Bus Tingkat Akan Hadir Kembali di Solo


 

Bus Tingkat Solo Yang Telah Jadi Besi Tua (Rongsokan) - Seingatku terparkir di kawasan sumber

Bus Tingkat Solo Yang Telah Jadi Besi Tua (Rongsokan) - Seingatku 'terparkir' di kawasan sumber

Bus Tingkat Akan Hadir Kembali di Solo

Kemarin karena libur long weekend peringatan hari Maulud Nabi SAW, aku sengaja pulang mudik ke Solo. Salah satu tujuannya tentu saja adalah berlibur dan yang utama tentu saja silaturahmi kepada orangtua. Saat jalan-jalan keliling kota yang disebut kawanku sebagai city of divine science and movement (entah apa lasannya_pen) ini, pesona Solo tak pernah luntur. Kemajuan zaman dan modernisasi seperti berjalan beriring dengan pesona klasik kota pewaris tahta kerajaan Mataram Islam ini. Bahkan barangkali pesona kota Solo justru lebih meningkat dibandingkan sepuluh tahun silam.

Sesampai di kota Solo, aku diberitahu kabar bahwa Solo akan kembali mengaktifkan serta mengeksiskan atau mengoperasikan kembali bus tingkat yang selama beberapa tahun telah menghilang. Kabar ini tentu saja sangat menggembirakanku. Dan aku yakin seluruh warga dan masyarakat kota Solo dan sekitarnya pasti merasa senang dan bangga mendengar kabar ini. Bus tingkat atau bus tumpuk, yang telah lama dirindukan kembalinya, itu akan menambah daya tarik dan pesona kota Solo Berseri (Bersih Sehat Rapi Indah).

Sebagaimana diketahui kota Solo memiliki banyak keistimewaan dibanding kota-kota lain. Solo memiliki keunikan yang tak dimiliki kota-kota lain di Indonesia. Keunikan dan keistimewaan Solo antara lain misalnya: Solo pernah menjadi Daerah Istimewa, Solo adalah kota budaya yang memiliki dua keraton sebagai pewaris kesultanan Mataram Islam, Solo adalah kota Cyber Indonesia (karena banyaknya Hot-Spot Area Gratis di Area-Area Publik. Pencetak Rekor MURI), Solo adalah kota ramah pejalan kaki, Solo juga merupakan kota perpustakaan tertua di Indonesia, Solo juga kota jurnalis dan pers (kota penyokong tonggak sejarah pers Indonesia), Kota Pergerakan, Kota (ramah) Sepeda, kota ramah transportasi tradisional, dan Solo juga kota kuliner bergizi seperti misalnya kota Susu Segar, Ampyang, Brambang Asem, dll meski juga ada kuliner yang haram seperti Sate Jamu dan Ciu. He3x. Ditambah dengan rencana pengoperasian bus tingkat, maka pesona kota Solo semakin meningkat. Padahal sebelumnya Solo juga telah melaunching kereta wisata mesin uap yang dikenal dengan kereta Jaladara.

Bus Tingkat Solo Nampak Dari Luar (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Bus Tingkat Solo Nampak Dari Luar (foto diperoleh dari Forum Skyscraercity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Kabar pengoperasian bus tingkat di Solo sebenarnya sudah lama kudengar setidaknya sejak pertengahan tahu 2010. Entah kenapa waktu itu masih seperti isu-isu semata. Namun sekarang, rencana itu sepertinya sudah hampir pasti. Sebagai langkah awal perkenalan, bus yang akan melayani jalur wisata di Solo tersebut untuk pertama kali secara resmi akan diperkenalkan pada warga dan segenap masyarakat Solo dalam karnaval pembangunan dengan tema “Solo Sejuk Sejahtera” pada Ahad (20/2) mendatang (Aku jadi pengin balik lagi nih pekan depan :().

Bus Tingkat Solo Nampak Lantai 2-nya (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Bus Tingkat Solo Nampak Lantai 2-nya (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Hanya saja, bus tingkat yang direncanakan akan beroperasi kembali di Solo tersebut berbeda dengan bus tingkat yang pernah eksis di Solo. Pertama, unit bus yang dioperasikan tentu saja berbeda. Jika dulu pakai Volvo buatan jadul kini pakainya Mercedes. Kedua, jika dulu pengoperasiannya untuk sarana transportasi reguler umum, sekarang lebih kepada keperluan pariwisata. Operasional bus tingkat sama dengan kereta api uap Jaladara, yaitu jalan jika ada pesanan.

Bus Tingkat Solo Nampak Dalam Terlihat Tangganya (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Bus Tingkat Solo Nampak Dalam Terlihat Tangganya (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

”Prinsipnya sama nanti dengan Jaladara, bus jalan saat ada pesanan. Bukan setiap hari jalan seperti angkutan umum itu,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata (Disbudpar), Purnomo Subagyo, kepada wartawan, Sabtu (12/2) sebagaimana dikutip dari harian lokal Solo.

Bus Saat Datang Melintas Jalan Ahmad Yani (Foto: JogloSemar/Kurniawan Arie Wibowo)

Bus Saat Datang Melintas Jalan Ahmad Yani (Foto: JogloSemar/Kurniawan Arie Wibowo)

Bus tingkat, nantinya hanya dikhususkan untuk melayani perjalanan para wisatawan. Rute jalur trayek bus tingkat, juga tidak sama dengan angkutan umum. Bus tingkat hanya akan melintasi sejumlah kawasan wisata di Solo seperti kawasan Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustaka dan sejumlah tempat wisata lain atau berdasarkan pesanan.

Bus Tingkat Solo Nampak Dalam (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Bus Tingkat Solo Nampak Dalam (foto diperoleh dari Forum SkyscraperCity yg diambil dari FB Wiradat Anindito)

Jika dulu pengoperasian bus tingkat dikelola oleh Perum Damri maka bus tingkat wisata kali ini nantinya berada di tangan Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata). Sebagai persiapan, Disbudpar dikabarkan sudah berkoordinasi dengan sejumlah pelaku bisnis di bidang wisata, seperti Asosiasi Perjalanan Wisata Surakarta (Asita) dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

So, Visit Solo, The Spirit of Java !!!

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

6 Tanggapan

  1. ooooh….mo ada lagi to???
    siiip dah….
    nyobain aaaah,,,tp hrs jadi wisatawan donk???

    • @Fitroh: iya.

  2. pengen banget ke solo 😦
    kapan yaah? 😥

    • @Jasmine; ya segera dilaksaniin saja. cari liburan, lalu kunjungi solo. ]paling butuh berapa duit sih,.
      aq siap jd tuan rumah wes.. asal pas aq libur.

      😀

      atau km cari org Solo aja jd suamimu..
      wkwkwkwkwkw

  3. saranku untuk pemerintah daerah, bangunlah segera MRT/monorel sebelum kota/daerah tersebut semacet jakarta 😀

    • @R10: alhamdulillah, sejauh ini, rencana tata kota Solo sudah sip dan bagus.
      di tepian sungai pun sudah tak ada lagi bangunan2
      pokoknya kota masa depan lah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: