Makan Gandjel Rel


Gandjel Rel

Gandjel Rel kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia secara bahasa artinya ‘bantalan rek kereta api’. Gandjel berarti bantalan, sedangkan rel maksudnya rel kereta api. Gandjel Rel yang selama ini umum diketahui tentu saja adalah balok kayu ukuran besar atau balok beton yang disokong oleh taburan kerikil berukuran onde-onde. Namun Gandjel Rel yang ingin kukenalkan kali ini bukan gandjel rel yang berarti bantalan rel tetapi gandjel rel yang merupakan jenis makanan tempoe doeloe di daerah Jawa Tengah, Semarang khususnya.

Gandjel Rel adalah salah satu jenis roti atau kue jadul yang menjadi makanan khas Jawa Tengah, khususnya Semarang. Hampir sama sebenarnya Gandjel Rel yang artinya bantalan dengan roti. Setidaknya, keduanya memiliki kemiripan. Kalau gandjel rel bantalan ditaburi batu atau kerikil, sementara roti gandjel rel ditaburi wijen. He3x.

Kue Gandjel Rel - Kue Tempo Dulu

Kue Gandjel Rel - Kue Tempo Dulu

Roti gandjel rel memiliki bentuk tekstur yang padat dan ulet. Adonan yang menjadi ciri khasnya adalah aroma coklat bercampur kayu manis yang sangat terasa di lidah. Cukup membuat lidah anda bergoyang. Roti gandjel rel yang beberapa waktu lalu disuguhkan kepada saya oleh seseorang dalam foto ini harganya Rp. 17.000,- per dus dengan isi kalau tidak salah 14 potong.

Konon, makanan tempoe doeloe ini sudah jarang dan cukup sulit ditemui di pasaran. Aku sendiri juga meragukan apakah anak-anak muda di zaman sekarang masih mengenal makanan ini. Anda berminat ? 😀

Ahmed Fikreatif

 “Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

4 Tanggapan

  1. hhuhu*
    kue tempo dulu , namanya juga tempo dulu .
    makanan sekarang kebanyakan indo-inggris .
    ehh. ..ini malah indo-purba .
    hhehe .
    unik . unik
    salam kenal
    http://www.hajarabis.com

  2. wah baru tahu makanan tempo dulu dan belum pernah mencicipinya

  3. makanan apa pun yg penting enak dan halal, saya minat aja. hehehe

  4. saya suka makanan itu,, enak kalo menurut saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: