QWERTY


Qwert Sholes Tahun 1868

Barangkali, awal mula istilah Qwerty begitu populer di Indonesia setelah kemunculan BlackBerry yang juga cukup mengemparkan (*halah). Padahal istilah Qwerty sebetulnya sudah lahir sejak seabad lampau. Sebagaimana diketahui, bahwa Qwerty adalah sebuah sebutan susunan keyboard pada mesin ketik yang dirancang dan diciptakan oleh C.L. Sholes. Sekitar tahun 1860an, Sholes meluncurkan sebuah mesin ketik untuk pertama kalinya dengan model prototipe yang keyboard-nya dikenal dengan Qwerty.

Qwerty bukanlah versi satu-satunya yang diciptakan untuk susunan keyboard mesin ketik. Pada tahun 1932, seorang Profesor dari Washington State University bernama August Dvorak menciptakan juga rancangan pesaing Qwerty. Dengan bantuan dana dari sejumlah sponsor terutama dari Remington Foundation, ia berhasil merancang sebuah susunan keyboard yang disebut AOEUIDHTNS.

Dengan penemuan Dvorak, diklaim oleh para penggunanya bahwa mesin Dvorak lebih efektif dalam mengetik dibanding hasil temuan Sholes dengan qwerty-nya. Mesin Dvorak diklaim lebih cepat dalam menuliskan suatu kata-kata bahasa Inggris 4 kali lebihcepat dibanding mesin Qwerty.


Sayangnya, klaim Dvorak tidak berhasil mengajak orang-orang untuk beralih dari Qwerty. Boleh dikata Dvorak gagal. Dan sampai hari ini, Qwerty masih tetap berkibar dan bahkan istilah Qwerty berpotensi untuk menjadi kosakata baru di dalam kamus seperti halnya googling yang menjadi kosakata baru sinonim dengan search. [CMIIW]

Apakah Qwerty dan Dvorak satu-satunya jenis Keyboard-Layout di dunia ini?? Tentu tidak, masihbanyak versi-versi yang lain. silakan klik di sini, sini, atau sini.

sumber: klik saja di sini

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

3 Tanggapan

  1. ada lagi kok selain versi qwerty
    ada versi lain lupa tapinyaaa

  2. Hehe, Dvorak nama komposer lagu klasik… 😀

  3. Dvorak keren tuh padahal 😀
    tapi kita sejak kecil sudah dikenalkan dengan Qwerty itu sendiri, jadi lebih terbiasa pake Qwerty ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: