“Life is An Adventure”


Life Is An Adventure

Entah kenapa, aku sangat terkesan dengan iklan yang ada dalam video di bawah ini. Iklan tersebut cukup menginspirasi dan bagus. Dengan gambaran alam dan latar musik yang pas serta kalimat-kalimat yang diucapkan mengiringinya mudah dicerna dan sekali lagi memberi inspirasi. Awalnya kupikir iklan itu iklan layanan msyarakat. Namun ternyata di akhir tayangan, iklan itu dipersembahkan oleh sebuah produk susu formula bermerk Nutrilon Royal 3. Silakan lihat tayangan iklannya, aku yakin kawan-kawan sering menonton dan mungkin juga terkesan dengan konsep iklannya.


Kurang lebih isi monolog yang diucapkan oleh pengisi suara sepanjang tayangan iklan di atas adalah sebagai berikut:

I want to live my life to the absolute fullest
To open my eyes to be all I can be
To travel roads not taken, to meet faces unknown
To feel the wind, to touch the stars
I promise to discover myself
To stand tall with greatness
To chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE

Jargon Life is An Adventure menjadi kunci pesan yang sangat mudah ditangkap siapapun yang menontonnya. Iya khan?

Namun tak kusangka ternyata iklan bagus itu sebenarnya menuai kontroversi dan bahkan boleh dikatakan melanggar kode etik pariwara Indonesia (EPI). Sebagaimana dapat diketahui, Susu Nutrilon Royal 3 itu ditujukan untuk konsumsi bayi usia 1-3 tahun, usia bayi seharusnya minum dari Air Susu Ibu (ASI). CMIIW. Sementara di dalam EPI, pada halaman 88 disebutkan bahwa “PENGGANTI AIR SUSU IBU (PASI) ATAU SUSU BAYI ATAU INFANT FORMULA: Pengganti Air Susu Ibu (PASI) atau susu bayi atau infant formula dilarang dipromosikan dan diiklankan dalam bentuk apapun, kecuali dalam journal kesehatan”.

Ruh pelarangan iklan susu formula bagi bayi konon disebabkan adanya kepedulian terhadap ASI. Sebagaimana diketahui bahwa ASI sangatlah penting untuk bayi, khususnya bayi yang baru lahir. Kandungan kolostrum yang ada pada ASI sangat berguna untuk perkembangan otak bayi. Jika dari usia sebelum satu tahun bayi telah diberi susu formula, dikhawatirkan akan menyebabkan efek samping karena pada usia tersebut asupan makanan yang paling dibutuhkan oleh bayi adalah ASI.

Nah dari situ muncul sedikit perdebatan di kalangan ibu-ibu peduli ASI yang kurang berkenan dengan iklan Nutrilon Royal 3 -yang sekali lagi secara iklan cukup bagus dan menginspirasi, menurutku- karena dianggap melanggar EPI.

Sebagai sedikit gambaran, dengan adanya iklan Nutrilon dengan pesan simple bahwa “Life is Adventur” dengan penggambaran awal bisa jadi dimaksudkan bahwa Nutrilon Royal 3 ini mencoba untuk mengcover iklan mereka menjadi lebih unik dan bermutu tinggi. Seolah-olah, ada semacam hidden mission untuk menyampaikan bahwa produk mereka memang berhak untuk dikonsumsi karena berkaitan dengan perlindungan dari dalam tubuh si bayi.

Nah bagaimana pendapatmu kawan? Apakah iklan susu tersebut melanggar?

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

10 Tanggapan

  1. itu iklan susu anak nutrilon kalo kecil Life is an adventure….. kalo besar disuruh ngrokok jarum super, My life my adventure….

    liat aja iklannya, sejalan

  2. nutrillon 3 bukan untuk bayi dibawah 1 tahun tapi untuk anak umur 1 – 3 tahun, susu formula dipakai sbg alternatip jika produksi asi kurang atau tdk maksimal.Jk Asinya lancar dan banyak hampir semua ibu lebih memilih meminumkan asi karena selain murah jg kaya gizi.

    • @Ummurizka: Lha ASI khan secara medis dianjurkan untuk anak usia sejak lahir sampai 2 th atau lebih.
      Sementara agama menghendaki agar setelah usia 2 th segera disapih. Berarti ada waktu produktif jg khan?
      hehehe
      Klo bg ibu yg asi nya kurang, barangkali bisa disusuin org lain kli lbh bagus ya bu??? seperti rasulullah SAW.

  3. saya bicara sebagai mahasiswa kesehatan 🙂

    bagaimanapun susu formula berusaha menyamai ASI, tapi ada kandungan yang hanya ada di dalam ASI, kalaupun sama sungguh takarannya Allah jadikan ASI yang terbaik..

    maka berilah ASI SAJA hingga bayi umur 6 bulan

    heheeh

    • @Mila: ASI SAJA nya sampai 1 th katanya?
      setelah 1 tahun br boleh dicampur makanan lain.
      bener g sih?

  4. Saya pernah baca suatu penelitian, bahwa sebenarnya sejak kecil sampai tua, manusia ga butuh susu sapi.

    Yang penting makan 4 sehat, tubuh sudah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Itu sebabnya kenapa ada yang intoleran terhadap susu. Kalau kita butuh, pastinya semua manusia akan toleran terhadap susu 🙂

    GO ASI….! 😀

    • @Rime: sy ikut mendukung…
      meskipun sy belum punya istri. 😀

  5. sebagai penyuka susu sapi, aku jadi kaget baca komen yang bilang ternyata manusia itu ga butuh susu sapi. Hehe…
    Hm, dari segi iklan menurutku sebenarnya sah-sah aja sih iklan ini. Lagipula informasi untuk ibu yang punya bayi dari usia 1-3 tahun kan ga hanya datang dari iklan di TV saja. Ya susu ini jadikan alternatif saja. Iklannya pun kan nggak memaksa kita untuk beli? 🙂 But that’s just my thought.

    • @Karina: mungkin maksud dia itu tdk butuh susu sapi tetapi butuh susu kambing.. hehehehe
      kalo aq sih hewan dg segenap isinya (yg halal) disediakan untuk manusia agar dimanfaatkan baik tenaga maupun dagingnya. asal tdk berlebihan. Selama tdk berlebihan, insya Allah akan barokah. wallahu a’lam.

      iya memang g maksa beli. cuman di sebuah forum / milis, ternyata dibahas lebih tajam. bhw semua iklan susu formula harus dilarang. Lebih kejam dr iklan rokok krn lebih menyesatkan.

  6. ihh sama bgt sih, aku jg suka bgt sm iklan Nutrilon itu 😀
    selain karena kata2nya, saya jg seneng ngeliat gambarnya. kereeeeeeenn bangeeeeeeeeeettt! subhanallah 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: