Bertafakur di Toilet


Berapa Tahun Kamu di Kamar Mandi?

Tadi, waktu aku (maaf) buang air besar (BAB) di toilet, sambil buang hajat aku membayangkan dan merenungi akan suatu hal dalam hidup ini. Suatu hal yang kumaksud itu adalah waktu. Di dalam kamar kecil toilet itu aku membayangkan berapa lama aku kira-kira menghabiskan waktu di dalam toilet jika dihitung seumur hidup.

Lalu aku coba menghitung dengan kasar. Kuhitung-hitung waktu yang kuhabiskan di kamar toilet untuk BAB. “Kurasa sekitar 15 menit rata-rata.” Selanjutnya kucoba hitung berapa waktu yang kubutuhkan saat buang air kecil (BAK) di toilet. Kurasa sekitar 2 menit. Lalu terakhir, kuperkirakan waktu yang kubutuhkan saat mandi di kamar mandi sekitar 15 menit.

Dalam sehari, rata-rata aku ke toilet atau kamar mandi untuk BAB dua kali. Sementara untuk mandi aku ke kamar mandi dua kali juga. Sedangkan kalau ke kamar kecil untuk BAK mungkin bisa 6 kali sehari. Jadi, jika kuhitung-hitung sehari aku menghabiskan waktu total sekitar 1 jam 12 menit di dalam kamar mandi / toilet.

Perhitungannya:

BAB 2 x @ 15 menit = 30 menit

BAK 6 x @ 2 menit = 12 menit

Mandi 2 x @ 15 menit = 30 menit

Jika sehari saja aku telah menghabiskan waktu 1 jam lebih 12 menit di dalam kamar mandi / toilet, berarti satu pekan aku menghabiskan waktu 7 jam 84 menit atau 8 jam 24 menit. Dengan asumsi 1 bulan sama dengan 30 hari, maka sebulan aku menghabiskan waktu selama 30 jam 360 menit atau 36 jam. Dan jika diasumsikan setahun itu sama dengan 365 hari, maka tak kusangka aku telah menghabiskan waktu di kamar mandi 365 jam lebih 4380 menit atau 438 jam. Jika dikonversikan dalam hitungan hari, maka 438 jam equivalent dengan 18,25 hari. Dalam setahun, ternyata aku tidak menyangka telah menghabiskan waktu selama lebih dari setengah bulan di dalam kamar kecil / kamar mandi.

Lebih kaget lagi aku yang hingga saat ini telah hidup selama lebih dari 25 tahun di dunia ternyata telah menghabiskan waktu di kamar mandi selama 456,25 hari. Setahun lebih artinya aku menghabiskan waktu di kamar mandi / toilet. Satu seperempat tahun aku menghabiskan waktuku untuk berada di kamar mandi / toilet, bahkan bisa lebih dari itu jika dihitung dengan benar-benar. Luar biasa.

Memang benar firman Allah dalam Al Quran, “Demi waktu, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian….” Semoga dalam waktu yang selama itu dalam aktivitas yang ‘kotor’ dan sepele seolah tak ada gunanya itu, aku masih berharap Allah memberikan keberkahan-Nya Amiiin. Tak ada gunanya kurasa jika waktu yang selama itu habis begitu saja tanpa ada nilainya di mata Allah SWT.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

8 Tanggapan

  1. Nah mari manfaatkan waktu BAB itu dengan membaca koran atau buku. 🙂

    • @Asop: hayah…. lumayan ide bagus.
      dulu sering gitu… 😀
      lumayan dpt bbrp halaman atau lembar

  2. Wooww,, kreatif mas itung2annya….
    kalau saya bisa lebih tuh dari 5 menit kalau BAB,, kadang saya juga sering nyari inspirasi lho saat di WC.. hehehe….

    salaam

    • @Mabruri: Hahahahaha. trus hasil inspirasinya apa nih?

      salam balik.

  3. Wow… padahal Ida bisa ampek satu jam loh di sana. Klo gak sambil fesbukan ya bawa bacaan. Kadang ibu sama saudara” ampek bilang, ‘Ida dibuatin kamar di toilet aja sekalian. Kekekekek…

    Ida R

    • @Ida: ckckckckckck
      brati di kamar mandi sama di mushola lama di kamar mandinya ya? :-s

  4. Untuk mengisi waktu tersebut, selain baca koran kira2 bisa apa lagi ya waktu di toilet.

  5. wc kantorku masih dalam jangkauan wifi, bisa update status 😀

Tinggalkan Balasan

