Masjid Agung Sunda Kelapa


Sumber Klik Saja Pada Foto

Sumber Klik Saja Pada Foto

Masjid Agung Sunda Kelapa

Setelah cukup lama bercita-cita (halah) ingin merasakan aura Sholat di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), akhirnya keinginan lama itu tercapai juga. Semalam (Sabtu, 4 September 2010), aku diajak mas Imam untuk sholat Isya’ sekaligus Tarawih di Masjid Sunda Kelapa. Syukur-syukur jika kuat, sekaligus dilanjutkan dengan I’tikaf hingga menjelang waktu sahur.

Kesan pertama memasuki pelataran masjid, aku cukup terkesan dengan halaman depan bangunan masjid yang bersih dan cukup asri. Sementara di depan gerbang, puluhan pedagang aneka makanan siap melayani kebutuhan para jamaah yang barangkali merasakan lapar atau dahaga. Di sudut gerbang masuk penjual buku-buku Islam memberikan media bagi para jamaah yang haus akan ilmu dan bacaan.

Tanpa pikir terlalu panjang, kami langsung menuju ke bangunan masjid. Agak canggung juga sih karena belum pernah sama sekali masuk di Masjid ini. Masih bingung dimana tempat penitipan sandal dan sepatu. Juga masih belum tahu dimana toilet dan tempat wudhu yang disediakan ta’mir masjid.

Masuk di ruang utama sholat yang dikhususkan untuk sholat jamaah pria, suasana masjid mulai terasa beda. Telapak kakiku merasakan karpet yang cukup tebal. Udara sejuk menyambut kehadiran kami. Masjid ini diberikan fasilitas AC untuk kenyamanan jamaah. Bentuk ruangan masjid agak unik karena ruangan utama masjid ini kotak tanpa adanya pilar-pilar penyangga sama sekali di tengah-tengahnya. Bentuk ruangan yang tanpa adanya pilar ini mengingatkanku dengan Masjid At Taqwa SMA Al Islam 1 Surakarta. Aku merasa seolah-olah seperti masuk di sebuah gedung pertemuan atau pesta pernikahan atau meeting room suatu hotel berbintang. Masjidnya cukup megah. Aku segera menuju ke shoff nomor tiga di belakang mihrob karena dua barisan di depanku sudah penuh.

Selain memberikan fasilitas AC, MASK juga memberikan sebuah warna lain. Yaitu kehadiran sebuah media elektronik. Di sisi dinding tembok kanan dan kiri mihrob pengurus MASK menyediakan masing-masing sebuah layar LCD Proyektor. Pada saat aku datang, layar menampilkan sebuah bacaan yang tengah dibaca oleh seorang petugas. Setelah selesai pembacaan doa dan beberapa ayat Al Quran, layar kemudian menampilkan para jamaah yang hadir. Saat dibacakan ceramah oleh sang penceramah, kamera mengarah ke arah wajah penceramah yang ditampillkan melalui layar proyektor. Kehadiran proyektor ini cukup mengesankan bagiku. Sudah lama aku mendambakan sebuah masjid yang di dalamnya terdapat LCD Proyektor yang berfungsi untuk lebih memudahkan jamaah menangkap isi ceramah. Hal itu perlu sebagai media dakwah dalam ceramah.

Begitulah gambaran singkat tentang suasana MASK yang sedikit kuketahui. Untuk informasi selengkapnya tentang masjid ini termasuk kegiatan-kegiatannya, silakan mengakses web http://masjidagungsundakelapa.or.id/

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

6 Tanggapan

  1. Sekali waktu, kepingin sholat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Insya Allah..

    • @Derao: amiin
      semoga kesampaian

  2. kayak nya lengkap fasilitas nya , jadi pengen kesana wan

    • @Rasarab: iyah wan
      wajib itu !!
      xixixixix

  3. maaf mas kemarin tidak sempat kesana,jadwal sama teman2 di al azhar,karena hari sabtu sekaligus mempersiapkan buat acara baksos hari minggu,alhamdulillah acaranya lancar 🙂

    • @Didor: ya ya
      g apa2..
      acaranya padat euy
      sukses khan mas ustadz??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: