yang dalam bahasa Inggris disebut prison diartikan a building to which people are legally committed as a punishment for a crime or while awaiting trial. Makna yang hampir sama. Sedikit perbedaannya, dalam Oxford ditambahkan arti penjara juga sebagai tahanan bagi seorang terdakwa yang menunggu proses persidangan.

Dikarenakan fungsinya menjadi tempat mengurung orang-orang terhukum, tentu saja penjara umumnya dibangun sedemikian rupa dengan tingkat keamanan yang kuat dan penjagaan yang ketat. Harapannya, orang-orang terhukum yang berada di dalam penjara tidak bisa kabur karena dikhawatirkan mereka akan membahayakan masyarakat. Meskipun demikian, konon, sesempurna-sempurnanya karya manusia, pasti memiliki kelemahan, termasuk penjara. Penjara sehebat apapun, konon disinyalir memiliki titik lemah yang bisa dimanfaatkan oleh para penghuni di dalamnya untuk melarikan diri. Meskipun fiksi, film ‘The Shawshank Redemption’ memberikan salah satu buktinya.

Film ‘The Shawshank Redemption’ merupakan salah satu film yang menceritakan tentang kehidupan di dalam penjara. Namun yang lebih menarik, film ini memberikan ‘pelajaran’ teknik melarikan diri dari penjara. Sebuah pelajaran yang menarik yang tak pernah diajarkan di bangku sekolah atau kuliah.

Diadaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul ‘Rita Hayworth and Shawshank Redemption‘, film ini menceritakan kisah karakter Andy Dufresne, seorang bankir yang menghabiskan hampir dua puluh tahun di Shawshank State Prison akibat dinyatakan bersalah oleh pengadilan dalam kasus pembunuhan atas istri dan selingkuhannya. Sebuah tindak kejahatan yang tak pernah dilakukan Andy, meskipun ia sangat marah melihat istrinya selingkuh di depan matanya. Namun di pengadilan, Andy tak mampu membuktikan dirinya tak bersalah. Hukuman pidana dua kali seumur hidup pun dijatuhkan pengadilan terhadapnya.

Merasa tak bersalah, Andy sejak awal telah berusaha mencari cara untuk kabur dari penjara ketat Shawshank. Langkah pertama yang ia lakukan adalah mencari teman. Tak butuh waktu lama, ia langsung berteman dengan Ellis “Red” Redding (Morgan Freeman), seorang napi yang dipenjara seumur hidup karena kasus pembunuhan. Red napi yang terkenal menjadi penyelundup barang-barang dari luar penjara. Ia biasa menerima pesanan dari para penghuni penjara, mulai dari rokok, kartu remi, sampai gambar porno. Seketika kenal dengan Red, Andy meminta Red untuk menyelundupkan palu batu. Andy beralasan palunya akan digunakan membuat pion-pion catur. Selain palu, Andy juga meminta dibawakan poster Rita Hayworth berukuran besar. Rita Hayworth merupakan aktris film seksi yang filmnya sering diputar di penjara Shawshank. Para napi banyak yang tergila-gila dengan Rita. Kemudian, Red pun memberikan tambahan bonus berupa poster besar bergambar Marilyn Monroe dan Raquel Welch.

Tahun 1949, Andy mendengar kapten penjaga penjara Byron Hadley (Clancy Brown) mengeluh tentang pajak warisannya. Ia khawatir warisan yang diperolehnya hilang karena harus membayar pajak yang besar. Mendengar info itu, Andy memberanikan diri memberitahu Hadley seputar celah dalam sistem keuangan. Maklum, Andy seorang mantan bankir. Jadi dia tahu seluk beluk keuangan dan pajak. Ternyata kabar mengenai ‘kepintaran’ Andy dalam membantu Hadley mengakali pajak terdengar sampai Kepala penjara Samuel Norton (Bob Gunton). Norton pun meminta Andy untuk mengakali pajak sang Kepala Penjara. Untuk memudahkan kerja Andy, ia dipindahkan tugas ke perpustakaan penjara. Segala tindakan yang dilakukan Andy sebenarnya bertujuan untuk membuat faktor kedekatan dengan para petugas di penjara. Dengan demikian, ia mendapatkan kepercayaan dari mereka. Tujuan akhirnya, ia bisa memanfaatkan ini untuk menyusun cara kabur dari penjara.

Pada tahun 1963, Norton mulai mengeksploitasi tahanan penjara untuk pekerjaan umum, mendapatkan keuntungan dengan memangkas biaya buruh terampil dan menerima suap. Ia menyuruh Andy mencuci uangnya dengan nama samaran “Randall Stephens”.

Tahun 1965, seorang napi baru datang ke Shawshank. Namanya Tommy Williams (Gil Bellows). Ia dipenjara atas tuduhan perampokan. Ia bergabung dengan geng Andy dan Red. Andy membantunya lulus ujian General Educational Development (G.E.D.).

Pada tahun 1966, setelah mendengar rincian kasus Andy, Tommy mengungkapkan bahwa seorang tahanan di penjara lain mengaku bertanggung jawab atas kasus pembunuhan yang sama, sehingga Andy bisa dianggap tidak bersalah. Mendengar ini, Andy memberikan informasi ini kepada Norton, tetapi ditolaknya mentah-mentah. Akibatnya, Norton mengurung Andy di sel tertutup dan menyuruh Hadley membunuh Tommy dengan alasan kabur dari penjara. Andy menolak melanjutkan pencucian uang tersebut, tetapi Norton mengancam akan menghancurkan perpustakaan dan mencabut perlindungan dan perlakuan khusus terhadapnya.

Setelah Andy dibebaskan dari sel tertutup, tiba-tiba ia memberitahu Red mengenai impiannya untuk menetap di Zihuatanejo, sebuah kota pantai Pasifik di Meksiko. Meski Red menyebutnya tidak realistis karena ia berpikir mustahil bagi keduanya keluar dari penjara, Andy tetap menyuruh Red untuk mengambil sebuah paket di ladang dekat Buxton suatu saat nanti setelah bebas. Red juga berpikir Andy sudah di ambang ketidakwarasan. Apalagi sebelumnya ia memperoleh kabar, Andy meminta dicarikan sebuah tali panjang ukuran besar. Mereka khawatir Andy sudah stres dan akan memilih bunuh diri.

Kekhawatiran Red dan kawan-kawannya akhirnya tak terjadi. Keesokan harinya saat absen pagi, saat petugas penjara melakukan pengecekan rutin di sel-sel penjara, ternyata Andy lenyap dari ruangan sel. Padahal dalam daftar absen malamnya, Andy tercatat masuk di dalam sel. Awalnya, tak ada jejak menghilangnya Andy. Norton baru menyadari Andy telah kabur dari penjara setelah ia menemukan sebuah lorong lubang di balik poster Raquel Welch yang tertempel di dinding sel.

Ternyata di balik poster Raquel selama ini, terdapat terowongan panjang yang selama ini digali Andy dengan palunya. Sedikit demi sedikit, Andy menggali terowongan dengan palunya setiap hari selama hampir dua puluh tahun.

Malam sebelumnya, Andy berhasil kabur melalui terowongan tersebut yang terhubung dengan pipa pembuangan penjara sambil membawa buku besar Norton yang berisi catatan keuangan penggelapan pajak serta hasil pencucian uang kejahatannya. Paginya, saat para penjaga menyisir daerah sekitar penjara, Andy menyamar sebagai Randall Stephens. Sebagai Randall, Andy mengunjungi sejumlah bank untuk menarik uang hasil cucian tersebut. Terakhir, ia mengirim buku besar dan bukti korupsi dan pembunuhan di Shawshank ke sebuah kantor berita setempat dan polisi. Beberapa hari kemudian, Polisi menyisir Shawshank dan menahan Hadley, sementara Norton memilih bunuh diri untuk menghindari penangkapan. Sedangkan Andy berhasil kabur menuju Meksiko.

Kisah film ini belum sepenuhnya berakhir, setelah ditahan selama 40 tahun, Red memperoleh pembebasan bersyarat. Ia berusaha beradaptasi dengan kehidupan di luar penjara namun khawatir ia akan gagal. Karena sudah berjanji kepada Andy, ia akan mengunjungi Buxton dan menemukan kotak berisi uang dan surat yang memintanya pergi ke Zihuatanejo, Meksiko. Red melanggar pembebasan bersyaratnya dan pergi ke Fort Hancock, Texas sebelum melintas perbatasan ke Meksiko. Tujuannya adalah menuju pantai di Zihuatanejo. Di sana, ia menemukan Andy. Kedua napi itu pun bersama kembali. Kali ini di luar penjara.

Film ini merupakan salah satu film yang saya anggap sebagai film keren. Saya baru menyadari film ini menjadi film nomor satu di IMDb justru sehari setelah menengoknya di situs rujukan film internasional itu. Film ini juga banyak memenangkan penghargaan dan menjadi nominasi di banyak festival film. Begitu saya membuka wikipedia, film ini menempati peringkat #72 dalam daftar AFI’s 100 Years…100 Movies menurut versi American Film Institute. Sementara pembaca majalah Empire memilih film ini sebagai film terbaik tahun 1990-an dan menempati posisi 4 pada “The 500 Greatest Movies of All Time” versi Empire tahun 2008. Pada Maret 2011, film ini dinyatakan sebagai film terfavorit pendengar BBC Radio 1 dan BBC Radio 1Xtra sepanjang masa.

Bagi saya sendiri, film ini ku masukkan di dalam daftar film keren versiku bersama Les Misérables dll.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

Satu Tanggapan

  1. red gak melakukan pelanggaran bebas bersyarat gan, dy ngelanggar klu melakukan tindak kriminal lg, di situ dy udah ngincer pistol mau nekad supaya bisa masuk penjara lg, tp dy inget sm janjinya ke andy..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: