Baca, Baca, Baca & Internet


Baca, Baca, Baca & Internet

Hari pertama masuk kerja, saat itu hari menjelang sore, pak Alexander (atasanku langsung) baru saja masuk ruang kerjanya setelah seharian tidak berada di ruangan. Rapat katanya. Aku dan kawanku dipanggil masuk ruangannya. Dia pengin berkenalan dengan kami, bawahan barunya. Seperti perkenalan pada umumnya, kami berdua ditanyai asal tinggal, asal sekolah, dan latar belakang pendidikan tentang hal-hal lainnya. Sebagai perkenalan awal, aku hanya mengenalkan sedikit tentang diriku. Aku tidak ingin atasanku terlalu tahu seluk belukku. Informasi umum saja.

Setelah sedikit berkenalan, pak Alexander memberi kami arahan dalam bekerja di kantor. Sebagai awalan, kami diminta untuk mempelajari lebih dahulu berkas-berkas hukum yang ada di filling cabinet atau rak-rak lemari di ruangan. Melalui berkas-berkas dan dokumen-dokumen yang ada tersebut, kami diminta untuk bisa mengetahui kantor itu dan bagaimana perjalanan perusahaan itu. Dia meminta kami untuk lebih banyak belajar dan membaca terlebih dahulu selama beberapa waktu. Selanjutnya barulah ia akan mengajak diskusi bersama tentang perusahaan.

Sebelum perkenalan kami diakhiri, dia sempat memberikan penjelasan umum tentang aturan umum perusahaan. Kami harus memakai pakaian yang rapi, berkemeja, celana panjang, dan bersepatu. Setiap hari kami harus sudah tiba di kantor sebelum pukul 7.30 WIB. Datang lebih dari jam itu, kami tidak memperoleh uang makan sebesar Rp. 17.500,- per hari. Kecuali hari Jumat, kami baru boleh pulang setelah waktu menunjuk pukul 15.30 WIB setiap harinya. Jam kerja kantor setiap hari Jumat mulai dari pukul 7.30-16.00 WIB. Jika ingin keluar kantor, kami harus minta izin terlebih dahulu kepadanya.

Mulai saat itulah boleh dibilang aku resmi bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran perkebunan. Ini merupakan pengalaman bekerja secara resmi dan formal yang pertama kali bagiku. Aku ditempatkan di bagian urusan hukum. Biar lebih keren, aku menyebutnya Legal Officer. Posisi ini sesuai dengan kompetensi akademikku. Meskipun sesuai dengan kompetensi akademik, bukan berarti pekerjaan ini menjadi mudah bagiku. Aku sudah hampir lupa mayoritas pelajaran perkuliahan yang kupelajari di bangku kuliah.

Hari berikutnya, waktu seharian kuhabiskan hanya untuk membaca dokumen-dokumen hukum yang ada di rak dan filling kabinet. Aku sempat bingung bagaimana mengawali membaca dokumen-dokumen tebal yang hampir penuh satu lemari besar. Dokumen-dokumen itu terdiri dari berbagai macam jenis dokumen. Ada dokumen Term Of Regulation (TOR) mekanisme pemasaran, Standard Operating Procedure (SOP), berkas-berkas kasus gugatan, pendapat hukum (legal opinion), dan beberapa peraturan yang berlaku di perusahaan. Daripada semakin bingung, aku putuskan membaca dokumen-dokumen itu satu per satu. Aku ambil satu bendel dokumen yang telah dibukukan secara acak.

Hari berikutnya demi berikutnya, aktivitas di ruangan kantor masih saja berkutat pada kegiatan baca dan membaca. Aktivitas monoton ini makin lama makin sukses membuatku bosan. Aku pun mulai tergoda untuk membuka laptop. Aku hubungkan laptop dengan jaringan internet. Kuaktifkan aplikasi Yahoo Massenger. Tak kusangka pesan offline yang masuk sudah lebih dari 10. Sambil membaca satu per satu pesan offline yang masuk, kubuka browser Firefox. Aku mulai terbebas dari kepenatan pikiran yang selama beberapa hari ini berkutat pada lembaran-lembaran kertas.

Lembaran-lembaran dokumen yang ada di dalam laci dan filling cabinet sudah lagi tak kusentuh. Aku sudah mengkhatamkannya meskipun tidak menguasai isinya secara mendetail. Aku hanya tinggal menunggu waktu kapan pak Alexander mengajak diskusi perihal dokumen-dokumen yang telah aku baca. Dan sambil menunggu waktu diskusi itu, dengan tanpa merasa berdosa kuhabiskan waktu kerja untuk download lagu-lagu mp3, film, e-book, dan browsing biasa. “Makan Gaji Buta,” kata kawanku di Solo via chatting Yahoo Massenger. 

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

3 Tanggapan

  1. Jadi inget dosen saya dulu.
    Kalo kuliah larinya selalu ngajar bersumber dari google. 😆
    Kalo internet lemot, beliau marah-marah. 😀

  2. postingan nya bagus sekali
    kita bisa bertukar info d web kmi http://unsri.ac.id

  3. mantab gan artikel nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: