Chat Bersama Pencipta “Facebook” Muslim Indonesia


Chat Bersama Pencipta “Facebook” Muslim Indonesia

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya di media, seorang putra kelahiran Riau berhasil menciptakan situs jejaring ala “Facebook” muslim Indonesia dengan mengusung nama CMnet (cybermoslem.net). Dolla Indra, demikian nama pemuda umur 25 tahun pencipta “Facebook” muslim ini mengutarakan, awal pembuatan CMnet hanya karena iseng akibat kejenuhan terhadap situs jejaring sosial facebook.
Sabtu lalu (14/08/10), aku berkesempatan mewawancarai sang
creator via YM, Dolla Indra. Berikut wawancara singkatku (AQ) dengan Dolla Indra (DI).

AQ : Assalamu’alaikum akhi Dolla Indra.

DI : Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

AQ : Apa kabar antum?

DI : Alhamdulillah, baik. antum sehat?

AQ : Alhamdulillah sehat dan luar biasa. Akhi, boleh tahu apa yang melatarbelakangi antum untuk membuat CMnet atau Facebook Muslim Indonesia ini?

DI : Awalnya memang full iseng. Pada hari ana membuat ini pun ana masih terus sibuk dengan utak atik source website, dan ketika ana ngeliat bahwa ana perlu pendapat orang lain utk menilai website ini, ana minta teman-teman untuk melihat-lihat dan mendaftar. Yaaa beberapa orang saja. Suprise, subhanallah, sambutan kawan-kawan sangat antusias. Mereka menyarankan agar ini diteruskan. Ya ana jawab, boleh lah, soal bagaimana nanti, biarlah Allah yg memutuskan. Dan setelah melalui proses waktu, jadilah (Cmnet_red) seperti sekarang.

AQ : Berapa lama antum merancang, menciptakan, hingga akhirnya bisa launching CMnet seperti sekarang?

DI : Hmm…karena sudah ada source, jadi ga terlalu lama lah. Sekitar 3 hari (sambil terkekeh senyum_red). Dan yang benar-benar launching sih belum. Boleh dibilang ini masih beta kan? Cuman, ana berharap semoga bisa final edition sesegera mungkin. Insya Allah.

AQ : Melihat hasil karya cipta antum, pasti antum lulusan IT atau sarjana komputer ya?

DI : Ha..Haa…. Ana tertarik komputer, bahkan sangat tertarik. Selesai SMU ana coba daftar kursus singkat web desain di kampus swasta di Pekanbaru. Tapi orangtua tidak mengizinkan. Dua kali ana ikut SPMB dengan mengambil jurusan komputer, sayangnya ana tidak juga diterima. Akhirnya terdamparlah ana di jurusan Kimia Universitas Andalas. Hmmm.., jadi boleh dibilang ana belajar IT secara otodidak.

AQ : Boleh tahu latar belakang pendidikan antum?

DI : Seperti yang tadi ana jelaskan. Ana kuliah di Kimia, namun hingga kini masih belum kelar kuliahnya. Mungkin keenakan nyari duit hingga lupa nyelesaikan kuliah. Selebihnya, anak hanya menikmati kehidupan rumah tangga dengan istri tercinta yang insya Allah sebentar lagi akan melahirkan. Mohon doanya saja. Ana berharap semoga dalam waktu dekat dapat kembali menyelesaikannya (kuliah_red). SD sampai SMA ana selesaikan di Kota Duri, Riau. Di Padang ana hanya kuliah saja. Sedang kampung orang tua di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

AQ : Setelah antum berhasil menciptakan situs jejaring sosial ini, apa keinginan antum selanjutnya?

DI : Ana pengen terus berbuat saja lah. Di dunia web development masih banyak peluang. Ana melihat industri .net (jaringan) sedang booming. Ini mirip seperti industri .com pada akhir tahun 90-an dan awal-awal tahun 2000-an. Jadi ana akan terus kembangkan aplikasi berbasis web. Ana juga merancang e-gov terpadu. Disana ada e-office (arsip online), SIMDA, kepegawaian, e-learning, e-tourisme, dan lain-lain lah.

AQ : Saat ini anda bekerja sebagai dan di perusahaan apa?

DI : Ana pendiri Cyber Moslem Group, ada CV. Karya Jaya Sejahtera, CV. Sari Riau, dan terakhir CV. Cyber Moslem.

AQ : Apa harapan anda terhadap pengembangan Cmnet serta motivasi kepada para generasi muda?

DI : Harapan ana, Cmnet mampu dan bisa menjadi sarana silaturahmi dunia maya. Selebihnya ana juga ingin menjadikannya sebagai situs jejaring sosial muslim canggih. Tentunya, untuk melakukan itu ana butuh sponsor, iklan, serta investor-investor sebagai pendukung misi tersebut. Untuk itu, kepada seluruh netter di Indonesia khususnya yang muslim, ana harap segera mendaftar di www.cybermoslem.net. Terakhir, pesan ana kepada generasi muda adalah Tetaplah belajar dan semangat! Man jadda wa jadda. Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan sukses.

AQ : Akhi, terima kasih atas waktu dan kesediaan wawancaranya. Syukron.

DI : Sama-sama. Afwan.

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: