Obat Pilek


Obat Pilek Tremenza

Obat Pilek Tremenza

Obat Pilek

Hari ini aku kena pilek. Dari lubang hidung, berkali-kali kurasakan ada yang meler. Rasanya tidak nyaman. Sepertinya, pilek-ku ini karena tertular salah seorang anak SMK yang Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kantor. Selama beberapa hari, siswa PKL itu emang pilek cukup berat dan sempat batuk pula. Jadi, sepertinya aku pilek karena tertular olehnya.

Karena merasa kurang nyaman seharian sentlap-sentlup (bahasa Indonesianya aku tidak tahu), aku ke dokter kantor minta obat. Oleh sang dokter, aku diberi dua jenis obat. Obat pertama adalah anti-biotik dan satunya lagi obat pilek.

Anti biotik yang diberikan untukku adalah obat merk Fixef Cefixime 100 jenis kapsul produksi PT. Dankos Farma. Anti biotik ini berfungsi untuk meredakan gejala gatal-gatal di tenggorok (radang tenggorokan). Oleh dokter, aku diminta minum obat ini 2x sehari dengan satu kapsul. Sebagaimana aturannya, anti biotik ini harus dihabiskan.

Antibiotik sendiri dibuat sebagai obat derivat yang berasal dari makhluk hidup atau mikroorganisme, yang dapat mencegah pertumbuhan atau membunuh mikroorganisme lain. “Antibiotik diperoleh dari hasil isolasi senyawa kimia tertentu yang berasal dari mikroorganisme seperti jamur, actinomycetes, bakteri. Hasil isolasi tersebut dikembangkan secara sintetik kimia dalam skala industri,” kata Budiawan dari Pusat Kajian Risiko dan Keselamatan Lingkungan (PUSKA RKL) Universitas Indonesia (source).

Sementara untuk obat pilek (influenza)-nya, aku diberi obat merek Tremenza jenis pil produksi Sanbe. Oleh dokter, aku diminta meminumya sebanyak 1 pil 3x sehari. Berdasarkan hasil googling, diterangkan bahwa Tremenza merupakan kombinasi antara Pseudoefedrin suatu dekongestan nasal dan Triprolidin suatu antihistamin.

Pseudoefedrin adalah suatu amin simpatonnimetik yang bekerja pada reseptor alfa-adrenergik dalam mukosa saluran pernafasan sehingga menghasilkan vasokonstriksi. Senyawa ini juga untuk sementara mengurangi pembengkakan karena inflamasi pada membran mukosa sehingga melancarkan jalan nafas pada hidung. Kerjanya pada pembuluh darah saluran pernafasan bagian atas lebih spesifik dibandingkan dengan pembuluh darah sistemik.

Tremenza memiliki kontra-indikasi tertentu sehingga jangan digunakan untuk penyakit saluran nafas bagian baWah termasuk asma. Selain itu, Tremenza juga memiliki efek samping berupa: mulut, hidung dan tenggorokan kering; sedasi, pusing, gangguan koordinasi, tremor, insomnia, halusinasi, tinitus; dan zat antihistamin-nya dapat menyebabkan pusing, rasa kantuk, mulut kering, penglihatan kabur, rasa letih, mual, sakit kepala atau gelisah.

Tulisan kali ini itu dulu, aku mau minum obatnya dulu. :d bismillahirrahmanirrahim.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

11 Tanggapan

  1. semoga cepet sembuh yaaa… ternyata dokter ama pasien lebih pinter pasien-nya hehehe 🙂

    • @Yuni: Hehehe. terima kasih… alhamdulillah, sepertinya skrg sudah sembuh …..

      ya tete[p pinter dokternya dong…

  2. semoga cepat sembuh ya..

    • @Umiabie: Amiiiiiiiiiiiiiiin. terima kasih umiabie..

  3. kalau evi malah gak pernah minum jika sakitnya belum parah 😀

    • @Saptri: Sy gitu itu juga karena pengobatan ditanggung kantor Ev…. kalo misal suruh beli sendiri juga bakal tak biarin saja.. 😀

      • dasar 😛
        terus kalau penyakit nya parah tapi gak ditanggung dokter, dibiarin juga? hahaha ada2 saja mas

  4. Pilek itu enggak ada obatnya, Mas..
    Flu itu kan penyakit karna virus, virus enggak bisa dibunuh..
    Beda sama bakteri lho.

  5. tremenza obat dokter kayanya, ga dijual di toko obat

  6. kalau gue minum vitamin c kalau flunya belum parah

  7. makash sharingnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: