Kenangan Romadhon


Kenangan Romadhon

Sungguh indah kenangan kita -kaum muslimin- pada bulan Romadhon. Kitab kita yang agung –Al Quran- diturunkan pada bulan Romadhon. Bulan Romadhon ialah bulan yang diturunkan permulaan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk itu dan pembeda. Kitab suci kita diturunkan pada bulan Romadhon. Kenangannya adalah kenangan terindah, hari-harinya abadi sepanjang zaman.

Al-Qur’an yang mulia diturunkan kepada utusan yang ummi, untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Setiap kali Romadhon tiba, kita terkenang kembali dengan pemberian agung ini dengan diturunkannya Al Quran yang penuh hikmah kepada Rasul yang mulia.

Allah subhanahu wa ta’ala berfiman dalam Surat Fushilat ayat 42, ”Yang tidak datang kepadanya (Al Qur’an) suatu kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.”

Pada bulan Romadhon, kita peroleh kemenangan dan mengalahkan kebatilan. Kita usir kekufuran dalam perang Badar Al-Kubra. Dalam bulan Romadhon, Rasulullah bersama kaum muhajirin dan kaum anshor memperoleh kemenangan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, ”Sungguh Allah telah menolong kamu dalam Peperangan Badar, padahal kamu (ketika itu) orang-orang yang lemah.Karena itu bertawakallah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.” (QS. Ali ‘Imran: 123).

Islam mengalahkan kekufuran pada bulan Romadhon. Kalimat Tauhid berkibar tinggi pada bulan Romadhon. Kekufuran dipukul mundur pada bulan Romadhon, pada hari bertemunya dua pasukan. Perang Badar Al-Kubra terjadi pada tanggal 17 Romadhon. Setiap tanggal itu datang menjenguk kita, ia mengingatkan kita akan perang yang penuh berkah. Dalam bulan Romadhon juga terjadi penaklukan kota Mekah. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, Sungguh Kami telah memberi kemenangan kepadamu dengan kemenangan yang nyata.” (QS. Al-Fath: 1).

Rasulullah shallalahu ’alihi wa sallam telah menaklukkan hati dengan Al Quran yang mulia pada bulan Romadhon. Maka bertemulah dua kemenangan. Iman yang memperoleh kemenangan. Al Quran menjulang tinggi. Partai Allah pun menang. Beberapa peperangan kaum muslimin terjadi pada bulan Romadhon. Dan kemenangan-kemenangan abadi kaum muslimin juga diperoleh pada bulan Romadhon.

Di antara kenangan kita pada bulan Romadhon adalah bahwa malaikat pembawa wahyu, Jibril ‘alaihissalam, menurunkan wahyu kepada Rasul kita Muhammad shollolohu ’alihi wa sallam pada bulan yang mulia ini, mengajarinya, menelaah bersama Rasulullah ayat-ayat yang nyata pada bulan Romadhon, mengokohkan hafalannya, mengkaji bersamanya hikmah-hikmah yang agung dari ayat-ayat yang mulia, memperindah bacaan Al Quran bersama Rasulullah. Mereka berdua melaksanakan ibadah teragung, taqarub yang paling mulia dan berada pada majelis yang terbaik.

Di antara kenangan kita pada bulan Romadhon ialah berkumpulnya generasi Muslim pertama (para sahabat) untuk melaksanakan sholat tarawih. Mereka menyimak bacaan satu imam yang melantunkan ayat-ayat Allah. Mereka menyimak dengan khusyuk seraya menangis dan merenunginya.

Malam terasa panjang atas mereka, dan mereka memendekkannya dengan sholat/ibadah malam. Bila engkau melihat, air mata mereka mengalir bercucuran di pipi. Kekhusyukan terpatri kokoh dalam hati dan mereka berada dalam keadaan berdiri, sujud, dan ruku’.

Bila engkau lihat, air mata mereka mengalir dengan deras, hela nafas meninggi, dan mereka menjerit ke hadapan Rabb langit dan bumi. Bila engkau lihat, hati mereka merasa takut, kulit mereka merinding ketakutan, mata mereka basah oleh air mata.

Di antara kenangan kita pada bulan Romadhon ialah bahwa ia bulan saat pintu-pintu surga dibukakan, pintu neraka dikunci, setan-setan dibelenggu. Inilah kenangan yang paling manis, saat seorang mukmin diharamkan masuk neraka pada neraka pada bulan yang mulia ini. Rayuan setan dijauhkan darinya pada hari-hari yang penuh berkah ini. Kemudian, setiap orang yang berpuasa pada bulan ini, mempunyai dua kegembiraan, bergembira pada saat berbuka dan saat bertemu dengan Rabb-nya Yang Maha Tinggi.

Setiap kali bulan ini datang menjenguk, kegembiraannya muncul kembali. Jiwanya semakin bertambah cerah dan ceria bersama dengan kehadiran Romadhon.

Bulan Romadhon adalah pembersih dosa antara ia dengan bulan Romadon sebelumnya. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallalahu ’alihi wa sallam dalam hadits sohih, ia adalah bulan yang membawa ingatan yang mulia bagi setiap muslim saat ia tahu bahwa bulan ini menghapus segala dosa dan kesalahan yang ia perbuat. saat ia tahu bahwa bulan ini menghapus segala dosa dan kesalahan yang ia perbuat.

Romadhon adalah bulan para fakir dan miskin. Pada bulan ini mereka memperoleh kedermawanan dan pemberian dari orang-orang kaya. Banyak diantara mereka yang merasa bahagia pada bulan ini dan anugerah Allah lewat tangan-tangan orang yang dermawan.

Dalam sebuah hadits, Rosulullah shallalahu ’alihi wa sallam bersabda, “Sungguh di surga ada satu pintu yang disebut Royyan. Dari pintu itulah orang-orang yang berpuasa masuk. Dan bila mereka telah masuk, pintu itupun ditutup sehingga orang lain tidak dapat masuk”

Bulan kebahagiaan dan kemuliaan telah datang kepadamu

Sambutlah ia dengan kenangan yang paling indah

Wahai musim ampunan, engkau beri kami anugerah

Engkau adalah angan-angan wahai zaman amalan shaleh

Ya Allah, kembalikanlah Romadhon kepada kami, pada hari-hari kami, pada tahun-tahun kami yang panjang dalam baju kebajikan. Dan berilah kami kesempatan untuk memperbaharui taubat kami. Amin yaa Robbal ‘aalamiin.

Diringkas dengan sedikit perubahan dari buku Tsalaatsuna Dirasan Li Ash-Shaaimiina (30 Renungan Romadhon) karya Dr. ‘Aidh Abdullah Al-Qarni, Penerbit Pustaka Al-Kautsar Jakarta, 2008. (Voice: M. Nasir Sang Pemuda Gua)

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”


Iklan

6 Tanggapan

  1. mudah2an ramadhan ini lebih baik dr ramadhan kmrn T_T

  2. mudah2an keberkahan ramadhan bsa kita raih secara optimal mas..

  3. selamat menjalankan ibadah puasa~ 🙂

  4. pendengar rdsfm juga to

    • oya, nanya donk cara ngrekam streaming radio caranya gmn?mksh

      • @Himmah: iya

        itu bukan ngrekam. tp Janjian sm yg produksi. 😀
        Temen d rds ngirim file rekamannya, sy ngedit2 tulisan2nya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: