Your Mind Is Your Power


Open Your Mind, See Inside (Foto adalah karya Den Baguse Fadly)

Open Your Mind, See Inside (Foto adalah karya Den Baguse Fadly)

The Power Of The Mind

Beberapa bulan lalu, aku memperoleh kesempatan mengikuti proses kegiatan taping (perekaman) program acara Kick Andy di studio Metro-TV di kawasan Kedoya – Jakarta Barat bersama-sama dengan kawan-kawan Blogger Bengawan di Bandung dan Jakarta. Bintang tamu utama Kick Andy pada episode berjudul “Pepeng Di Mata Kartunis” tersebut adalah Ferrasta Soebardi alias Pepeng.

Singkat cerita, mantan pembawa acara kuis kocak Jari-Jari pada saat itu datang di acara Kick Andy dalam keadaan terbaring di atas ranjang. Pepeng terbaring di atas ranjang karena divonis menderita penyakit “Multiple Schelosis” yang diderita sejak lama. Multiple Schelosis adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pusat. Penyakit ini terjadi karena diakibatkan oleh kerusakan myelin – yaitu selubung pelindung yang mengelilingi serabut saraf pada sistem saraf pusat. Ketika myelin mengalami kerusakan, akan mengganggu penyampaian ‘pesan’ antara otak dan bagian-bagian tubuh lainnya. Sebagai konsekwensinya, impuls-impuls listrik yang berjalan sepanjang syaraf-syaraf memperlambat, yaitu menjadi lebih perlahan. Sebagai tambahan, syaraf-syaraf sendiri menjadi rusak. Ketika semakin banyak syaraf-syaraf yang terpengaruh, seorang pasien mengalami suatu gangguan yang progresif pada fungsi-fungsi yang dikontrol oleh sistim syaraf seperti penglihatan, kemampuan berbicara, berjalan, menulis, dan ingatan.1

Praktis karena penyakit tersebut, Pepeng hanya bisa berbaring sepanjang hari sampai penyakit tersebut hilang dari tubuhnya. Segala aktivitasnya hanya bisa dilakukan di atas tempat tidur. Namun kendatipun hanya dari tempat tidur, pikiran dan ide besar yang muncul dari Pepeng masih tetap menggelora dalam otaknya. Ia berhasil memantik hingga menggerakkan ratusan kartunis, gambaris, dan karikaturis untuk membuat karya yang kemudian berhasil memecahkan rekor MURI (cerita selengkapnya silakan klik di Kick Andy).

Apa yang telah dilakukan dan dicontohkan oleh Pepeng adalah contoh nyata kekuatan seseorang terletak lebih kepada kekuatan pikirannya. Pepeng menjadi salah satu contoh orang yang secara fisik lumpuh namun ia mampu mewujudkan mimpi dan idenya, bahkan melampauinya.

Pada sisi lain, kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan atau mungkin jutaan manusia di sekitar kita yang memiliki kemampuan secara fisik kuat namun banyak diantara mereka yang justru lebih mudah menyerah pada keadaan sempit di sekitarnya. Mereka seolah terpenjara oleh pikirannya sendiri bahwa mereka tidak mampu untuk mewujudkan mimpi atau cita-citanya.

Sepanjang sejarah manusia, orang-orang yang sukses dan berhasil mewarnai dunia adalah orang menggunakan otak serta pikirannya secara maksimal. Perkembangan dunia hingga saat ini sebagaimana

yang kita lihat juga tercipta melalui proses berfikir menggunakan otak. Keberadaan komputer, internet, motor, mobil, televisi, dan produk-produk modern lainnya tidak mungkin lahir tanpa proses berfikir.

Lahirnya sebuah ideologi juga tak lepas dari peran berfikir otak. Kita mengenal tokoh-tokoh cendekiawan lintas ideologi juga karena karya-karya mereka yang lahir dari otak mereka.

Kesimpulanku, hal yang membuat kita tidak bisa maju dan bergerak adalah karena kita memenjarakan pikiran kita di dalam tempurung kepala. Akibatnya, kita hampir tak mampu untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi dan cita-cita yang menghunjam di dada. Oleh karenanya, bagiku tak ada jalan lain kecuali kita harus membuka gembok yang menutup pikiran kita selama ini dengan kunci yang kita miliki. Sudah saatnya, pikiran kita keluar bebas dari penjara yang kita buat sendiri agar mampu mewujudkan mimpi-mimpi dan cita-cita kita. So, Let’s Open Our Mind Right Now!

PS: Foto di atas adalah karya Den Baguse’ Fadly (seorang fotografer profesional – kawan)

Kekuatan Manusia Adl Pikiran

Kekuatan Manusia Adl Pikiran

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gadinmau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingang, Hari”

Iklan

9 Tanggapan

  1. tulisan yg menggugah…..

    (jadi merenung….:D)

    smw berasal dr pikiran..
    Pikiran adalah kekuatan.

    iya bener, kadang kita sendiri yang memenjarakan pikiran kita. tp,pikiran kita jg sering terpengaruh oleh lingkungan dan orang sekitar,,,kadang itu yg menghambat…

    • @Fitroh: menggugah, koyo habis bangun dr tidur saja lho..
      menggugah
      😀

  2. Hu’um. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Menatap ujung jalan. melangkah sekarang 😀

    • @Ida: nah, itu quotation dr siapa ya??

  3. semua berasal dari otak… makanya gunakan otak sebagaimana mestinya… itulah yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya…

    Thanks for the nice article…

    • @Wewy: betul mbak wewhy..
      salam

  4. Hmm bener ya kayak apa yang diucapkan Soekarno dulu waktu diasingkan / dipenjara dimana gitu. Raga boleh terkukung, tapi pikiran bebas kemanapun. Ya kira-kira gitu deh, hehe

    • @Maminx: yah, dan sejarah membuktikan bhw org dipenjara tak membuat perjuangan dan ide serta gagasannya berhenti.
      dr sejak jaman nabi Yusuf as smpai sekarang pun demikian.
      itulah beda manusia dg makhluk yg lain

  5. saya tidak setuju dengan kalimat di atas maaf ya agan semua ,secara teori saya lebih suka logika ,saya tidak begitu menyukai kalimat kayakinan terbatas adalah penajara yang paling merusak ,saya moslem ,keyakinan penuh itu hanya terhadap sang maha kuasa ,urusan dunia dan sukses manusia itu harus usaha & belajar semaksimal mungkin apapun itu .kalimat di atas terlalu menggiurkan .manusia lahir sudah ada kodrat dan takdirnya .kaya ,miskin ,sakit ,dll. carilah kebahagiaan ,keyakinan tidak menjamin kebahagian karena sifatnya tidak pasti dan belum terbukti .mohon maaf hanya koment .,jika salah namanya juga manusia tidak mungkin luput dari kesalahan .membantu memperbaikinya itu yang saya harapkan .terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: