Mengenal Organisasi Sejarah & Statistik Sepakbola


Mengenal Organisasi Sejarah & Statistik Sepakbola

 

Selama ini, di dunia sepakbola kita lebih mengenal lembaga-lembaga atau organisasi seperti FIFA (Fédération Internationale de Football Association), UEFA (Union of European Football Associations), AFC (Asian Football Confederation), atau kalau di dalam negeri PSSI (Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia). Di luar mereka lebih banyak lagi lembaga-lembaga independen yang mengusung tema sepakbola, baik di tingkat lokal maupun internasional.

Diantara sekian banyak lembaga yang resmi berada di bawah FIFA maupun yang independen aku cukup tertarik untuk mengenal sebuah organisasi yang menamakan dirinya sebagai International Federation of Football History & Statistics (IFFHS). Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, IFFHS bisa disebut dengan Federasi Internasional Sejarah & Statistik Sepakbola.

Menurut Wikipedia, IFFHS adalah sebuah organisasi yang diakui oleh FIFA yang bergerak dalam bidang statistik dan sejarah sepakbola (sesuai namanya). Organisasi ini secara rapi mencatat rentetan kejadian-kejadian dan catatan sejarah sepak bola dunia.

Organisasi ini sendiri didirikan secara resminya pada tanggal 27 Maret 1984 di Leipzig (Jerman) oleh Dr. Alfredo Pöge dengan izin dan dukungan dari Sekretaris Jenderal FIFA pada saat itu, Dr. Helmut Kaser. IFFHS sebelumnya berkantor di Al-Muroor Street 147, Abu Dhabi (Uni Emirat Arab ) untuk beberapa waktu, namun baru-baru ini telah berpindah ke Bonn, Jerman.
Selama tahap awal dan selama bertahun-tahun hingg 2002, IFFHS lebih berkonsentrasi pada penerbitan majalah triwulanan seperti Futball-Weltzeitschrift dan Libero. Jika anda penggemar sepakbola sejak lama, pasti pernah mendengar adanya tabloid Libero yang beredar di Indonesia. Barangkali itu terbit di bawah lisensi IFFHS itu. Saat kemudian ada penghentian penerbitan tanpa adanya alasan resmi yang diberitahukan, IFFHS lebih berkonsentrasi melakukan penerbitan materi-materi mereka melalui serangkaian buku multi-bahasa bekerjasama dengan sponsor. Sekarang, IFFHS lebih membatasi lagi kegiatan penerbitannya melalui situs Web dan menerima dukungan logistik dari FIFA.
Salah satu diantara daya tarik IFFHS adalah adanya statistik atau semacam klasemen klub-klub di seluruh dunia dengan pembagian berdasarkan waktu tertentu. Jadi, kalau diumpamakan IFFHS seperti sebuah liga klub seluruh dunia gitu lah. Sebagaimana FIFA, IFFHS juga memberikan penganugerahan gelar pemain terbaik, kiper terbaik, klub terbaik, pelatih terbaik dll dengan mendasarkan pada statistik atau voting wartawan.

Begitulah kira-kira gambaran IFFHS. Untuk lebih jelasnya silakan akses IFFHS.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

 

Iklan

2 Tanggapan

  1. tnyt sepakbola serumit itu ya mas.. hmm..

  2. saya suka dengan indeks castrol, keren banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: