Inilah Film Animasi Buatan Lokal Siap Mengglobal


Inilah Film Animasi Buatan Lokal Siap Mengglobal

Beberapa hari ini aku merasa cukup antusias memposting lebih banyak lagi tentang segala sesuatu yang terkait dan berbau dengan my hometown, Solo. Setelah beberapa waktu lalu aku posting tentang Solo yang merupakan kota terbaik versi KPK dan kota berudara terbersih di Indonesia versi Kementerian Lingkungan Hidup, ada satu lagi prestasi. Hanya saja untuk kali ini bukan prestasi Solo-nya secara langsung, namun giliran warganya yang berprestasi. Prestasi di bidang dunia seni & teknologi.

Adalah sebuah motion pictures (baca: video) animasi singkat yang dibuat oleh sebuah studio kreatif di Solo awal mulanya. Video bertajuk “Pada Suatu Ketika” itu beredar di kalangan pengguna internet (baca: jejaring sosial). Tak butuh waktu lama, video animasi yang menampilkan adegan bajaj dan bus kota berubah menjadi robot ala film Transformer garapan sebuah studio di Solo itu pun menghentak dan membuat decak kagum jagad perinternetan Indonesia, khususnya.

Film animasi pendek ini nampaknya dikerjakan dengan serius oleh animatornya yang sangat memperhatikan aspek-aspek detail. Suguhan detail animasi penggambaran sebuah mangkuk cam ayam jago, hidangan mie instan rebus, bungkus rokok kretek, suasana warung kota, dan hiruk pikuk pasar digambarkan sangat detail dan angle yang sangat menarik. Puncak adegan video animasi singkat ini adalah mulai berubahnya barang-barang di sekitar pasar menjadi robot-robot ala Transformer setelah terkena ‘serangan’ radiasi sebuah benda asing besar yang berada di atas langit kota Jakarta. Sayangnya, animasi pendek ini hanya berdurasi 4 menit dan masih bersambung.

Meskipun film ini hanya berdurasi pendek, secara umum film animasi buatan warga Solo – Indonesia ini boleh dikata sangat ciamik jika dilihat dari sisi teknis penggarapan. Namun demikian, sebagai sebuah masukan dan kritik yang membangun, menurutku akan lebih mega hebat lagi jika ide film lebih original karena film ini mengangkat tema Transformer yang sudah famous sebelumnya. Tapi dengan segala sedikit kekurangannya, aku sangat mengapresiasi penggarapan studio Lakon Animasi ini. Posting ini adalah bagian dari caraku memberikan apresiasi dengan harapan makin banyak pengguna internet yang menikmati dan terinspirasi.

Jauh sebelumnya, seorang animator asal Jawa Timur juga pernah menggarap sebuah film animasi yang cukup bagus. Film itu bertajuk Luk Songo. Cerita dan durasi lebih lama serta lebih mengangkat kearifan lokal sejarah budaya Jawa khususnya. Silakan menikmati jika berkenan di Episode I – Episode II – Episode III – Episode IV – Episode V –Episode VI

Salam.

Salah Satu Adegan Film Animasi "Pada Suatu Ketika"

Salah Satu Adegan Film Animasi "Pada Suatu Ketika"

NB:

Iklan

6 Tanggapan

  1. keren bangeeeet !!!!

  2. yo’i

  3. Sayang banget internetku terlalu buruk tuk ngeliatnya. Putus setiap satu detik. Mengenaskan.

    ^_^
    Ida Raihan

  4. transformer versi Indonesia nih… keren!

  5. nice 🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami di http://www.hajarabis.com

  6. nice 🙂

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami di http://www.hajarabis.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: