Sekilas Mengenal Irving Karchmar (Penulis Novel Master of The Jinn)


Irving Karcmar (sumber: OhMyNews.com)

Irving Karcmar (Penulis Novel Master of The Jinn)

Beberapa jam sebelum aku posting artikel ini, aku membaca blog Puri The Pink yang memposting sebuah artikel / tulisan Manusia Akan Celaka Jika Hanya Diadili Hanya Dengan Keadilan Belaka (terlalu banyak HANYA kalao kataku, hehehehe). Di dalam postingan itu ditampilkan sebuah potongan kisah dari sebuah novel favorit Puri, yang berjudul “Sang Raja Jin : Novel tentang Cinta, Doa, dan Impian”. Novel bagus itu ditulis oleh seorang penulis bernama Irving Karchmar. Bermodal informasi dari Cempaka yang komentar pada postingan itu, maka aku pun mencoba mencari tahu tentang sang penulis lebih lanjut.

Setalah search sana dan sini, akhirnya kuperolehlah informasi pendek tentang Irving Karchmar. Irving Karchmar ternyata adalah seorang anak keturunan Bani Israel (Baca: Yahudi) yang orangtuanya merupakan korban Holocaust (meskipun kebenaran Holocaust dalam sejarah masih perlu diperdebatkan_pen). Mantan pemeluk agama Yahudi ini, kemudian masuk Islam dan menjadi seorang sufi / darwis. Ia berbaiat masuk dalam aliran Tarekat Sufi Nimatullahi sejak tahun 1992 hingga sekarang.

Tarekat Sufi Nimatullahi adalah sebuah aliran tarekat yang didirikan oleh Shah Nimatullah Wali, seorang Syekh dari Iran. Tarekat ini mengklaim sebagai tarekat yang berusaha untuk mencontoh model kehidupan seperti masa-masa awal Islam dahulu. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang Tarekat Sufi Nimatullahi, silakan klik di sini. (Sayangnya aku bukan penganut tarekat, bahkan cenderung tidak setuju dengan model tarekat, 😦 )

Selama bertahun-tahun, ia menjadi seorang penulis, editor, dan penulis puisi. Gelar MA-nya berhasil ia gondol dari DePaul University di Chicago. Ia pernah berkarier dalam berbagai majalah, antara lain Hustler (majalah porno) dan majalah tentang Hak Asasi Manusia (HAM) American Bar Association (ABA). Selang antara 1977 dan 1985, ia menerbitkan majalah Fantastic Films. Sempat pada tahun 1986, Irving memenangkan penghargaan Trade Magazine Press Editors Award saat ia masih bekerja di ABA. Buku pertama yang ia terbitkan pertama kalinya berjudul It Was Mostly You yang berisi kumpulan puisi-puisi dan sajak-sajaknya.

Nah, buku/novel yang paling populer karya Irving yang kerap disejajarkan dengan Da Vinci Code karena banyaknya teka-teki di dalamnya, adalah buku yang berjudul Master of the Jinn: A Sufi Novel sebagaimana yang dirangkum oleh Puri. Kalau tertarik membacanya silakan klik website ini. Konon, di dalam novelnya tersebut, Irving tidak saja mengisahkan pengalaman dirinya. Ia menghadirkan keenam rekannya secara utuh dalam bukunya Master of the Jinn: A Sufi Novel. Novel ini telah diterjemahkan dan diedit dengan baik dalam bahasa Indonesia dengan judul Sang Raja Jin, sebagaimana telah diresensi oleh Puri.

Jika kawan-kawan ada yang ingin lebih mengenal Irving Karchmar, ia juga memiliki sebuah blog yang cukup aktif di http://darvish.wordpress.com/. Namun, jika ingin lebih dekat dengan suami Patricia Sweeney ini, maka kamu bisa add Facebook-nya di link ini (klik di sini).

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

23 Tanggapan

  1. Pak Ahmed, sampaikan maafku pada Pak Sutrisno yang dengan semena-mena (tak sopan) kuanggap kisah cintanya hanya rekaan. Itu murni sebab ketidaktahuan dan kebodohanku. Mohon maaf sebesarnya (jadi ngerasa bersalah, Pak. Huks)

    Aku belum pernah baca novel-novel Irving. Pasti menarik! Nanti kalau pulang mau nyari yang diresensi Puri dulu :). Pak Ahmed ada rekomendasi judul novel Irving yang bagus ndak, atau novel Irving yang sudah dialih ke bahasa Indonesia?
    Sebentar, aku mau menelusuri link yang Pak Ahmed sertakan.

    Salam 🙂

    • @Rafael: ini sutrisno yg mana to?
      klo yg tulang rusuk itu rekaan
      tp klo yg surat rekaan juga
      hnya saja mirip..

      tp klo sutrisno yg kumaksud di surat cinta itu ada bener..
      soale sy pakai nama sebutan seringnya Sutrisno..

      🙂

      sy dpt nama penulis ini dr Puri pak..
      jd tanya Puri saja..
      😀

      selamat berselancar pak…

  2. Semoga tulisan – tulisan irving karchmar dalam sebuah novel jadi pencerahan yang baik dan bermanfaat untuk khalayak umun. Semoga

    • @Rumahsehat: insya Allah. amiiiiiiiiiin

  3. wah..ga ngerti…:(

    • @Deny Marisa: sama
      aku juga br th penulise itu beberapa jam sebelum posting ini

      hehehehhe

  4. Pernah dengar Irving Karcmar.. tapi belum pernah baca novel hasil karyanya..

    • @Duniaku: sy malah br denger bbrp saat sblum nulis ini mas

      lalu sy cari info dan sy tulis ttg dia

  5. wahh ada apa antara rafael dan mas ahmed ?
    mudah2an info diatas bisa sebagai penyejuk..

    lia belum pernah baca buku ini..
    ntar kalo pulang rencana mau beli juga.. makasih info dan linknya 🙂

    • @Delia: ga ada apa2 kok Delia………….. 😀

      sy juga belum pernah kok 🙂

      yup selamat membeli

  6. wah sepertinya menarik tulisannya mas irving itu ya

    • @Gerhana: kayaknya ish gitu
      aku juga belum baca kok…
      😀

  7. pengen deh nge add fbx…. 😀

    • @Cempaka: di add saja lah

      gitu aja kok repot

      :mrgreen:

  8. hmm..lum pernah baca..

    • @Fitrimelinda: sama 😀

  9. ow ini ta wan yang nulis nopel nya

    • @ARAB: iyo je..
      ora koyo kowe yo??

      😀

  10. Ehehehe… iya, ternyata kebanyakan… >_<

    sudah saya perbaiki koq…

  11. @Puri: wak, jd merasa ga enak aku nih

    😀

  12. doohh… sekarang aq lagi ga hobbi baca neh… hobbinya ngeblog.. 😛

  13. buku karya irving tersebut apakh berdasarkan kisah nyata ?

    • Yup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: