Orang Yang Berani Menempeleng Pak Harto


 

Alex Kawilarang

Alex Kawilarang

Orang Yang Berani Menempeleng Pak Harto

Siapa coba orang yang berani menempeleng pak Harto? Kira-kira mungkin hanya orangtuanya barangkali. Hehehehe. Tapi ternyata selain orangtuanya (inipun masih kemungkinan) ada juga orang lain yang menempeleng pak Harto. Alex Kawilarang, demikian nama orang tersebut.

Menurut informasi dari Permesta, kisah penempelengan ini terjadi pada kisaran tahun 1950-an. Alkisah, karena sebagai Panglima Wirabuana (salah satu wilayahnya Makassar), Kawilarang baru saja melapor kepada Presiden Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman dari pemberontak RI. Namun Soekarno malah menyodorkan sebuah radiogram yang baru saja diterimanya yang melaporkan bahwa pasukan KNIL Belanda sudah menduduki Makassar. Makassar dapat dikuasai oelh KNIL Belanda karena Brigade Mataram, pasukan yang seharusnya mempertahankan kota Makassar, telah melarikan diri ke lapangan udara Mandai. Komandan Brigade Mataram ini saat itu dijabat oleh Letkol Soeharto. Kawilarang memberi pesan agar pak Harto -ketika itu- menjaga Makassar.

Karena tidak menjaga Makassar, namun malah justru melarikan diri, maka Kawilarang marah besar dan segera kembali ke Makassar. Setibanya di lapangan udara Mandai, ia langsung memarahi komandan Brigade Mataram, Letkol Soeharto.

“Sirkus apa-apaan nih?” kata Kawilarang sambil menempeleng Soeharto.

Maka dapatlah dimengerti, akibat peristiwa tersebut, hingga saat Kawilarang meninggal, Soeharto tidak pernah berbicara dengan bekas atasannya itu. Penghargaan kepada A.E. Kawilarang secara resmi baru diberikan pada 1999 yang lalu, sewaktu Habibie berkuasa. Jasa Kawilarang terhadap RI adalah terbentuknya Kopassus. Kopassus (Komando Pasukan Khusus) ia rintis melalui pembentukan komando pasukan khusus TNI dengan nama Kesatuan Komando Territorium III (Kesko TT-III) Siliwango di Batujajar, Jawa Barat.

Dalam sebuah percakapan dengan Radio Nederland, Kawilarang juga pernah mengeritik keras Panglima TNI Wiranto saat itu dengan mengatakan, “Ketika Wiranto masih menjabat Panglima TNI saya pernah mengatakan, melihat sepak terjang TNI selama Orde Baru saya kira sebaiknya TNI dibubarkan saja. Tetapi Wiranto tidak bereaksi,” kata Kawilarang. Kawilarang beranggapan, yang paling tepat memimpin TNI saat ini adalah Agus Wijoyo karena dianggap tidak berpolitik. Itulah profil singkat salah satu orang yang pernah menempeleng pak Harto. Pribadi yang berkarakter TEGAS & BERANI.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

10 Tanggapan

  1. Wah,,baru tahu saya juga info ini 😆

    Assalammu’alaikum Kak ..
    Lama tak mampir (lebih tepatnya sy yg menghilang)
    mdh2an ga lupa dgn ‘tetangga’mu ini.. 🙂

    • oya, btw..sy ga ngeblog bukan karena udah nikah kok,,he..

      • @Zahra: iya…wa’alaikumsalam.
        org bandung to?

  2. ya jelas berani saat itu pangkatnya khan masih tinggian dia ketimbang mbah harto

    • @Andi: hehehehe
      yg penting berani
      dan sekalipun akhirnya pak harto jd Presiden, dia jg ttp aja g berani macem2 sma mantan atasanya itu
      :p

  3. sampai sekarang bapak kawilarang-nya masih hidup atau sudah wafat? atau ketika diberikan penghargaan pada masa Habibie, apakah dia menerimanya sendiri atau diwakilkan? logikanya kan ketika jadi atasan suharto paling nggak dia lebih tua beberapa tahun, karna karirnya sudah lebih jauh, kan ya? cuma penasaran aja sih…. 😀

  4. @Karina: Meninggalnya 6 Juni 2000.
    meninggal umur 80 tahun.

  5. ane malah baru tau ini wan , nice post

    • @Rasarab: sy pun juga tahunya sebelum posting ini bbrp saat

  6. the untold story pak harto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: