Luk Songo #2


Luk Songo #2

– Episode II –

durasi 4:28

Suatu hari Joko mendengar suara teriakan minta tolong anak kecil. Anak itu selamat setelah rumahnya terbakar. Namun ortunya meninggal. Joko kemudian membawa si anak pulang ke padepokan. Saat Rachmad sang guru melihat anak tersebut, sang guru merasakan gelagat dan firasat yang tak baik. Rachmad pun kemudian memanggil Joko untuk diajak bicara 4 mata.

Ternyata, sang guru ingin menjelaskan latar belakang keluarga Joko Aji yang sebenarnya. “Joko Aji, kamu ini sebenarnya adalah keturunan ketujuh dari Mpu Ki Wanengtaji, pembuat keris luk songo, yang bernama keris Joko Sukmo,” urai sang guru.

Keris Jokosukmo dikisahkan sebagai keris yang memiliki kesaktian paling hebat di seluruh dunia.

Oleh sang guru, Joko Aji diberitahu bagaimana sejarahnya bisa diasuh Rachmad. Suatu ketika di musim kemarau, saat Joko Aji masih bayi, rumahnya didatangi oleh pamannya yang datang bersama siluman-silmuan anak buahnya. Sang paman datang untuk meminta keris Jokosukmo dari tangan ayah Joko Aji yang merupakan pewaris keris pusaka tersebut.

Karena ayah Jok Aji sudah mengetahui niat buruk saudaranya itu sebelumnya, ia telah menyuruh istrinya membawa Jok Aji menuju ke arah timur meliuntasi hutan untuk menemui Rachmad sebelum menemui saudaranya itu.

Karena bersikukuh menyerahkan keris Jokosukmo kepada saudaranya, ayah Joko Aji pun disiksa paman Joko Aji itu sampai akhirnya ia berhasil mencabut keris Jokosukmo dari ayah Joko aji. Selanjutnya, ayah Joko AJi pun dibunuh. ayah Joko seketika juga meninggal.

Di tempat lain, ibu Joko Aji terus berlari ke arah timur melintasi hutan. Singkat cerita, ibu Joko aji berhasil menemui Rachmad yang tengah puasa ngebleng.

Setelah menceritakan seluruh kejadian sebelumnya yang ia alami, ibu Joko Aji bermaksud menyerahkan Joko Aji yang masih bayi agar dirawat Rachmad yang merupakan keturunan terakhir dari pewaris resmi Jogosukmo. Ibu Joko Aji khawatir jika Joko AJi bersamanya maka nyawa anaknya itu bakal terancam karena paman Joko Aji pasti akan memastikan seluruh keturunan pewaris Jogosukmo tidak ada yang hidup.

Setelah menyerahkan Joko Aji kepada Rachmad, Rachmad segera membawa ke padepokan. Tak lama berselang, ibu Joko Aji tewas dibunuh siluman anak buah paman Joko Aji. (bersambung)

Episode IEpisode II – Episode III

Ringkasan Cerita Global

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: