Inilah Selera Orang Indonesia…


Film Bioskop Terlaris 2011

Film Bioskop Terlaris 2011

Inilah Selera Orang Indonesia…

Pemuda adalah tiang negara. Demikian sebuah ungkapan yang pernah kudengar dari pelajaran sekolah yang tidak kuketahui sumbernya. Banyak benarnya ungkapan tersebut. Maju mundurnya masa depan sebuah negara memanglah tergantung dari pemudanya. Jika pemudanya baik, maka insya Allah masa depan negaranya akan baik. Begitupula sebaliknya.

Lalu, bagaimana kita mengukur generasi pemuda kita hari ini? Salah satu ukuran kecil dalam melihat karakter atau selera pasar masyarakat Indonesia (khususnya kalangan pemuda) khususnya yang tinggal di perkotaan bisa dengan melihat apa yang ditontonnya. Sekali lagi, ini hanya ukuran kecil saja.

Berdasarkan data statistik yang diusung oleh http://filmindonesia.or.id/ (akses tanggal 13 April 2011 pk. 16.30), kuperoleh data jumlah penonton film bioskop pada tahun 2011 berikut ini:

  • Arwah Goyang Karawang 706.099
  • Pocong Ngesot 358.317
  • Kalung Jelangkung 286.878
  • Love Story 283.337
  • Virgin 3: Satu Malam Mengubah Segalanya 279.585
  • Pelukan Janda Hantu Gerondong 251.361
  • Dedemit Gunung Kidul 168.893
  • Jenglot Pantai Selatan 157.292
  • Baik Baik Sayang 100.000 (perkiraan)
  • Skandal 99.969

Bagaimana kira-kira komentar anda membaca realita statistik di atas? Sepuluh besar film dengan penonton tertinggi pada tahun ini (2011) diisi oleh 6 film bertema horor (berbau se*), dua film mengandung bau se* dan dua film sisanya bersekmentasi remaja. Mau dibawa kemana pemuda bangsa ini?

Barangkali ini bukan salah para penontonnya. Para penonton mungkin tidak punya alternatif pilihan tontonan karena hanya tema-tema itu saja yang tersaji di hadapannya. Namun si produser film berdalih, kalau bukan karena banyaknya penonton, tidak mungkin dibuat film bertema-tema ‘gitu-gitu’ saja. Huft.

Seperti judul di atas, inilah selera orang Indonesia…… Lalu, mau dibawa kemana bangsa kita ini???

 

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

14 Tanggapan

  1. si Pocong Ngesot,tak ada yang bs saya petik ilmu dari aksinya.!

    • @Situs: ilmu ngesot mas.. 😀

  2. mutu yang harus terus dipertanyakan. dan pesan moral yang dicari penonton yang perlu dipertanyakan lagi

    • @Guru Rusydi: hehehehe…. itupun kalau msh ada….

  3. *ngakak* gak da yang bener yah, filmnya gak da yang mutu juga dari judulnya juga, itu kasian yah Pocongnya udah loncat ngesot pula, heu :nohope

    • @Desita: Iya ya.. pocong kok ngesot… gmn ceritanya tuh? 😀

  4. berhubung aku tinggal di desa nun jauh di mata… ya gak bisa update film baru, kalo pun ada, gak lha, mendingan aku liat acara kuliner atau spongebob aja… wkakakkaka…

    • @Prima: emang desa mana ?
      desa kok dah ada akses internet? 😀

  5. Sepertinya kebanyakan penonton kita lebih senang tontonan yang bisa menguras emosi yah seperti hantu dan cinta2an.

    • @Ann: Sy khawatirnya TONTONAN menjadi TUNTUNAN sementara TUNTUNan menjadi TONTONAN…
      na’udzubillah deh…

  6. hmm, lalu solusi apa yang paling tepat untuk mengatasi ini Mas?

    btw, Saya percaya masih banyak pemuda baik seperti Mas Fikri dan kawan-kawan. Yang mampu mengantarkan bangsa ini lagi ke puncak kejayaannya. Mari bersama membangun bangsa.

    • @Ahmad: He3x. klo bisa bikin film, ya mari kita bikin film
      dan tentu klo punya duit…
      😀
      klo gak punya, solusinya kita jangan ikut2an nonton, itu langkah termudahnya

  7. yaa aku ga pernah nonton film2 horor, jadi aku ga bisa comen apa2.. thanks..

    • @Umiabie: Lho emang ini gak bahas film horor kok, in bahas film yg terlaris di Indonesia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: