Hujan Perdana di Jakarta


Langit Mendung Menjelang Hujan di Jakarta

Langit Mendung Menjelang Hujan di Jakarta

Hujan Perdana di Jakarta

Sore hari tadi (15/9/2011) menjelang waktu maghrib, langit kota Jakarta (Pusat) dinaungi awan mendung yang sangat tebal hingga menutupi sinar matahari yang hendak tenggelam di ufuk barat. Beberapa kilatan cahaya diikuti suara guntur kecil seolah hendak memberi tanda bahwa beberapa saat kemudian akan terjadi hujan. Dan benar, beberapa saat kemudian turunlah gerimis hujan yang makin lama makin deras beberapa puluh menit di Jakarta. Hujan perdana setelah musim kemarau yang panjang akhirnya turun dari langit membawa rahmat dari Allah SWT. Allahumma shoyyiban nafi’a.

Sehari sebelumnya, dari negeri ‘twitterland’ aku membaca kabar, di kota Solo sudah turun hujan perdana selama beberapa puluh menit. Hujan perdana di kota Solo itu beberapa kali di-retweet oleh beberapa kawan meramaikan ‘twitterland’ sehingga membuat iri aku yang sedang berada di Jakarta. Mereka berbagi cerita tentang bau ampo tanah yang diguyur air hujan. Sebuah hal yang paling ditunggu oleh banyak orang pada saat hujan perdana. Karena itulah, aku berharap dan berdoa semoga di Jakarta juga segera diturunkan rahmat Allah itu.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, hari ini (15/9/2011) hujan perdana pun akhirnya turun di kota Jakarta. Aku yang tengah berada di lantai dua kantor, langsung turun ke halaman kantor menyambut datangnya hujan perdana itu. Aku hirup dalam-dalam bau ampo* tanah yang khas dengan sepuas-puasnya. Aku merasakan sebuah sensasi lain menikmati hujan perdana ini. Allahumma shoyyiban nafi’a. Dan lagi-lagi, aku menjadi kangen akan kampung halamanku di Solo.

Namun di saat yang bersamaan, aku mendengar selama beberapa hari terakhir di Radio Republik Indonesia yang biasa kudengarkan dari live streaming, beberapa kota di Indonesia mengalami #KrisisAir. Tiga kecamatan di Kabupaten Malang Selatan mengalami kekeringan yang memaksa para warganya untuk berjalan sejauh 4 km untuk memperoleh air bersih akibat #KrisisAir. Sedangkan di Indramayu, lahan tambak seluas 20 Ha mengalami kekeringan akibat hujan yang tak kunjung datang. Mari kita berdoa semoga Allah SWT segera menurunkan hujan yang penuh rahmat di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang mengalami kekeringan dan #KrisisAir.

_______________

* Bau ampo (bhs Jawa) adalah bau tanah yang khas yang ditimbulkan akibat turunnya hujan yang mengguyur bumi (tanah) setelah masa kemarau yang lama tidak terbasahi oleh hujan. Biasanya terjadi pada hujan perdana dan awal-awal masuk musim penghujan. 

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

3 Tanggapan

  1. malang udah 2 hari kemarin sob hehehehehehe………….

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    • @Menone: Sy dengerin dr radio. Malang Selatan daerah Gedangan atau mana gitu. Msih #KrisisAir…
      Terus ada juga seorang penelpon yg mengabarkan gitu langsung dr Malang Selatan (tp di daerah yg cukup air)

  2. kapan ya turun hujan di daerah garut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: