Sebab-sebab Musibah & Siksa Dunia Menimpa Manusia di Bumi


Mari sejenak kita bermuhasabah dengan membaca kitab paling suci di dunia, Al Quran. Meskipun pada dasarnya, muhasabah atau membaca Al Quran tidak harus dilakukan pada hari tertentu saja. Tema yang kuangkat adalah berkenaan dengan siksa dunia. Mungkin kita berfikir bahwa siksa hanya terjadi di akhirat, bahkan mungkin sebagian kita malah tidak mempercayai adanya siksa karena beranggapan bahwa tidak ada kehidupan setelah mati atau justru berpendapat bahwa semua umat manusia bakal masuk surga tanpa terkecuali mengingat Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Bagi yang berfikir demikian, silakan-silakan saja! Bukan hak-ku untuk melarangnya. 🙂

Aku hanya ingin sedikit menyampaikan beberapa pelajaran yang kuperoleh dari sejenak membaca Al Quran. Singkatnya, di dalam al Quran, aku memperoleh informasi bahwa siksa dunia itu terjadi dikarenakan beberapa hal sebagai berikut, antara lain:

1. Karena disebabkan oleh perbuatan orang itu sendiri.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ(41)

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Ruum (30): 41)

2. Karena disebabkan oleh dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia. Alasan ini, ditujukan agar supaya manusia itu bisa kembali ke jalan yang benar.

وَقَالَ إِنَّمَا اتَّخَذْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا مَوَدَّةَ بَيْنِكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُمْ بِبَعْضٍ وَيَلْعَنُ بَعْضُكُمْ بَعْضًا وَمَأْوَاكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُمْ مِنْ نَاصِرِينَ(25)

Dan berkata Ibrahim: “Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian (yang lain) dan sebahagian kamu mela`nati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali-kali tak ada bagimu para penolongpun. (al Ankabut: 25)

3. Karena manusia mulai berfoya-foya (baca: hedonis).

وَإِذَا أَرَدْنَا أَنْ نُهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا(16)

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menta`ati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (al Isro’ (17): 16)

Alasan ini, ditujukan agar supaya manusia itu bersikap taat kepada Allah SWT secara lahir batin.

4. Karena dakwah tidak dijalankan maka terjadi musibah yang tidak mengenal siapa yang baik dan yang salah.

وَمَا أَرْسَلْنَا فِي قَرْيَةٍ مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا أَخَذْنَا أَهْلَهَا بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَضَّرَّعُونَ(94)

Kami tidaklah mengutus seseorang nabipun kepada sesuatu negeri, (lalu penduduknya mendustakan nabi itu), melainkan Kami timpakan kepada penduduknya kesempitan dan penderitaan supaya mereka tunduk dengan merendahkan diri. (al A’raf: 94).

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ(25)

Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (al Anfal (8): 25).

5. Karena para wali-wali Allah mulai dimusuhi dan diberikan sebutan-sebutan yang buruk sebagaimana para Nabi dahulu.

Bila Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan mengujinya. Siapa ridho pada ujian-Nya maka Allah akan meridhoinya.”

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: