Pertemuan Anak Cucu Simbah Buyut


Oleh-Oleh Lebaran, Pertemuan Anak Cucu Simbah Buyut

Lebaran tahun ini (2011 M / 1432 H), ada beberapa acara yang kuhadiri yang tidak biasanya. Salah satunya adalah acara pertemuan keluarga besar Bani Haji Hasyim di desa Tinawas, Rembun, Nogosari. Pertemuan ini memang baru pertama kali diadakan atas inisiatif simbah saya pada lebaran tahun ini. Sebelum-sebelumnya, pertemuan keluarga besar Bani Haji Hasyim belum pernah diadakan. Anak cucu Bani Haji Hasyim hanya  menghadiri pertemuan keluarga besar H Fadhil. Fadhil adalah kakek Hasyim.

Pertemuan bani Hasyim itu dimaksudkan untuk mengumpulkan dan menyambung silaturrahim diantara anak cucu mbah Hasyim yang masih hidup dengan memanfaatkan waktu libur lebaran. Hasyim sendiri memiliki 3 anak, terdiri dari 2 orang laki-laki dan seorang perempuan. Dari tiga orang tersebut melahirkan ratusan keturunan, termasuk aku dari jalur ibu.

Mbah Hasyim sendiri berasal dari desa Nglungge (Tegal Gondo ke barat) dan berprofesi sebagai petani. Mbah Hasyim bukan berasal dari keluarga kaya, hanya rakyat biasa. Bahkan anak-anaknya hanya satu yang sekolah. Mbah Hasyim hanya memiki satu orang istri bernama Marfu’ah.

Marfu’ah berasal dari desa santri di daerah dekat bandara Adi Sumarmo atau Waduk Cengklik. Desa yang dikenal dengan Tanjungsari. Marfu’ah berasal dari keluarga yang cukup kaya dan terpandang dan dari trah keluarga santri yang memiliki pondok pesantren kecil.

Banyak manfaat dari pertemuan keluarga besar bani haji Hasyim lebaran tahun ini. Salah satunya adalah kami menjadi lebih saling mengenal dan memupuk rasa solidaritas terhadap sesama kerabat agar senantiasa saling memperhatikan, menyayangi, dan mengasihi. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, akan diadakan pertemuan seperti ini secara rutin setiap tahun namun dilaksanakan pada libur akhir tahun ajaran sekolah (bukan libur lebaran).

Kami, anak cucu mbah Hasyim, hanya bisa berdoa kepada Allah agar beliau diampuni dosa-dosanya dan dimasukkan ke dalam Jannah bersama para nabi, sholihin, shahabat, & mujahidin. Amin.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: