Pedjah Gesang Nderex Ngarso Dalem


Pedjah Gesang Nderex Ngarso Dalem

Pedjah Gesang Nderex Ngarso Dalem

Pedjah Gesang Nderex Ngarso Dalem

Kaos yang dikenakan oleh salah seorang tukang becak ini kujumpai di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta. Sebuah kalimat yang artinya cukup dalam dan boleh dibilang berbau ‘politis’ serta sarat perjuangan masyarakat Yogyakarta pada saat ini. Kalimat Pedjah Gesang Nderex Ngarso Dalem memiliki arti bebas “Hidup dan Mati ikut ‘Ngarso Dalem‘ (yang dalam hal ini adalah Raja atau Sultan)”. Jika dibaca dalam situasi politik yang sedang terjadi di kota Yogyakarta pada saat aku memotret itu, kata-kata itu merupakan ungkapan dukungan akan Keistimewaan Yogyakarta yang sedang bersitegang dengan pemerintah pusat di Jakarta.

Kalau dalam kamus keyakinanku, kalimat itu sebenarnya beraroma agak menyimpang dari pemahaman keagamaanku. Dalam keyakinanku, hidup dan mati kita seharusnya diberikan semata-mata hanya untuk Allah SWT. Namun barangkali, konteks penulisan redaksional kalimat ‘kreatif’ ini memiliki tujuan yang tidak mengarah pada hal yang bersifat keyakinan, namun kata-kata perjuangan yang singkat, padat & mengena.

Dulu saat aku tinggal di Solo, yang umum terdengar sejak aku masih usia TK adalah istilah Pedjah Gesang Tumut Sinuwun atau Ngarso Dalem. Kata Sinuwun dan atau Ngarso Dalem kalau dalam konteks di kota Solo tentu saja mengarah pada Sri Susuhunan Pakubuwono yang bertahta di Keraton Kasunanan Surakarta. Apa anda juga akan Pedjah Gesang Nderex Ngarso Dalem? 😀 Sumonggo…

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kalo g demikian, jika sang sultan wafat mungkin bs diusir kabeh…./// kebanyakan warga msh tinggal di tanah tanah kraton termasuk UGM. Wacana penuhanan model baru n samar bangets……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: