Inilah Ahmed Fikreatif (Identifying Myself)


Gravatar Ahmed Fikreatif

Gravatar Ahmed Fikreatif

Inilah Ahmed Fikreatif (Identifying Myself)

Aku, Ahmed Fikreatif. Sekedar berbagi, kali ini aku ingin mengidentifikasi kepribadianku. Barangkali, dengan membaca sharing-ku ini, kamu bisa lebih mengenalku dan bisa tahu lebih banyak tentang aku. Bukan tahu secara fisik memang, tetapi mengetahui dan mengenalku secara personal karakter dan secara kepribadian. Bagaimana aku dengan karakterku, bagaimana aku menghadapi masalah, bagaimana aku dengan kehidupan percintaan, bagaimana aku dengan keluarga, bagaimana aku dengan hubungan pertemanan, bagaimana aku dengan kekasih, bagaimana aku dengan keuangan, bagaimana aku dengan egoku, bagaimana aku dengan kehidupan ini dan bagaimana aku dengan hal-hal lainnya. 🙂

Ya, inilah aku……….

Aku adalah orang yang bersahabat dan senang mendapatkan teman baru. Oleh karenanya, reaksi pertama saat aku bertemu dengan orang yang kukenal cukup hangat. Cekatan, berbakat, dan kreatif merupakan beberapa hal yang selalu ingin kutunjukkan kepada orang lain bahwa itulah pesonaku. Dalam memutus hubungan dengan orang lain yang tak kusukai, aku lebih suka melakukannya dengan cara yang baik, tidak kasar atau agresif atau memutuskan begitu saja.

Aku tipikal orang yang suka langsung memecahkan masalah, jika masalah itu mulai muncul. Jika menghadapi persoalan yang tak diduga, masalah itu harus segera disingkarkan karena aku tidak ingin masalah-masalah atau persoalan itu menggangguku untuk waktu yang lama. Aku lebih suka segera menyelesaikan dan mencari solusinya.

Dalam masalah mengatur keuangan, aku merupakan tipe businessman. Artinya aku selalu tahu dan punya cara mendapatkan uang dari apapun yang aku inginkan. seseorang yang layak dan berbakat menjadi pemimpin. Kamu suka berada dalam suasana yang terkendali. Berbicara mengenai suatu hal yang ingin kusembunyikan dari orang lain adalah kemampuanku yang bisa mengendalikan pikiran. Aku jarang memberi tahu orang lain atas apa yang aku rasakan.

Aku adalah seseorang yang memiliki sisi gelap dalam persoalan cinta yang membuatku tertekan. Persoalan itulah yang menjadi salah satu penyebab tekanan dalam hidupku. Namun demikian, aku merupakan orang yang memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi. Dalam kehidupan cinta, aku bisa dikategorikan sebagai sosok orang yang tidak suka ada masalah dan sesuatu yang mempengaruhi hidup. Berbicara mengenai cinta, aku merupakan orang yang menginginkan cinta sempurna. Cinta yang digambarkan ideal dan romantis.

Sementara jika berkenaan dengan perihal persoalan keluarga, aku mendambakan suasana yang hangat dan semuanya ngobrol tentang apa saja. Dalam memandang hubungan dengan kekasih, aku tidak mau memiliki hubungan kekasih dengan siapapun. Aku cenderung menginginkan kekasih dalam hubungan pernikahan. Seandainya aku memiliki seorang atau lebih mantan kekasih, maka aku mudah untuk melupakannya dan siap berpaling kepada orang lain. Jika kelak aku telah berkeluarga, dan dikarunia anak, aku hanya menginginkan anak-anakku selalu merasa aman dan senang.

Penggambaran itu sebenarnya bukan aku sendiri yang membuat. Penggambaran dan deskripsi di atas sebenarnya merupakan pengejawantahan dari hasil jawaban-jawaban atas pertanyaan yang disajikan kawanku, Dian Ervita.

Ceritanya, semalam aku di-tag dalan note tulisan kawan SMA-ku di Facebook. Note yang ia beri judul “Kuis untuk mengetahui diri sendiri” tersebut isinya 15 pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Tidak jawaban yang benar atau salah. Modelnya mirip dengan model pertanyaan tes kepribadian ala EPPS (Edwards Personal Preference Schedule), MMPI (Minessota Multiphasic Personality Inventory); 16 PF; CAQ (Clinical Analysis Questionnaire), TAT (Thematic Apperception Test); Tes Grafis; Tes Wartegg; SSCT (Sack Sentence Completion), Cattell’s Questionaires, Papi Kostik dll. Hanya saja dibuat model sederhana. Sehingga kemungkinan, hasilnya hanya menggambarkan secara umum mengenai personalitas penjawabnya.

Aku iseng menjawab dan berusaha sejujur-jujur mungkin dalam menjawab setiap pertanyaan yang tersaji. Selanjutnya, aku lihat arti jawaban-jawaban yang kujawab untuk menggambarkan dan mengidentifikasi personalitasku. Membaca setiap makna jawaban yang kupilih sebelumnya, aku seolah berkaca di depan cermin. Meskipun menurutku tidak menggambarkan aku secara benar 100% sesuai dengan yang kurasakan, hasil jawaban itu cukup membuatku agar bermuhasabah (introspeksi) diri. Owh, ternyata aku begini ya? Ternyata begitu ya, dst. Harapannya, hal-hal yang kurang tepat mampu kuperbaiki agar bisa lebih baik.

Khusus kepada 14 sobatku, Asopusitemus, Cempaka, Puri The Pink, Hadidot, Rasarab, Indahkasihku, Sendang Jiwa, Gerhana Coklat, Usup Supriyadi, Indahnyahidupku, Isdiyanto, Ourkami, Derao, dan Jasmineamira; jika tidak keberatan kuharap bersedia menjawab kuis tersebut dan menyajikan hasilnya dalam tulisan seperti di atas. :D. Selanjutnya, bisa di-share-kan kepada kawan-kawan yang lain.

Klik di sini untuk memperoleh pertanyaan-pertanyaannya.

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

10 Tanggapan

  1. Wew….. mau dunk ikutan tuh kuiz. Di mana, mana mana? 😀

    • @Ida: yaudah ikutan aja

  2. Udah Mas, udah saya jawab…. 😀

    Tapi, ya itu tadi, saya sebenernya rada ga percaya ama yang ginian (tes kepribadian dari internet atau majalah). Saya lebih percaya dengan tes kepribadian atau psikotes dari sebuah instansi yang resmi. 🙂

    Hasil yang saya dapetin ada beberapa poin yang ternyata saya rasa tidak cocok dengan saya. 😐

    • @Asop: yah sekedar dijadiin muhasabah saja lah
      😀

  3. udah saya jawab dan baca2 jawabannya,tapi kurang mengena mas yg ini,dulu pernah ada juga kuis yg model psikologi begini tapi agak mengena dengan saya 🙂

    • @Didot: Namanya juga iseng2an bro

  4. duh, maaf baru bisa mampir nih. heu :mrgreen:

    • @Usup: hayah…
      lha emang knp lho klo br sekarang

  5. oh…. ini toh AF ^^

    • @Cempaka: 😐

Tinggalkan Balasan

