Fiksi Mini: Kupinang Engkau Dengan Al Quran


Fiksi mini (atau fiksimini) ini disamping dibuat dalam rangka turut meramaikan kontes fiksi mini yg diadakan wi3nda; juga untuk sekedar menyuarakan sebuah pesan dan opini. Aku tidak ahli di bidang dunia ini. Namun aku berusaha belajar dan mencoba menuliskannya. Jika tulisan di bawah bukanlah termasuk bagian dari fiksimini, mohon pencerahannya. Namanya juga pembelajar. 😀

Dalam ajang kontes fiksimini ini, bagiku menang atau kalah bukan persoalan utama dan penting untuk diperdebatkan. Bagiku, yang lebih penting turut serta meramaikan acara blogger lain.

Selebihnya, aku hanya ingin berkarya. Menulis ide dalam goresan pena. Kusajikan dalam sebuah blog media. Semoga memberi kemanfaatan bagi para pembaca.

Sumber Gambar: Klik Saja

Tema Keluarga

Nikah
Sutrisno: “Kupinang engkau dengan Al Quran.” | Titin: “Aku menerima dengan segenap iman.”

Keluarga Sakinah Mawadah Wa Rahmah
Sutrisno melamar Titin dengan mas kawin hafalan Al Quran. Keduanya kini bahagia dikaruniai 5 malaikat kecil.

Keluarga Samara
Sutrisno seorang lelaki saleh. Titin seorang wanita salehah. Keduanya pasangan serasi.

Tulang Rusuk Yang Patah
Sutrisno menceraikan Titin. Sewindu berlalu, ia ingat Titin. Sayang, Titin meninggal. Kini, dada Sutrisno sakit. Tulang rusuknya patah.

Tema Indonesiana

Diterima Kerja
Dua sahabatku diterima kerja di sebuah perusahaan di Batam. Esok hari mereka berangkat dan memulai kerja. Alhamdulillah.

Hakim
Sutrisno melarang anaknya menjadi hakim. Ia tak mau satu kaki anaknya berada di neraka.

Derita Anak Jalanan
Seorang anak jalanan terbujur kaku di ujung gudang kosong. Ia disodomi puluhan pria. Aku tertawa. Salah siapa?

Orang Pintar di Indonesia
Ibuku menasehatiku agar menjadi orang yang bodoh. “Orang pintar hanya jadi cacian dan makian di negeri ini,” keluhnya.

Terorisme
Sebuah bom meledak di Jakarta. Hanya karena jenggot dan celana ngatung, aku menjadi tersangka.

Tema Al Quran

Kebenaran Al Quran
Otak berkata tidak, sementara hatiku berkata iya. Aku bingung. Aku mengikuti kebenaran Al Quran.

Al Quran “Hiasan”
Di sudut kamarku terdengar lirih tangisan suara. Kudekati, sebuah kitab suci kotor lusuh tak tersentuh.

Tema Perjuangan

Palestina
Jalur Gaza dibombardir pasukan Israel. Ribuan orang meregang nyawa, sementara di sini aku tertawa.

Syahid
Tubuhnya hancur dihantam meriam serdadu Isarel. Ia pulang dengan terbang sambil tersenyum berteriak menang.

Syahid
Pagi ini, Sutrisno pamit menjemput bidadari. Beberapa jam kemudian, ia pulang membawa peluru tersarang di badan.

Syahid
Peluru tajam menembus jantungnya hingga ia roboh. Namun ia bangkit lagi dan tetap hidup mengeluarkan aroma wangi.

Syahid
1 tahun silam, Sutrisno meninggalkan Titin menuju medan palagan. Semalam ia pulang membawa 72 bidadari.

Tema Humor:

Sakit
“Dok, sekujur tubuh saya sakit semua setiap kusentuh,” | “Jadi, sebenarnya yang sakit jarimu.”

Pencuri di Masjid
Seorang pencuri mengambil kotak amal di masjid. Ketika dibuka, ada sepucuk kertas bertulis “anda belum beruntung”.

Pulsa Termurah
Dua orang berdebat hebat tentang operator pulsa termurah. Aku bilang Fren paling murah. “Fren, pinjam HP-nya dong.”

Pulsa Unlimited
Seumur-umur Sutrisno tak pernah kehabisan pulsa. Setelah diselidiki, ternyata ia tak punya HP.

Kelelegen Kolang Kaling – K 19 (bahasa Jawa)
Kulo Kulo Kelas Kalih, Kulo Kaliyan Konco Kulo Kelelegen Kolang Kaling Kalih Kilo, Kulo Kalian Konco Kulo Klenger Kabeh.

(terjemahan: Saat Saya Kelas Dua, Saya dan Teman-Teman saya kemasukan buah kolang-kaling sebanyak dua kilo, saya dan teman-teman saya semuanya pingsan. 😀 )

Maling & Kucing
Seorang maling mengendap-endap memasuki dapur. “Gubrak,” panci jatuh. “Siapa itu?” kata tuan rumah. “Kucing..” kata sang pencuri.

Kera Cerdas
Seekor kera terlihat sedang khusyuk membaca. Ternyata, ia sedang di depan monitor komputer.

Monyet Pintar Membaca
Seekor monyet terlihat tersenyum dari kejauhan. Setelah didekati, ia tengah membaca tulisan ini.

—–

Bonus, aku berikan sebuah fiksimini tulisan Salman Aristo : Kirno bikin 2 surat. Buat kekasih & istrinya. Satu kangen, satunya putus hubungan. Surat tertukar amplop saat dikirimkan.  😀

—–

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

38 Tanggapan

  1. wah, fikminnya diborong nih :mrgreen:
    fikminnya ok-ok tuh, mantafff 🙂

    • @yanrmh: amiiiin
      makasih.
      kritiknya juga dong..

      I need kritik nih…

  2. Waduh habis deh fikminnya. gak kebagian saya. ehehhehe
    selamat mengikuti acara deh..

    • @Setitikharapan: ingat mas, masih ada setitikharapan
      dan harapan itu selalu ada

      wakakakakaka

  3. Sutrisno lg.. Titin lg..
    Ahmed nya mana nih?

    ckckck fikminnya yg pertama, hmm i like it..

    • @Egha: kapan2 sy pakai nama Egha saja deh

  4. Mantap. fikminnya bejibuuun. hehehe…

    semoga menang.

    • @Deni: menang nomor dua mas…
      yg penting berkarya dulu…

      tp, terimakasih atas doanya…

      bejibun? hahahahaaha
      mumpung seamnagt dan pas dpt inspirasi
      :mregreen:

  5. liat yang udah di sod**mi ko malah tertawa Om??

    • @Den: hehehehe
      itu hny otokritik pd diri kita saja
      betapa kita sering tertawa di atas penderitaan org lain
      paling banter hny bs merasa kasihan / iba semata

  6. wow.. ………..jadi pengen dipinag dengan Al-Quran 🙂

    hehe
    gud luxk ya mas :0

    fikminx oke punya 🙂

    • dipinang ding >_<

      • ehem ehem ooo jadi ini sutrisno nya cempaka ^_^

      • ehem.ehem.. udah ketahuan mas trisnonya.. ternyata mas trisnonya tetangga toh.. :mrgreen:

        aku dukung deh.. 😉

      • hhehe bukan kog kak 🙂

        ntar jg tau sendiri 🙂

      • @Cempaka: mauu dipinang siapa?
        mau dipinang atau di pohon pinang?

      • Cie… cie… ternyata.

      • @Puri: apa lho Puri…
        sssttt.
        masih kecil tutup kuping !!

        hehehehe

  7. om.. iki fiksi mini apa cerita novel? kok panjang amat om.. :mrgreen:

    semoga menang deh.. aku dukung lg yg ini.. 🙂
    btw ntar malem nonton inter cuy.. laga final tuh.. begadang om biar gak ketinggalan pertandingan sejarah..
    😀

    • @Sapta: YES !! WE’RE CHAMPION Of The CHAMPION LEAGUE !!!
      PAZZA INTER AMALA .. FORZA INTER !!
      –Unbeatable Internazionale Milan-

  8. Gilaaaa banyaaaak amirrr!! 😀 😀 😀
    Salut dah… 🙂

    • @Asop: jiah.
      banyak tp spt buih cuy…

      itu utk nutupin dr ga bs bikin saja..

  9. fiksi mini versi borongan ya?? sutrisno again…sutrisno again… 🙄

    • @Sunflo: ada apa dengan sutrisno sih?
      perasaan nama yg biasa aja khan?

  10. bujubuset…. sekalinya bikin banyak bener…. 😛

    • @Didot: bujubuset itu istrinya pakjubuset???
      ah, sedikit mas…
      lagian,,
      itu banyak krn nutupin diri biar ga bisanya ga keliatan
      🙂

  11. waw,,nice post!
    😀
    btw,,sutrisno pemeran utamanya ya..he

    • @Green: Zahra: iya, sutrisno, nama yg kusuka saja..

  12. Wah banyak banget fiksi mininya..
    sangat kreatif sesuai dengan nama blog… 🙂

    sukses mas kontesnya 🙂

    • @Delia: amiiin, terimakasih doanya

  13. kyaaaaa..banyaak amat sob 😀

    hanya boleh satu saja,maka kami mengambil yang
    ” nikah ”

    trimakasi atas partisipasinya,fiksi mini ‘Nikah’ kami catat sebagai peserta

    • @Wienda: ada aturan harus satu to??
      ya maaf.

      monggolah, mau diambil yg mana up to you miss

      sama2

  14. Puas…..
    bagus-bagus.
    Semoga sukses.

    • @@Wardoyo:
      sukses apa kang?
      heheheeh

      makasih makasih

  15. Hebat. . .Q g bsa bkin fikmin. .

    • @BerdebuL: msh belajar om…
      klo belum bisa ya mri kita belajar bersama-sama

  16. Hmm… keren tuh fikmin yang pertamanya…
    minta ijin buat ngutip yah kk? ^_^

    • @Puri: iya, boleh2 saja…
      kayak sama siapa aja lho kmu dd…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: