Gedung Merdeka Bandung


Gedung Merdeka Bandung

Gedung Merdeka Bandung

Gedung Merdeka Bandung

Foto di atas sebagaimana tulisan yang dapat dibaca, merupakan gedung yang bernama Gedung Merdeka Bandung. Namun aku lebih suka menyebutnya dengan gedung KAA (Konferensi Asia Afrika). Kusebut gedung KAA karena memang di gedung itulah pernah diselenggarakan sebuah konferensi internasional yang dikenal dalam buku sejarah Indonesia sebagai Konferensi Asia-Afrika. Aku menyempatkan diri untuk memotret gedung itu saat beberapa waktu silan ditugaskan oleh kantor untuk mengikuti kegiatan di Hotel Preanger – Bandung.

Gedung merdeka ini sendiri terbilang bangunan kuno atau tua karena ia dibangun pertama kali pada tahun 1895. Hanya saja, nama bangunannya saat itu disebut dengan gedung Sociëteit Concordia. Concordia adalah nama sebuah klub untuk elite kolonial era 1800-an di seantero Hindia Belanda. Di Indonesia (dulu dikenal dengan istilah Hindia) perkumpulan ini berada di sejumlah kota besar. Para anggotanya terdiri dari para politisi, perwira militer, para pegawai perkebunan, perwira, pembesar, hingga pengusaha. Selain di Bandung, Concordia juga terdapat di Surabaya, Batavia (Jakarta), dan Malang. Namun diantara gedung-gedung Sociëteit Concordia itu hanya gedung yang di Bandung dan Surabaya saja yang masih bertahan. Sedangkan Di dua kota lainnya sudah runtuh.

Kembali ke gedung Sociëteit Concordia Bandung, bangunan itu selanjutnya direnovasi pada tahun 1926 oleh Wolff Schoemacher, Aalbers dan Van Gallen. Pada hari libur, terutama malam hari, gedung ini dipenuhi oleh anggota klub Concordia untuk berdansa-dansi, menonton pertunjukan kesenian, atau sekedar makan malam.

Tahun 1985 Sumber Gambar: Museum KAA

Tahun 1985 Sumber Gambar: Museum KAA

Woff Schoemacher sendiri adalah arsitek berkebangsaan Belanda yang lahir di Banyu-Biru (Semarang). Beberapa bangunan bersejarah di Bandung yang merupakan hasil karyanya antara lain Gereja Katedral di Jln. Merdeka, Gereja Bethel di Jln. Wastukencana, Masjid Cipaganti, Bioskop Majestic, Hotel Preanger, Villa Isola, dan Gedung PLN Bandung. Ir. Soekarno merupakan salah satu muridnya saat di ITB.

Gedung Sociëteit Concordia Bandung di masa pendudukan Jepang dinamakan Dai Toa Kaman dengan fungsinya sebagai pusat kebudayaan. Kemudian setelah proklamasi, oleh para pemuda Bandung gedung ini digunakan sebagai markas pemuda Indonesia guna mempertahankan proklamasi.

Tahun 1921 Sumber Gambar: Museum KAA

Tahun 1921 Sumber Gambar: Museum KAA

Setelah pemerintahan Indonesia mulai terbentuk (1946 – 1950) yang ditandai oleh adanya pemerintahan Haminte Bandung, Negara Pasundan, dan Recomba Jawa Barat, Gedung Concordia dipergunakan lagi sebagai gedung pertemuan umum. disini biasa diselenggarakan pertunjukan kesenian, pesta, restoran, dan pertemuan umum lainnya.

Baru kemudian pada tahun 1954, setelah Bandung ditetapkan sebagai tempat Konferensi Asia Afrika, maka Gedung Concordia dipilih sebagai tempat konferensi tersebut. Pada saat itu Gedung Concordia adalah gedung tempat pertemuan yang paling besar dan paling megah di Kota Bandung. Lokasi nya pun sangat strategis di tengah-tengah Kota Bandung karena dekat dengan hotel Hotel Savoy Homann dan Hotel Preanger. Dan sekarang, gedung itu menjadi museum yang sepertinya jarang dikunjungi.

Bahan bacaan: Wikipedia dan berbagai sumber lainnya.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

2 Tanggapan

  1. belum pernah ke bandung… 😦

    • @Mabruri: kpn2 lah gitu ke Bandung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: