Sholat Ied di Halaman Masjid Cut Mutiah


Foto Ini Diambil Dari Web Menkokesra. Gambar Saya Nongol Sedikit Di Situ :D

Foto Ini Diambil Dari Web Menkokesra. Gambar Saya Nongol Sedikit Di Situ 😀

Sholat Ied di Halaman Masjid Cut Mutiah

Akibat tidak pulang kampung, mau tidak mau aku harus berhari raya Idul Adha di Jakarta. Awalnya aku berencana sholat di Istiqlal. Namun karena satu dan lain hal, aku memutuskan mengubah rencana itu. Aku ubah rencana sholat Ied di istiqlal menjadi di halaman masjid Cut Mutiah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Sampai di depan masjid sekitar pukul 06.00 WIB, kupikir aku sudah hampir terlambat. Ternyata aku justru menjadi jamaah yang tergolong pertama datang ke lokasi sholat Ied. Sholat Idul Adha di masjid Cut Mutiah sendiri dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB.

Pada awalnya aku tidak tahu siapa yang akan menjadi imam dan khotib sholat Ied di halaman masjid Cut Mutiah. Sesampainya di lokasi, aku baru mengetahui yang bertindak sebagai khotib Ied adalah Agung Laksono, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI. Sementara yang bertindak sebagai imam sholat adalah Imam Besar Masjid Cut Mutiah KH. Mahfud Mustofa. Aku juga tidak menyangka jika kegiatan rangkaian sholat Idul Adha di halaman Masjid Cut Mutiah bakal ditayangkan secara LIVE oleh stasiun ANTV.

Rangkaian sholat Ied di masjid Cut Mutia diawali dengan sambutan pengantar dari panitia yang berasal dari Remaja Islam Masjid Cut Mutiah kemudian dilanjutkan laporan dari ketua panitia. Setelah pemaparan laporan dan pengantar selama kurang lebih 10 menit, sholat pun dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB. Seusai sholat, Agung Laksono membacakan khotbah selama lebih dari setengah jam. Jujur kalau aku sih berpendapat Agung Laksono nampak kurang fasih dalam melafadzkan takbir, ayat-ayat Quran, dan doa. Tapi apapun yang namanya juga pejabat, salah pun bisa saja dianggap benar. 😀

Mengenai materi khotbah yang disampaikan oleh Agung Laksono, aku yakin kawan-kawan sudah pasti bisa menebak apa saja isinya. Jujur, aku tidak terlalu memperhatikan secara detail karena khotbahnya sangat panjang dan aku juga tidak memperoleh salinan tulisan cetak materi khotbahnya. Namun secara umum isinya menghubungkan Qurban dengan kegiatan-kegiatan pemerintahan dan sejenisnya. Khas pidato macam kenegaraan lah. 😀 Jadi jujur aku kurang tertarik mendengarkan dengan seksama. 😀 Tapi poinnya kita harus bisa mengambil keteladanan dari Idul Adha ini seluas-luasnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Idul Adha Cut Mutia

Idul Adha Cut Mutia

 

Selesai khotbah, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dimulai pukul 10.00 WIB. Disebutkan oleh panitia, diantara yang menjadi penyumbang hewan qurban adalah Taufiq Kiemas, Indra Rukmana (kel. Cendana), Agung Laksono, dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut. Maklum, masjid Cut Mutiah boleh dibilang Masjidnya Anak Menteng. 😀 Total kalau tidak salah ada 15 sapi. Kambingnya aku lupa berapa ekor jumlahnya. Gitu dulu curhat sholat Idul Adha hari ini. Gimana dengan dinamika sholat Idul Adha mu?

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: