[Inspiratif] Hari Ini Aku Belajar Dari Seekor Siput [A Must Read]


Siput

Siput

Hari Ini Aku Belajar Dari Seekor Siput

Jangan pernah meremehkan siapa dan apapun di segala bidang! Demikian sebuah pesan yang benar-benar kutanamkan dan kupertahankan dalam dadaku. Kalimat itu menurutku perlu kutanamkan kuat-kuat karena kecenderungan seseorang yang mudah meremehkan orang yang dianggapnya lebih rendah dalam hal tertentu.

Sebuah ungkapan yang selalu kuingat untuk meredam dan mengikis sikap meremehkan orang lain dari dadaku adalah dengan melihat peran sebuah rantai, mur, baut, roda, atau sekedar karet pentil pada sebuah sepeda atau motor. Meskipun peran organ-organ kecil itu seolah remeh, namun tanpa mereka sebuah sepeda atau motor tidak bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Nah, hari ini aku diberikan banyak pelajaran dari seekor siput kecil yang menjijikkan bagi sebagian orang. Silakan anda memerhatikan foto-foto atau gambar-gambar di bawah ini. Foto ini pertama kali kulihat di sebuah forum (KASKUS-klik di sini) yang di-post oleh seorang “Kaskus Addict” ber-ID VodkaHijau, seorang bonek Surabaya yang menjadi member fanatik Kaskus. Entah darimana VodkaHijau memperoleh foto itu aku tidak menanyakannya. Namun dugaanku sih yang lebih awal meng-upload foto ini adalah seseorang ber-ID creacker_october, di situs Photobucket. So, jika ada yang mengklaim foto di bawah ini adalah karya anda, maka aku mohon maaf sekaligus minta izin untuk menampilkannya di blog ini.


Setelah aku melihat foto-foto di atas, maka aku mengambil banyak pelajaran, antara lain:

  • Seekor siput mengajariku untuk tidak meremehkan orang lain, terlebih lagi orang yang rendah dalam pengertian apapun sesuai konteksnya;
  • Seekor siput itu mengajariku untuk pantang menyerah dan kalau perlu menghapuskan kosakata “menyerah” dari dalam diriku;
  • seekor siput itu juga mengajariku untuk selalu berfikir positif dan optimis terhadap segala sesuatu yang kita memiliki dan berusaha memaksimalkan kemampuan kita untuk meraih segala potensi yang kita miliki, apapun itu;
  • Seekor siput itu juga mengajariku bahwa hidup tidak selamanya lancar seperti yang kita prediksi dan reka-reka. Pada suatu saat kita akan menghadapi hambatan-hambatan yang harus kita lalui bagaimanapun caranya, bahkan jika hidupku selalu dipenuhi hambatan setiap waktunya sekalipun;
  • Seekor siput itu juga mengajariku untuk memahami sebuah proses. Tak ada sesuatu yang baik untuk dituju dan dicapai di dunia ini tanpa melalui sebuah proses. Perjalanan yang instan juga akan berakahir pada instannya momentum itu. Bahkan menjadi seorang koruptor kelas kakap pun ternyata juga membutuhkan proses terlebih dahulu. Na’udzubillah;
  • Seekor siput itu juga mengajariku bahwa untuk mencapai sesuatu yang kita ingin capai dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah;
  • Seekor siput itupun juga mengajariku bahwa siapapun kita, dan apa latarbelakang kita, dengan tekad dan semangat serta kemauan yang kuat maka kita bisa meraih mimpi-mipi yang besar meskipun kita seorang yang “kecil” dalam makna yang berhubungan;

Itulah beberapa kesanku saat melihat perjuangan siput kecil dalam foto di atas. Mungkin anda memiliki pandangan dan hal yang lebih inspiratif dari saya. Bagaimana kesan anda?

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ahmed Fikreatif

.:: Jika Saudara / i menyukai tulisan ini, maka sekarang Anda dapat memberikan apresiasi dengan ikut memberikan donasi / kontribusi finansial ala Blogger. Jika Saudara / i membenci sebagian atau keseluruhan tulisan ini pun saya tetap mempersilakan untuk ikut memberikan donasi. Namun, jika saudara / i tidak bersedia memberikan donasi, itu pun tidak mengapa… Caranya, silakan baca link berikut ini ( klik di sini..! ) ::.

“Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati Meninggalkan Nama, Blogger Mati Meninggalkan Postingan”

Iklan

41 Tanggapan

  1. Terimakasih sudah menegurku di blog rindu, saya memang miskin ilmu sehingga salah dalam berkomentar. Dan semoga anda benar.

    • @Nur: ah, semua org juga miskin ilmu kale……
      yg pinter mah YANG MAHA LUAS

      aq khan cuman tdk sependapat dg pendpat kamu,,,
      jika kmu menganggapnya kuat ya silakan..

      namanya juga diskusi,
      mungkin jika kamu punya argumentasi, itu akan membuatku lebih terbuka

      😀

  2. bravo
    siput yg hebat

    • @Julie: aku MIO saja ya atau SHOGUN..

      yup,
      memang siput yg itu siput yg hebat
      punya tekad kuat

  3. Pelan tapi pasti … itu yang saya lihat dari siput 🙂 makasih sudah menambah ilmu baru.

    • @Rindu:
      hmm,,, sama-sama
      alhamdulillah jika memang demikian adanya
      aku hanya menampilkan saja kok,

  4. hebat ya, mengambil sisi positif manusiawi dr seekor siput. mdh2n m’jd bhn renungan kt b’sama untk dpt memperbaiki sisi negatif kebinatangan kt

    • @Moblogger: yah, siput dlm gambar itu kali ini mengajari manusia dg nilai yg positif

  5. Jangan remehkan manusia kalau tak ingin diremehkan siput.

    • terima kasih atas opininya

  6. Bahkan siput pun bisa dijadikan contoh 😀

    HIDUP!!! ^_^

    • iya, kbetulan br bertemu dg si siput itu…

      *kok komen2nya pakai kata “HIDUP!!^_^”
      maksudnya apaan ya?

  7. Eeeh? Lucu siputnya, mantab pelajarannya… ^_^
    Semoga gurita juga bisa seperti itu…

    • @Puri: emange Srimulat ? kok lucu segala lho
      GURITA??? hmmmm buktikan lah Pur…
      km potret2 gurita2 yg bisa kasih pelajaran buat kita
      :p

  8. thanks mas sudah share hikmah walaupun datang dari sebuah siput…

    • @Ihsan: sama2. kok pakai kata walaupun pak?
      seolah menandakan sedikit kesan “peremehan” gitu…
      😀

      alhamdulillah saja lah klo ternyata mlh bs mjd hikmah…

  9. foto-fotone apik…
    pelajarane yo gak kalah apik…
    =d>
    thx…
    Smangat berjuang,,jgn kalah ma siput, Fit!! 🙂

    • @Fitroh: Fotonya kembali kpd yg ngambil gambar.
      pelajaran bs dipetik setiap orang.
      selamat berjuang juga.
      kmu nie ngomong sama sapa sih?

  10. sangat menginspirasi gan…

    besok ane mau main ke rumah spongebob ah, mau main sama gery :hammer:

    • @Neody: Aq ga paham spongebob, cuman skedar tahu saja
      Gery itu sapa lagi juga ga ngeh gq,
      ga gaul nih..

      *ampun DJ

  11. ‘subhanallah….’ itu kata yang pertama kali terucap saat melihat gambar itu..khususnya sepasang gambar ke-2 dan 3 terakhir….

    * Dia telah menciptakan semua makhluk dengan sangat sempurna….

    • @Ceuceu: iya mbak…..

  12. inspiratif bgt! 🙂
    izin copas picturenya ya.. tengkyu..

    • @Ningnung: Silakan saja….

  13. Kita bisa banyak belajar dari hewan dalam bertahan hidup, dan sudah banyak yang menuliskannya tapi pembelajaran dari siput ini baru pertama sekali aku baca.
    Terima kasih.

    • @Ann: Betul sekali mas Ann…. ini hny sekedar contoh saja. dan bukan pd hewannya sih, tp kerja kerasnya itu yg menarik

  14. Semoga hal ini bisa dipetik hikmahnya untuk kita renungkan….

    • @Uded: Harus mas… harus bisa merenunginya…

  15. Lagi-lagi hikmah dari seekor hewan sederhana..

    • @Gie: Hewan yg selama ini kita anggap kecil…

  16. kita justru lebih mudah belajar dari makhluk Allah yang lebih kecil…tetapi memiliki semangat yang besar 😀

    semanat! do the best… 😉

    • @Yanrmhd: KEcil gede khasiatnya….

  17. Robana ma khalaqta hadza batila, Allah menciptakan semua ini dengan kebenaran, jadi tak ada yang sia-sia, terutama bagi orang yang ulil albab, mau berpikir.

    • @AKhidul: Insya Allah….

  18. luar biasa, malu saya…

    • @Makhluklemah: Jangan malu, tp kita buktikan bhw kita juga tidak kalah dg si siput kecil itu

  19. saya juga pernah lihat siput nyebrang dari 1 daun pisang ke daun pisang lainnya… padahal itu daun kan bergoyang2 gitu… perumpamaan si siput di dalam post memang saya setuju… jangan pernah meremehkan orang walaupu orang itu penampilannya tidak meyakinkan…

    • #3sna: Wah, kalau misal itu di video atau difoto.. pasti bagus tuh mbak…

      iya mbak..

  20. Subhanallah – indah dan menggetarkan.

    • Hari: walhamdulillah wallahu akbar…..

  21. nice..
    mungkin kalo siput bisa ngomong dia bakal bilang punya slogan “alon-alon asal klakon” (java style)
    atau dalam bahasa sehari-hari ; pelan-pelan aja, yang penting tetap maju dan hadapi dengan tenang.
    sempatkan juga mengunjungi website kami di http://www.the-netwerk.com
    sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: