Maling-Malingan (Mencari Jejak)


Maling-Malingan (Mencari Jejak)

Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok. Masing-masing anggota satu kelompok setidaknya minimal ada 4-5 orang. Kelompok pertama bertugas sebagai maling atau pihak yang dikejar. Sementara pihak yang lain adalah yang bertugas sebagai polisi atau yang mengejar atau yang mencari jejak. Anehnya, kebanyakan anak-anak masa itu lebih suka menjadi pihak yang dikejar alias maling. Hehehe.
Untuk menentukan siapa maling dan siapa polisinya, biasanya diawali dengan undian pingsut oleh perwakilan masing-masing kelompok. Jika telah ditentukan masing-masing kelomok yang menjadi polisi dan malingnya, maka kelompok yang jadi maling harus mencari tempat persembunyian yang dirasa paling aman. Hanya saja, para gerombolan maling ini harus meninggalkan jejak berupa panah disetiap jalan yang dilaluinya. Dengan kapur, arang, atau batu bata digambarlah tanda panah untuk memberi petunjuk kepada kelompok polisi. Bisa di dinding, pohon , maupun perempatan yang dilaluinya. Gambarnya dibuat tidak terlalu gamblang, biar tidak mudah ditemukan oleh lawan. Jika berada di persimpangan jalan, si maling boleh memberikan pilihan opsional empat arah mata angin untuk menghambat pengejaran para polisi.

Selama gerombolan maling mencari tempat persembunyian, kelompok polisi menunggu di markas sekitar 5 menit sambil menghitung angka 1 sampai 50 atau malah sampai angka 100 tergantung kesepakatannya. Semakin luas area persembunyiannya dibutuhkan waktu yang lebih lama dalam menghitung.

Saatnya kelompok polisi mencari jejak gerombolan maling untuk menangkapnya. Setiap tanda panah yang sudah dilewati harus disilang agar tidak dilewati lagi untuk yang kedua kalinya. Dan, bila sudah tertangkap maka gerombolan maling harus berjaga dan menjadi kelompok polisi demikian berganti-ganti. Tetapi, bila kelompok polisi tidak berhasil menemukan gerombolan maling dan menyatakan menyerah, maka permainan dapat diulang lagi dan gerombolan maling dapat ngumpet lagi untuk kedua kalinya.

Gerombolan maling bisa dikatakan menang secara gemilang, bila seluruh anggota gerombolannya dapat sampai di markas tanpa ketahuan oleh kelompok polisi. Teman-teman akan tertawa kegirangan bila dapat mempencundangi kelompok polisi. Dan inilah salah satu motivasi kebanyakan anak-anak masa itu kenapa lebih suka memilih menjadi maling, termasuk aku. 😀
Sebaliknya, jika menjadi bagian dari kelompok polisi, yang paling menantang adalah mencari jejak di perempatan. Nah, sisitu kita harus nentuin dan menebak kemana gerombolan maling itu bersembunyi. Apakah ke utara, ke timur, ke selatan atau ke barat ? Kita juga harus pintar-pintar mengatur strategi. Kalau saya pas ada di kelompok polisi. Malingnya harus tertangkap.

Begitulah kira-kira permainan maling-malingan atau mencari jejak di kampungku dulu dilakukan (jika salah mohon koreksinya..). Area permainan bisa lintas dusun, kampong, atau desa. Kira-kira, apakah permainan ini masih eksis sampai sekarang ya bro/sist?

Sepertinya, dengan bergesernya waktu dan perkembangan jaman yang serba canggih dan instan saat ini sepertinya telah membuat permainan-permainan sederhana penuh makna ini tersingkir jauh. Semoga permainan-permainan seperti ini masih terus eksis di era IT ini.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

6 Tanggapan

  1. sebaiknya permainan2 tradisional itu kita lestarikan, aku berencana thn ini dlm rangka memperingati HUT RI mau meng-agendakan perlombaan permainan tradisional salah satunya betengan, dan gobak sodor ( go back to door)

    • @Anang: Sipppppppppppppppppppp
      tp khan pas puasa2 om

      :-s

  2. permainan tradisional sebenarnya bisa dikemas apik.. Untuk membuat minat anak jaman sekarang..

    • @Adi: Skrg dah ada jg beberapa aplikasi modern untuk permainan tradisonal

  3. coba dikolaborasikan aja mas, tradisional digabung dengan modern.. 😀

    • @Mabruri: kayaknya sih udah ada. bbrp aplikasi HP yg smartphone sdh ada yg bikin versi games hp nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: