#3 Kebudayaan Penduduk Pantai Utara Papua


Sistem Kekerabatan

Suatu rumah didiami oleh keluarga-batih. Ayah, ibu, menantu, cucu, atau saudara perempuan isteri dengan suaminya. Seorang kepala keluarga batih tercatat dalam buku gereja yang juga merupakan register desa dengan nama Kristen.

Kalau mereka hendak menikah ada syarat yang penting yaitu mengumpulkan mas kawin atau krae. Yang terdiri dari rangkaian kerang dengan hiasan kerang bundar disebut sebkos (bulan) sebuah kalung dari bitem, tali kulit kayu yang disebut weimoki. Adapun benda toko antara lain piring, perabot dapur bahan makanan kaleng. Selain benda-benda tersebut suatu krae jugaditambah dengan uang.

Hidup Berkomunikasi dan Pimpinan desa

Desa di Pnatai Utara Irian Jaya menunjukkan suatu kehidupan berkomuniti yang lesu dan sifat apatis yang menyedihkan. Penyakit kronis yang menghinggapi kehidupan komuniti di desa pantai di distrik pantai utara adalah penyakit tak ada kepemimpinan. Dan sebabnya adalah tak ada tenaga pemimpin, gejala migrasi, dan karena tak adanya upacara yang memelihar kesatuan dan rasa identitas diri komuniti sejak 1920.

Kemudian pemerintah Belanda mengangkat ondowafi sebagai pejabat resmi dan korano. Ondowfi ialah orng yang ahli dalam adat istiadat. Korano ialah orang yang tugasnya membantu pemerintahan yang melek huruf dan mempunyai hubungan dengan orang luar. Menurut analisa ahli antropologi bernama M. Mead masyarakat Irian adalah suku bangsa Arapesh yang mempunyai sifat berjiwa individualis.

Karena pada dasarnya aktivitas-aktivitas mereka tidak membutuhkan gotong royong, hampir dalam segala hal dilakukan dalam batas kekeluargaan tertentu. Pada umumnya adat gift exchange itu merupakan rasa bersaing dan wajib balas bukan rasa menolong atau rela memberi.

Religi

Walau secara resmi penduduk Pantai Utara beragama Kristen, namun dunia gaib dan akhirat masih banyak dari religi yang asli. Dalam kehidupan masyarakat penduduk desa-desa pantai utara tidak ada upacara keagamaan besar-besaran yang makan banyak biaya, tenaga, dan yang mengembangjan secara luas hubungan antara kelompok satu-satunya upacara keagamaan adalah upacara ibadah yang dilakukan penduduk dalam gereja, tiap hari Minggu dan tiap hari besar Nasrani. Dalam hal menengobservasi pengunjung gereja yang tiap-tiap hari Minggu sering berganti orangnya. Orang mendengarkan khotbah, ikut menyanyi, ikut doa, tetapi semuanya dilakukan seolah-olah seperti pekerjaan rutin dengan perasaan yang kosong.

Masalah Pembangunan dan Modernisasi

Pembangunan dan modernisasi di daerah Pantai Utara Irian Jaya dapat dimulai dari usaha memperbaiki sektor produksi kopra rakyat. Untuk hal itu rupanya ada beberapa rintangan mental:

1. sifat individualisme sangat besar

2. sifat tak berdisiplin daripada warga masyarakat yang amat menyolok

3. kebiasaan menentang pergantian dan pergolakan zaman

4. taraf pendidikan yang terlampau amat rendah

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”


Iklan

2 Tanggapan

  1. Wah itu dia,
    menolah perubahan dan pergantian jaman yang harus dikurangi kayaknya…
    biar makin maju

    • @AHsanfile: setuju !

      *halah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: