Ngobrol Hukum Bareng Seorang Anak Band


Ngobrol Hukum Bareng Bersama Seorang Anak Band

Terkesan lucu mungkin membaca judul di atas. Lucu karena ngobrol mengenai tema hukum tetapi dengan anak band. Sebagian kamu barangkali akan membatin, “ngobrol hukum kok sama anak band, harusnya ya dengan hakim, jaksa, polisi, advokat, dosen hukum, atau mahasiswa hukum!” Benar juga sebenarnya jika kamu memiliki ungkapan seperti itu. Namun tak salah juga khan ngobrol tentang hukum dengan anak band.

Singkatnya, aku janjian sama dia (salah seorang anak band itu) untuk ketemu di Ciwalk Bandung. Saat itu, Ciwalk memang tengah mengadakan event audisi band cewek yang disponsori oleh salah satu merek produk kecantikan. Dia sengaja ngajak ketemu di Ciwalk karena sekalian mau ikut audisi. Aku ngajak satu orang kawan. Sekitar pukul 12.30 WIB, kami ketemu lalu kojom ke salah satu sudut food court. Bukan untuk makan, tapi untuk mencari tempat duduk yang enak dan nyaman buat ngobrol.

Ia lontarkan sebuah pertanyaan untuk didiskusikan. “Mas, menurutmu apa sih hukum itu? Apakah hukum itu harus ada sebuah lembaga pembuatnya? Apakah hukum itu harus memiliki sanksi? Tiga pertanyaan beruntun bagiku yang jawabannya –menurutku- tidak bisa dijelaskan asal begitu saja mengingat kompleksitas pengertiannya. Halah, sok akademis padahal aslinya gak bisa jawab. Hahahaha.

Diam sejenak sambil membuat uraian yang terlintas di otak dengan mereview rekaman-rekaman memori di kepala, aku berikan jawaban yang entah benar atau tidak dalam pandangan para Profesor dan Guru Besar. “Hmm,, hukum adalah suatu bentuk norma atau aturan yang mengikat suatu masyarakat yang seharusnya ditaati.”

Lebih lanjut, kukatakan bahwa hukum –bagiku- tidak harus selalu memiliki sanksi. Karena jika hukum diharuskan memiliki sanksi, maka hukum akan mengalami dekonstruksi dan degradai makna pengertian menjadi hukum adalah sanksi. Realitanya, dalam berbagai jenis dan macam bentuk hukum di seluruh dunia, banyak kita jumpai aturan-aturan hukum yang tidak memiliki sanksi atau hukuman. Obrolan hukum itu pun sedikit meluas dan menjadi lebih menarik. Namun tak bisa kuceritakan satu persatu. :-d hehehe.

Obrolanku dengan cewek anak band satu ini memang tak seperti obrolan hukum dengan anak band biasa. Cewek anak band satu ini selain aktif mengembangkan minat dan karir band-nya di dunia permusikan, ia juga merupakan mahasiswa pascasarjana program akselerasi Magister Hukum Universitas Padjajaran Bandung. Ia salah satu penerima beasiswa dari Djarum. Semasa merampungkan gelar sarjana hukumnya, ia hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 4 tahun dengan nilai cumlaude. Jadi, di balik tampilannya yang oleh sebagian kawan-kawanku dulu dikatakan super modis dan stylish ala anak Band lengkap dengan segala asesorisnya, tersimpan otak cerdas dari pemikiran-pemikirannya.

Ahmed Fikreatif

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan, Jika Fikreatif mati mohon doakan ampunan”

Iklan

10 Tanggapan

  1. Bicara hukum? Hukum di negeri beta? Hukum yang mana? Apa ada hukum?????

    Weleh, nyelenehh.

    Tp bagaimanapun teruslah berusaha agar hukum itu ADA.

    • @Ankelistyan: heheheh
      kok sama jg dg d negeri beta ya??:D

  2. hahahaha,,,, aq juga anak band,, kalo di ajak ngomongin soal politik… lozzzzzzzzzzzzzz!!!1 hehehehe ngecipris,, gua suka nie.. dtunggu kunjungan balikna sob

    • @Free: sip sip sip

  3. hmm..don’t judge the book by it’s cover..

    • @Fitri: ungkapan itu bener. tp prakteknya susah.
      😀

  4. Ngomongin masalah hukum? Pusing, Mas.
    Gimana kalau membicarakan tentang tentang temennya aja 🙂

    • yaps….,saya setuju sekali mas, lebih baik bicarain yang ntu za daripada bahas masalah hukum.

      • @Huda: ini lagi.
        emang apa yg mau dibahas dr dia??

    • @Ann: :gubrak:
      hmmm,,, emang apa yg mau dibahas dr dia??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: