Warung Kantin Sastra Mbok Jum


Belum Punya Fotonya, Kalau Ada Yang Punya Mohon Di-share...

Belum Punya Fotonya, Kalau Ada Yang Punya Mohon Di-share...

Warung Kantin Sastra Mbok Jum

Kampus tak selalu melulu berhubungan dengan dunia akademik. Banyak hal menarik lain selain aktivitas akademik. Salah satu diantara contoh sisi lain yang menarik dari kampusku dulu adalah kantin. Sebuah kantin yang terletak di sisi selatan gedung kampus Fakultas Sastra & Seni Rupa (FSSR) UNS yang disebut warung mbok Jum.

Kantin itu disebut warung mbok Jum barangkali karena nama si pemilik warung Jum, bisa Jumirah, Jumini, atau Jum-Jum lainnya. Sementara di kalangan mahasiswa-mahasiswi luar fakultas sastra dan seni rupa warung mbok Jum lebih sering disebut dengan Kansas. Kansas merupakan akronim dari Kantin Sastra. Sementara beberapa orang lainnya menyebutnya dengan sebutan warung MJ (bc: emje) yang juga singkatan dari mbok Jum (MJ).

Bangunan warung mbok Jum sebenarnya tidak terlalu nampak jika dilihat dari sudut manapun. Bahkan boleh dibilang bangunan warungnya tersembunyi di balik bangunan yang mengelilingi. Orang yang pertama kali masuk UNS bisa dipastikan 99% tidak tahu lokasi warung mbok Jum ini. Bahkan orang yang pertama kali datang ke kampus sastra atau seni rupa UNS pun 90% tidak bakal mengetahui kantin ini.

Warung mbok Jum berada di belakang atau sebelah barat gedung Kopma (Koperasi Mahasiswa) UNS. Pada sisi lain, warung ini juga bisa disebut berada di belakang atau sebelah selatan gedung fakultas sastra yang menghadap ke utara. Pada sisi selatan warung mbok Jum terdapat tanah kosong yang ditumbuhi pepohonan tinggi sepanjang 30-40 meteran dari jalan kampus menuju fakultas teknik atau ekonomi dari arah depan gerbang utama UNS. Sementara sebelah barat warung hanya tanah kosong yang ditumbuhi pepohonan tinggi dan sebuah bangunan kecil yang ketika aku masih kuliah di kampus ini digunakan sebagai tempat ‘mangkal’ komunitas musik dan film (KMF) mahasiswa Sastra & Seni Rupa. Artinya, dari sisi ‘geografis’, kantin mbok Jum ini tidak strategis karena susah aksesnya.

Namun anehnya, sekalipun warung mbok Jum alias Kansas ini berlokasi di daerah yang boleh dibilang terisolir dari dunia persilatan, pengunjung Kansas tak hanya datang dari anak-anak sastra dan seni rupa saja. Mahasiswa-mahasiswi fakultas lain mulai dari Teknik, Pertanian, Ekonomi, Hukum, FISIP, FKIP, MIPA dan kedokteran pun banyak yang mampir sarapan atau makan siang di Kansas. Tak sedikit pula pegawai-pegawai (yang sering disebut kawan-kawan dengan kalangan birokrat kampus) dan dosen yang juga menikmati atmosfer Kansas ini.

Aku tidak mengetahui pasti kenapa warung tersembunyi ini memiliki daya magnetis yang cukup besar untuk menarik warga kampus UNS. Kawan-kawan seni rupa dan sastra memilih kantin ini tentunya lebih dikarenakan aspek kedekatan akses tentu saja, meskipun sebenarnya ada satu kantin lagi di sastra namun tidak sefenomenal mbok Jum. Beberapa kawan dari fakultas non sastra dan seni rupa ada yang berpendapat tempat makan Kansas ini nyaman karena berada di bawah pepohonan tinggi yang rindang. Beberapa orang lain beralasan karena harga makanan yang dijual di Kansas lebih murah dan menunya lebih lengkap dibanding dengan warung kantin dalam area UNS lainnya serta bebas uang parkir. Sebagian kawan lain ada yang ngaco lagi alasannya, agar bisa ngecengin cewek-cewek dan cowok-cowok sastra – seni rupa yang penampilannya apa adanya. Kesimpulannya sebenarnya yang menjadi daya tarik Kansas mbok Jum yaitu kenyamanan suasana makan di bawah pohon rindang sambil melihat mahasiswi sastra yang seliweran.

 

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

8 Tanggapan

  1. Bekunjung 🙂

    maaf baru sempat mampir

    • @Mila: iya…. gpp
      its ok

  2. Mungkin daya tarik lainnya adalah keramah-tamahan si pemilik warung dan bisa juga menu yang ditawarkan murah meriah tapi makyuss 🙂

    • @Ifan: hmmm, klo dr sisi ramah tamah sih sbnre biasa ….
      murah sih ada benarnya

  3. kirain MJ itu mulan jameela.
    hehe.. salam kenal ya !

    • @Thya: bukan, Michael Jordan :p
      salam balik …

  4. wow keren
    jadi pengen ke warung tersebut
    soalnya saya suka sastra 🙂

    • @Achoey: Jiah,,,
      lha kpn mas?
      sy mau ke solo tgl 2 Feb 2011..
      mau bareng ???

      sekalian bikin Mie Janda cabang Solo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: