Jika Kita Bekerjasama, Maka Kita Luar Biasa


Jika Kita Bekerjasama, Maka Kita Luar Biasa

“…Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaan-Nya“. Al-Ma’idah:2

Perintah tolong menolong dan bekerjasama dalam kebaikan merupakan salah satu himbauan dan ajaran Al Quran yang luhur dan agung. Tidak setiap aktivitas tolong menolong dan bekerjasama itu baik dan benar. Itulah mengapa al Quran hanya memerintah kita untuk tolong menolong dan bekerjasama sebatas dalam kebaikan. Sedangkan untuk aktivitas tolong menolong di dalam perbuatan dosa dan permusuhan, kita tidak dianjurkan untuk berpartisipasi bahkan sebaliknya agar menjauhi.

Atas ayat di atas, Ibnu Katsir, salah seorang ulama yang dikenal sebagai ahli tafsir Al Quran, menyebutkan dua hadits untuk menjelaskan ayat di atas. Pertama, hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi, “Seorang mukmin yang bergaul dengan manusia dan bersabar atas perlakuan mereka adalah lebih baik dan besar pahalanya daripada mukmin yang tidak bergaul dengan manusia dan tidak bersabar atas perilaku mereka” (Imam Ahmad).

Kedua, Rasulullah saw bersabda, “Tolonglah saudaramu yang menzhalimi dan yang terzhalimi”. Maka para sahabat bertanya, “Menolong yang terzhalimi memang kami lakukan, tapi bagaimana menolong orang yang berbuat zhalim?”. Rasulullah menjawab, “Mencegahnya dari terus menerus melakukan kezhaliman itu berarti engkau telah menolongnya”. (Bukhari dan Ahmad).

Untuk melakukan aktivitas saling tolong menolong dan bekerjasama, tentu saja tidak bisa kita lakukan secara sendiri-sendiri. Kita harus bersatu dan tidak berjalan sendiri-sendiri, sebagaimana firman Allah,“Dan berpegang teguhlah kalian semua dengan tali (agama) Allah, dan janganlah kalian bercerai berai.” (Ali Imran: 103)

Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullah berkata: “Allah subhanahu wa ta’ala mewajibkan kepada kita agar berpegang teguh dengan Kitab-Nya (Al Quran) dan Sunnah Nabi-Nya, serta merujuk kepada keduanya di saat terjadi perselisihan. Ia (juga) memerintahkan kepada kita agar bersatu di atas Al Qur’an dan As Sunnah secara keyakinan dan amalan, itulah sebab keselarasan kata dan bersatunya apa yang tercerai-berai, yang dengannya akan teraih maslahat dunia dan agama serta selamat dari perselisihan…” (Tafsir Al-Qurthubi, 4/105)

Salah satu virus yang menggerogoti kita untuk lemah antara lain karena berpecah belah. Sekalipun kita sebagai individu semuanya berada di dalam kebenaran namun realitanya kita berpecah dan tak mau bersatu dan saling bertolong-menolong serta bekerjasama, maka kita tetaplah berpotensi untuk selalu kalah dalam hal apapun. Meskipun kita semua benar, tetapi kita tetap akan mudah dikalahkan oleh kebatilan jika kebatilan itu mau bersatu dan bekerjasama. Aku teringat sebuah ungkapan sebagai berikut, “al-Haq Bila Nidzom, Yaghlibuhu al-bathilu bi nidzom.” Ya, sebuah ungkapan bahasa Arab yang berarti “kebenaran yang yang tidak tertata dengan baik dan benar, maka akan terkalahkan oleh kebathilan (kemungkaran) yang tertata dengan rapi.” Aku meyakini makna kerapian dan ketertataan berhubungan dengan proses bersatu, bekerjasama, dan saling tolong menolong.

Siapapun yang mau bekerjasama dan bersatu serta saling tolong menolong, aku yakin akan menjadi luar biasa. Jika kebathilan yang bersatu dan bekerjasama maka mereka akan luar biasa menyebarkan kebathilan. Sebaliknya, jika kebenaran yang bersatu dan bekerjasama maka kebenaranlah yang akan luar biasa. So, Marilah kawan kita bersatu dan bekerjasama dalam kebaikan demi kebenaran Al Quran sepanjang zaman!

Jika berkenan, silakan menonton ilustrasi dalam film pendek ini. Film ini hanya sekedar memberikan sebuah ilustrasi bahwa jika kita mau saling bekerjasama kita akan LUARRR BIASA !!! 😀


Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

6 Tanggapan

  1. nice..
    sempatkan mengunjungi website kami http://www.the-netwerk.com
    sukses selalu!

  2. Gimana kalo kerja sama dalam menyontek, Mas, pas ujian? 😀

    • @Asop: tetep bisa luar biasa. Sy yakin itu. yg mungkin klo sendiri dpt nilai B klo bekerjasama bisa saja menjadi A.
      tp itu khan gak Haq. g bener.

      “al-Haq Bila Nidzom, Yaghlibuhu al-bathilu bi nidzom.”

      😀

  3. setuju bung…

    semangat Gotong royong harus ttp di pertahankan..gotong royong dalam hal positif..

    salam kenal mas…

    sekalian mo nginfoin

    sapa tau butuh jasa penulisan Konten pd blog atau web..
    ini bisa di coba http://www.PenulisContent.com

    Recommended ^_^

    • @Duryat: Oke.. makasih info linknya

  4. kerjasama akan membentuk sikap saling menghormati dan menghargai. terima kasih postingnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: