Sudah Tahu Menyebabkan Kanker, Tapi Kenapa Kau Masih Merokok?


Bisa Membaca Pesan Peringatan Ini Khan?

Bisa Membaca Pesan Peringatan Ini Khan?

Sudah Tahu Menyebabkan Kanker, Tapi Kenapa Kau Masih Merokok?

Di bungkus-bungkus rokok telah jelas ditulis dengan huruf yang cukup mencolok bahwa “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”, namun realitanya masih banyak orang yang merokok. Pesan itu memang pesan yang diwajibkan untuk dipasang di bungkus-bungkus rokok produksi Indonesia berdasarkan peraturan pariwara yang berlaku di Indonesia. Namun meskipun demikian, pesan peringatan itu bukanlah sekedar peringatan tanpa fakta.

ETS atau asap tembakau pasif alias asap tembakau lingkungan disebut-sebut menyebabkan kanker (data Depkes RI). Bayi dan anak yang terpapar ETS mengalami peningkatan resiko terkena bronkitis, pneumonia, infeksi telinga, serta perlambatan pertumbuhan paru-paru. Orang dewasa bukan perokok yang terus menerus terpapar ETS mengalami peningkatan resiko kanker paru dan jenis kanker lainnya.

Direktur Jenderal WHO, Dr. Margareth Chan, melaporkan bahwa epidemi tembakau telah membunuh 5,4 juta orang pertahun lantaran kanker paru dan penyakit jantung, serta penyakit lain yang diakibatkan oleh merokok. Itu berarti bahwa satu kematian di dunia akibat rokok untuk setiap 5,8 detik (lihat data Tobacco-Free Kids).

Risiko kematian populasi balita dari keluarga perokok berkisar antara 14% di perkotaan dan 24% di pedesaan. Dengan kata lain, 1 dari 5 kematian balita terkait dengan perilaku merokok orang tua. Dari angka kematian balita 162 ribu pertahun, maka 32.400 kematian dikontribusi oleh perilaku merokok orangtua. (Fakta Tembakau Indonesia).

Pada tahun 2005, Philip Morris membeli saham 97% Sampoerna, senilai 45 triliuan pada 2005 yang akhirnya telah menjadikan Sampoerna menduduki peringkat pertama mengalahkan Gudang Garam dan Djarum. Sehingga pada tahun 2009 urutan pangsa pasar rokok adalah Sampoena- Philip Morris 29%, GudangGaram, 21.1%, dan Djarum 19,4 %. Kemudian hal itu mendorong BAT ( British American Tobacco ) membeli 85 % saham Bentoel senilai Rp 5 triliun pada Juni 2009. Dengan demikian 75% pangsa pasar dikuasai beberapa industri besar. Oligopoli ini menyebabkan industri rokok kecil bangkrut serta sangat melemahkan posisi petani tembakau.

Ini berarti bahwa keuntungan rokok bersih dari satu perusahaan rokok saja mencapai 34,7 triliyun yang membayar adalah rakyat Indonesia dan uang sebanyak itu ditransfer ke Negara asalnya, sedangkan penyakit akibat rokok tetap tertinggal di Indonesia. ( No T.C. Seri Lembaran Fakta, hal : 16 ).

Muhammadiyah & DDII fatwakan rokok Haram, sementara MUI mengharamkan rokok dibawah 17 tahun (bc: Rokok 17+). Sementara, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan….” [muttafaq ‘alaih]

Lalu, apakah orang-orang yang merokok itu tidak bisa membaca pesan peringatan dalam bungkus-bungkus rokok itu ya? Sadarlah kawan, bahwa merokok itu tidak hanya merugikanmu sendiri, namun juga merugikan orang-orang di sekitarmu!!!

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

 

 

Iklan

7 Tanggapan

  1. namanya juga sudah kecanduan, susah menghilangkan kebiasaan ini, kecuali bila tidak ada yg menjual rokok :mrgreen:

    • @r10: betul… meski ada pabriknya, klo g ada yg jual kupikir akan bangkrut sendiri…

  2. Iya, saya juga heran Mas… 😦
    Gak hanya heran, juga kasihan ama yang merokok. 😦
    KAsarannya, perokok itu kayak “orang pinter yang bodoh”. Pinter kalo emang orangnya pinter, tapi bodoh karena tetap melakukan sesuatu yang sia-sia. Rokok itu sia2 lho, beli rokok cuma untuk dibakar. 😆 Sama aja kayak bakar duit. :mrgreen:

    Seperti biasa, selalu adaaaaa aja sanggahan dari kaum perokok. 😡

    • @Asop: hahahahahaha. km ngrokok Sop??

    • @Asop: km g ngrokok to?

      • Nggak Mas, tapi dulu pernah. Karena pernah itulah saya bisa bilang ‘gak enak’ dan begitu membenci rokok. 😡

      • @Asop: iya Sop,, jangan sampai..
        sy jg dulu pernah coba2 kok 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: