Apa yang Terjadi di Bulan Maret Sepanjang Sejarah…?


Apa yang Terjadi di Bulan Maret Sepanjang Sejarah…?

1 Maret

Indonesia merebut Yogyakarta dari Belanda yang dikenal dengan Serangan Oemoem 1 Maret 1949.

3 Maret

Kesultanan Utsmaniyah di Turki dijatuhkan oleh pihak yang dipimpin Mustafa Kemal At Taturk.

6 Maret

Dmitri Mendeleev mempersembahkan Tabel Periodik Unsur (TPU) pertama kepada Badan Kimia Rusia. Pada tahun 1869.

Maret

Gedung DPR/MPR RI didirikan di Jakarta pada tahun 1965

9 Maret

Belanda di Indonesia menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada tahun 1942.

10 Maret

Alexander Graham Bell – penemu telepon- melakukan panggilan telepon pertamanya yang berhasil (1876).

Gempa Bumi 8,9 M & Tsunami Menghantam Jepang Tanggal 11 Maret 2011

Gempa Bumi 8,9 M & Tsunami Menghantam Jepang Tanggal 11 Maret 2011

 

11 Maret

Presiden Soekarno mengeluarkan Supersemar, yang isinya memberikan mandat kepada Mayjend Soeharto untuk mengendalikan keamanan di Indonesia pada tahun 1966.

UNS BERDIRI

Universitas Sebelas Maret berdiri pada 11 Maret 1976, yang awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta. Pengabungan beberapa perguruan tinggi tersebut, mempunyai satu tujuan yang besar, yakni meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Surakarta.

TSUNAMI MENGHANTAM JEPANG JEPANG

11 Maret 2011 Tsunami menghantam Jepang.

14 Maret

Muhammad Hatta Meninggal

Bung Hatta Wapres Pertama RI meninggal pada tanggal 14 Maret 1980 di Rumah Sakit Dr. Tjipto Mangunkusumo, Jakarta, pada usia 77 tahun dan dikebumikan di TPU Tanah Kusir pada tanggal 15 Maret 1980.

15 Maret
Julius Caesar dari Republik Romawi tewas ditikam oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi pada tahun 44 SM.

19 Maret

Nike Ardilla Tewas

Ia meninggal pada tanggal 19 Maret 1995, pukul 06:15 WIB. Ia meninggal akibat sebuah kecelakaan mobil. Mobil Honda Civic yang dikendarainya menghantam beton di pinggir jalan kota Bandung.

25 Maret

Perjanjian Linggajati

Tanggal 25 Maret 1947, tepat 61 tahun yang lalu ditandatanganilah dokumen persetujuan Linggajati. Tempat penandatanganan di istana Rijswijk (sekarang istana negara).

Sejumlah undangan berdatangan, tampak hadir Jenderal Spoor panglima tentara Hindia Belanda, van Mook sebagai Letnan Gubernur Jenderal, para anggota Komisi Jenderal minus de Boer(terdiri hanya Prof.Schermerhorn dan van Poll, karena de Boer yang mengundurkan diri). Terlihat pula para tamu undangan, para duta besar negara sahabat, pejabat Hindia Belanda dan para petinggi negara-negara federal.

Dari pihak Indonesia, selain delegasi Indonesia lengkap terdiri Perdana menteri Sutan Sjahrir, Mr Mohammad Roem, Dr AK Gani, Mr Soesanto Tirtoprodjo dan para pejabat pendamping seperti Mr Amir Sjarifoedin, Dr Leimena, Dr Soedarsono dan sekretaris Mr Ali Boediardjo. Juga tampak H.Agus Salim. Dimuka, dipasang meja besar tempat para delegasi duduk dan siap menandatangani dokumen. Adalah Rosihan Anwar, wartawan yang saat itu ditugaskan untuk bertindak sebagai penyiar radio RRI. Rosihan dengan piawainya menyampaikan kepada publik pandangan mata jalannya upacaramelalui corong radio.

Sedangkan dari pihak radio Belanda di Batavia, bertindak Al-Mesawa pejabat NICA yang ditugaskan dalam fungsi yang sama, tapi untuk siaran diperuntukkan kaum Belanda. Dalam pidatonya Bung Sjahrir antara lain berkata : “Dengan penandatanganan persetujuan Linggajati ini kita menyaksikan sebuah peristiwa yang besar artinya serta besar pula akibatnya”. Prof.Schermerhorn selaku ketua delegasi Belanda dan dr van Mook sebagai pimpinan Pemerintahan Hindia Belanda, juga memberikan sambutannya. Perjanjian gencatan senjata yang telah ditanda tangani pada tanggal 14 Oktober 1946, setelah pendatanganan dokumen 25 Maret ini, ternyata tidak berumur panjang. Pada tanggal 21 Juli 1947, Belanda memutuskan untuk tidak ada urusan lagi soal gencatan senjata itu dan melakukan Agresi Militernya yang pertama.

(Foto atas, saat Perdana Menteri Sutan Sjahrir, menandatangani dokumen dimaksud)

Source: sejarahkita.blogspot.com

Dimulainya Kekuasaan Dinasti Bourbon di Prancis

25 Maret tahun 1589, Raja Henry IV naik ke tampuk kekuasaan di Prancis mengawali pemerintahan dinasti Bourbon. Sebelumnya, silsilah keturunan Valois berkuasa di Prancis dari tahun 1328 hingga 1589. Setelah berkuasa selama 200 tahun, dinasti Bourbon harus rela menyerahkan kekuasaan kepada Napoleon Bonaparte. Raja Louise XVI yang merupakan penguasa terakhir Bourbon dihukum mati empat tahun setelah kemenangan revolusi Prancis.

Yunani Merdeka

25 Maret 1830, Yunani berhasil merebut kemerdekaannya dari imperium Ottoman. Selanjutnya, hari ini diseut sebagai hari nasional Yunani. Yunani merupakan salah satu pusat peradaban kuno. Seribu tahun sebelum kelahiran Al-Masih, Yunani telah memiliki tatanan kota dan negara yang rapi. Salah satu kota penting Yunani dalam sejarah adalah kota Athena dan Sparta. Namun pada tahun 338 sebelum masehi, Macedonia menguasai negeri ini. Satu abad kemudian, Yunani secara resmi menjadi bagian dari imperium Rumawi.

Sejak tahun 1456 hingga empat abad kemudian, Yunani jatuh ke tangan imperium Ottoman. Berkat dukungan sejumlah negeri di Eropa antara lain Prancis, Rusia, dan Inggris, bangsa Yunani melakukan pemberontakan untuk memisahkan diri dari pemerintahan Ottoman yang berbasis di Turki. Pemberontakan itu membuahkan kemerdekaan bagi Yunani. Pada abad ke-19, negeri ini menjadi ajang peperangan antar negara dan perang saudara. Tahun 1973, dengan dihapuskannya sistem kerajaan di negara ini, bentrokan dan perang saudara di Yunani berakhir. Yunani termasuk negara Balkan dengan luas wilayah 132 ribu kilometer persegi. Negara ini bertetangga dengan Turki, Bulgaria, Albania dan Macedonia.

MEE Berdiri

25 Maret 1957, para delegasi negara-negara Eropa menandatangani kesepakatan pembentukan organisasi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) di Roma. Dengan dibentuknya MEE, negara-negara Eropa mengikat kerjasama ekonomi yang lebih erat dengan menghapuskan tarif pajak serta memberikan kebebasan perdagangan, penanaman modal, dan pertukaran tenaga kerja antar negara anggota. MEE adalah langkah awal dari Uni Eropa yang dibentuk tahun 1992.

AS Tarik Pasukan dari Somalia

25 Maret 1994, AS terpaksa menarik pasukannya dari Somalia setelah menanggung kekalahan yang tak terduga. Setelah tumbangnya rezim Muhammad Siad Barrah, kesepakatan untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi di Somalia membentur jalan buntu yang kemudian berlanjut dengan pecahnya perang saudara. Desembar tahun 1992, untuk melindungi kepentingannya, AS mengirimkan pasukan ke negara itu sebagai bagian dari pasukan PBB. Namun tanpa diduga, pasukan AS mendapatkan perlawanan sengit dari orang-orang Somalia. Ratusan warga Somalia tewas, sementara tentara AS yang terbunuh berjumlah 100 orang. Melihat posisinya yang kian terjepit, AS memutuskan untuk mundur dari negara itu.

Kelahiran Imam Muhammad Al-Baqir

3 Shafar tahun 57 hijriyyah, menurut sebuah riwayat, Imam Muhammad Al-Baqir terlahir ke dunia. Beliau memiliki keluasan ilmu dan kemampuan yang tinggi dalam memilah-milah ilmu sehingga mendapat julukan Al-Baqir yang berarti si pemilah ilmu. Imam Baqir hidup di masa-masa akhir kekuasaan bani Umayyah. Kelonggaran yang didapatkan dari situasi politik saat itu, beliau manfaatkan untuk mengajarkan ilmu-ilmu agama yang diwarisinya dari rasulullah. Imam Al-Baqir wafat tahun 114 hijriyyah.

(source: irib)

31 Maret

Menara Eiffel (La Tour Eiffel dalam bahasa Perancis) adalah bangunan yang paling menonjol di kota Paris. Namanya diambil dari nama perancangnya, Alexandre Gustave Eiffel dan sejak dibangun pada 1889-1930 menjadi bangunan tertinggi di dunia.

Menara ini memiliki ketinggian 300 meter dan di atasnya terdapat antena televisi setinggi 24 m. Angin dapat menyebabkan menara ini bergoyang sebanyak 6-7 cm dan panas dapat menyebabkan puncak menara menjauh hingga 18 cm dari matahari (http://www.tour-eiffel.fr/teiffel/uk/documentation/structure/page/chiffres.html). Menara Eiffel memegang rekor bangunan tertinggi selama 40 tahun. Pengucapan Eiffel yang sering digunakan adalah Eifel dan Aifel.

Menara Eiffel dibangun dari tahun 1877, menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Pengerjaannya yang sangat berbahaya lantaran struktur bangunan sendiri bisa diatasi oleh Eiffel dan hanya memakan korban 1 orang.

(BERBAGAI SUMBER)

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

4 Tanggapan

  1. 3 Maret 1988
    Lahir seorang bayi perempuan istimewa(prematur) di RS.Kasih Ibu yg menjadi harapan dan kebanggaan kedua orangtuanya kelak.
    Bayi tersebut diberi nama “Fitroh Amalia”….
    (hhihihihi)

    • @Fitroh: Wah, jane kw ngomonge wingi pas rung tak posting
      dadi isoh tak lebokke juga.. 😀

      selamat ultah yo Fit….
      nikmatilah sisa umurmu dg kebaikan.

      • wah,,yo gak pantes lah Mas…yg di atas ntu dimasukin dlm artikel…q kan bkn “tokoh dunia” ato tokoh penting lainnya…xixixi
        q kan cm ‘iseng’ komen ni buat lucu2an (ngepas time-nya soalnya)hehehe…
        thx ucapannya…iya nih,,jatah umur berkurang…:)

  2. kalo saya mah
    2 maret lahir di dunia ini hari kamis pula..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: