Berhati-hatilah Dengan April Mop !


Berhati-hatilah Dengan April Mop !

Bulan Maret sudah usai, dan pada hari ini kita memasuki bulan April. Tepatnya tanggal 1 April 2011. Ada sebuah budaya jahiliyah yang sampai saat ini masih bertahan dan sengaja dipertahankan. Orang menyebutnya April Mop. April Mop sendiri adalah hari di mana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi mereka pelestari tradisi ini, maka hari ini adalah hari para pendusta berkumpul dan menyebar kedustaan (HOAX). Tapi tahukah Anda apakah April Mop itu sebenarnya?

Menurut Wikipedia, April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet dengan banyak menyebar HOAX.

Bahasa pemograman PHP pun merayakan April Mop ini dengan mengganti logo php pada setiap page ‘php info’. Perhatikan logo PHP pada php info, setiap tanggal 1 April, logo tersebut akan berubah menjadi gambar-gambar lain yang lucu, misalnya gambar anjing, gambar drakula, dan gambar Batman dll (Baca: Wikipedia).

Dibalik tradisi April Mop itu, aku membaca sebuah keterangan dari Eramuslim bahwa di balik April Mop, ternyata ada hidden story sekaligus hidden misson-nya. Eramuslim menginformasikan bahwa tradisi April Mop berkaitan dengan sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H. Saat itu Granada merupakan daerah terakhir di Spanyol yang ditaklukkan oleh pasukan Salib. Setelah seluruh Granada terkepung dan diduduki, sipil Muslim bertahan dan bersembunyi di rumah mereka masing-masing. Kemudian tentara Salib mengumumkan bahwa mereka akan membiarkan seluruh Muslim Granada keluar dari Spanyol dengan menaiki kapal-kapal yang telah mereka siapkan di pelabuhan.

Singkat cerita sebagian besar Muslim Granada mempercayai janji itu, dan mereka keluar dari rumah-rumah mereka beriringan menuju pelabuhan, sesampainya di pelabuhan, ternyata kapal-kapal yang di janjikan ditenggelamkan oleh pasukan Salib lalu seluruh kaum Muslim yang berjumlah ribuan orang di bantai habis berserta Muslim lain yang bertahan di rumah-rumah mereka yang dibakar. Semenjak itu, diperingatilah 1 April sebagai April Mop.

Diantara kedustaan-kedustaan yang terkenal saat April Mop antara lain: Menara Pisa yang dikabarkan ambruk pada tahun 1950. Saat itu, sebuah berita televisi orang Belanda pada tahun 1950 melaporkan bahwa Menara Pisa telah terjatuh. Banyak orang terkejut dan segera menghubungi stasiun. Contoh-contoh kebohongan lain silakan klik di sini.

Namun ada juga kejadian-kejadian fakta yang terjadi pada tanggal 1 April namun masyarakat menganggapnya hanya sekedar lelucon dan bohongan. Diantaranya kejadian:

Pada 1 April 1946, tsunami gempa Pulau Aleutian membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.


So, berhati-hatilah kawan dengan April Mop. Jangan lagi dilestarikan budaya dan tradisi seperti ini. Lihatlah kejadian di Hawai itu sebagai pelajarannya dan perhatikan ancaman Allah terhadap orang-orang yang menyebarkan berita bohong. “….Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.” (An Nur (24):11)

Source:

Eramuslim

Wikipedia

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

12 Tanggapan

  1. BAgi kita umat muslim, mau 1 april ato nggak, kalo bohong ya tetep dosa! 😡

    • @Asop; iya Sop… Betul Sekali !!!

  2. Sudah lupakan saja, enggak ada April Mop-mopan.. 🙂

    • @Gie: LIKE THIS Mas GIE !!

  3. Klo aku gak begitu tertarik dengan April Mop ato Mei Mop… Mbuhlah, menurut ku gak penting… tapi aku juga baru tau sejarahnya April Mop… thanks for infonya 🙂

    • @Yuni: iya mbak. sy pun jg br tahu latar belakang versi lainnya itu :-s
      makanya langsung saja ak share…

  4. wah jangan percaya deh bikin sengsara tuh

    • @Ardi: jangan percaya yg mana nya nih pak?

  5. wah kok berbohong dibolehkan…

    • @Wati: parah emang tuh.. :-s
      >.<

  6. Mantap Gan… 😆 Bantu Sundul Gan.. 😆

    • @Zidni: Sip… Up Up Up

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: